Rancang Bangun Aplikasi Rental Mobil Berbasis Android

Isi Artikel Utama

Muhammad Firnanda Ali Fiqri
Triuli Novianti
Nuniek Fahriani
Sabri Balafif
Aswin Rosadi

Abstrak

Pengolahan data berperan penting dalam adminitrasi sebagai pusat ingatan dan sumber informasi dalam rangkah melakukan kegiatan perencanaan, analisa perumusan kebijakan, pengambilan keputusan dengan setepattepatnya dan sebagai bentuk pertanggung jawaban. Meskipun pengolahan data mempunyai peranan penting tetapi tidak sedikit suatu perusahaan atau instansi yang belum melakukan penataan data dengan baik. Salah satu perusahaan tersebut adalah CV. Rentcar Kita, perusahaan ini bergerak pada bidang penyewaan mobil. Namun perusahaan ini belum memiliki aplikasi sebagai penunjang dalam pelayanan sewa-menyewa. Dimana proses yang dilakukan pada persusahaan ini masih menggunakan metode manual. Sehingga perusahaan ini membutuhkan suatu aplikasi yang dapat membantu dalam hal pemrosesan data dengan baik dan juga dapat meningkatkan proses pelayanan dalam transaksi sewa-menyewa mobil dengan cepat. Sistem berbasis online ini berupa aplikasi android yang dirancang menggunakan platfrom android studio. Dimana konsumen dapat mengakses aplikasi dimana saja dengan mudah, kelebihan pada aplikasi ini diantaranya adalah aplikasi ini dibangun dengan bahasa java yang dilengkapi dengan sifat yang multiplatfrom sehingga dapat memudahkan dalam membangun aplikasi andoroid, dan ditambambah dengan adanya sistem database yang dapat mempermudah pengolahan data dalam hal transaksi sewa-menyewa dengan cepat.

Kata Kunci : Pengolahan Data, Rental Mobil, Aplikasi Android

Rincian Artikel

Referensi

  1. Johan Wahyudi, "PEMBANGUNAN SISTEM APLIKASI PENYEWAAN MOBIL BERBASIS ANDROID," JURNAL JIEOM, vol. II, no. 1, 2019.
  2. Deni Ardian1, Pramitha Dwi Larasati2, Ari Irawan3, "Perancangan Sistem Informasi Aplikasi Rental Mobil Menggunakan Java Netbeans dan MySQL Pada Perusahaan Dean’s Car Rent," Applied Information Systems and Management (AISM), vol. I, pp. 35-44, 2018.
  3. Surawijaya Surahman, Eko Budi Setiawan, "Aplikasi Mobile Driver Online Berbasis Android Untuk Perusahaan Rental Kendaraan," ULTIMA InfoSys, vol. VIII, 2017.
  4. Andy Juansyah , "Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted - Global Positioning GPS (A-GPS) Dengan Platfrom Android," Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), vol. 1, 2015.
  5. Achmad Fikri Sallaby, Fery Hari Utami, Yode Arliando, "Aplikasi Widget Berbasis Java," Jurnal Media Infotama, vol. XI, 2017.
  6. Wibawanto Wabah, Nugrahani, Rahina, "Desain Antarmuka (User Interface) Pada Game Edukasi," Jurnal Imajinasi , vol. XII, 2018.
  7. Sucipto, "Perancangan Active Database System pada Sistem Informasi Pelayanan Pasar," Jurnal Intensif , vol. I, 2017.
  8. Mulyadi S, Armin Lawi, Andayani Achmad, "Implementasi Operasi Rasional Extensible Markup Language (XML) Pada Sistem Informasi," Jurnal IT, vol. VIII, 2017.
  9. I K G Sudiartha, I N E Indrayana, I W Suanawa, "Membangun Struktur Realtime Database Firebase Untuk Aplikasi Monitoring Pengerakan Group Wisatawan," Jurnal Ilmu Komputer, vol. XI, 2018.
  10. Ichwan Saktia Rahman, Robert Marco, "Perancangan Dan Pembuatan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Android," Informatika Universitas AMIKOM Yogyakarta, 2017.