THE DISCOURSE OF ENVIRONMENTAL AWARENESS IN ENGLISH TEXTBOOKS
Abstrak
Artikel ini menganalisis wacana kesadaran lingkungan dalam buku teks bahasa Inggris yang digunakan secara nasional pada pendidikan sekolah menengah pertama di Indonesia. Tujuan utamanya adalah untuk mengkaji bagaimana buku ini menyampaikan wacana tentang kepedulian lingkungan kepada siswa kelas 7 SMP. Kami memfokuskan analisis wacana kritis multimodal kami pada tema dan kemampuan diskursif teks dan gambar yang digambarkan dalam buku teks. Berdasarkan jenis wacana lingkungan hidup yang dikemukakan oleh Curdt-Christiansen (2021), penelitian ini mengkaji sejauh mana teks terkait lingkungan hidup mendorong pemahaman lingkungan hidup yang mendalam. Kesimpulan dari penelitian ini adalah menekankan perlunya peningkatan pengetahuan lingkungan di kalangan pelajar Indonesia dan mendorong perilaku lingkungan yang sehat. Implikasi dari penelitian ini adalah saran bagi penulis buku teks (penulis dan penerbit) dan pengguna buku teks (orang tua, guru, dan pemangku kepentingan sekolah) agar secara kritis meningkatkan kesadaran lingkungan.
Artikel teks lengkap
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
