Pemberdayaan Masyarakat Bersama Garda Nusantara Meningkatan UMKM di Wilayah Jawa Barat

Penulis

  • Marista Oktaviani Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/hm.v2i3.10181

Abstrak

Pemberdayaan masyarakat bersama Garda Nusantara meningkatkan UMKM di wilayah Jawa Barat. Pengabdian masyarakat ini dilakukan oleh mahasiswa KKN UMSurabaya berlokasi di Indramayu Jawa barat. Permasalahan di daerah ini banyak ibu-ibu yang tidak memiliki pekerjaan, dan perekonomian menengah kebawah sehingga tim Garda Nusantara memberikan sentuhan dan inovasi kepada UMKM di wilayah ini dengan tujuan meningkatkan penjualan dan memberikan motivasi ibu-ibu untuk terus menciptakan produk yang siap jual. Program tim adalah sosialisasi terkait UMKM, Membuat produk siap jual dengan produk yang di hasilkan adalah healty drink, Penerapkan strategi pemasaran yang pertama memberikan diskon ke konsumen, memberikan inovasi pada produk kripik pisang dapur bunda dengan cara mengganti pengemasan dan memberikan logo, dan membuatkan akun e-commerce untuk melakukan pemasaran secara online.

Referensi

Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 2(2), 59. https://doi.org/10.32493/jls.v2i2.p59-70

Darwanto. (2013). Peningkatan Daya Saing UMKM Berbasis Inovasi dan Kreativitas. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 20(2), 142–149.

Farell, G., Thamrin, T., & Novid, I. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Pengembangan Pemasaran Dan Kewirausahaan UKM Pada Kota Sawahlunto. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 19(1), 42. https://doi.org/10.24036/sb.0310

Meri, Khusnul, Suhartati, R., Mardiana, U., & Nurpalah, R. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Penggunaan Hand Sanitizier dan Masker Sebagai Upaya Preventif Terhadap Covid-19. Bantenese - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 26–33. https://doi.org/10.30656/ps2pm.v2i1.2340

Rosmadi, M. L. N. (2021). Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19 Jurnal IKRA-ITH Ekonomika Vol 4 No 1 Bulan Maret 2021. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(1), 122–127.

Thaha, A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 2(1), 147–153. https://ejournals.umma.ac.id/index.php/brand

Meri, Khusnul, Suhartati, R., Mardiana, U., & Nurpalah, R. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Penggunaan Hand Sanitizier dan Masker Sebagai Upaya Preventif Terhadap Covid-19. Bantenese - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 26–33. https://doi.org/10.30656/ps2pm.v2i1.2340

Rosmadi, M. L. N. (2021). Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19 Jurnal IKRA-ITH Ekonomika Vol 4 No 1 Bulan Maret 2021. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(1), 122–127.

Thaha, A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 2(1), 147–153. https://ejournals.umma.ac.id/index.php/brand

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-31

Terbitan

Bagian

Artikel