Karakteristik Kendaraan Konversi Sepeda Motor Listrik Motor BLDC 2000 Watt Type Hub Drive

Hendy Prastya (1)
(1) a:1:{s:5:"id_ID";s:21:"Universitas Hang Tuah";}, Indonesia

Abstrak

Seiring meningkatnya kesadaran akan isu lingkungan, transisi dari kendaraan berbahan bakar fosil ke kendaraan listrik menjadi sebuah solusi yang mendesak untuk menekan polusi udara. Namun, proses ini berpotensi meninggalkan masalah baru berupa limbah dari sepeda motor konvensional yang tidak lagi digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara komprehensif karakteristik performa dari sepeda motor yang telah dikonversi menjadi bertenaga listrik, sebagai solusi ganda untuk mengurangi limbah dan menyediakan alternatif kendaraan listrik yang terjangkau. Fokus utama studi ini adalah pengujian performa motor QS Motor BLDC 2000W tipe hub drive yang ditenagai oleh baterai BRT Lithium NMC 72V 20Ah dan dikontrol menggunakan controller 10 BRT, yang diaplikasikan pada sasis sepeda motor Kymco. Menggunakan metode eksperimental dengan dynamometer test, performa motor dievaluasi di bawah variasi kecepatan (10-50 km/jam) dan tiga kondisi beban (0 kg, 72 kg, dan 139 kg). Parameter kunci seperti arus, tegangan, daya, suhu, torsi, dan tenaga kuda (HP) diukur secara sistematis menggunakan sistem akuisisi data berbasis Arduino. Hasil menunjukkan bahwa peningkatan kecepatan dan beban secara signifikan meningkatkan kebutuhan arus dan daya. Terbukti, pada beban terberat (139 kg), konsumsi daya melonjak dari hanya 51,61 W pada 10 km/jam menjadi 1.162 W pada 50 km/jam, menunjukkan hubungan yang eksponensial. Seiring dengan itu, tegangan suplai mengalami penurunan (voltage sag) dan suhu motor menunjukkan tren peningkatan yang jelas seiring dengan beban kerja yang lebih berat. Data empiris yang dihasilkan membuktikan bahwa motor BLDC 2kW ini memiliki kapabilitas yang mumpuni untuk aplikasi konversi , sekaligus memberikan gambaran kinerja detail yang dapat menjadi acuan penting untuk optimalisasi proyek konversi serta pengembangan industri kendaraan listrik di masa depan.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

[1] A. Derisman, M. R. Fauzi, D. Denur, J. Japri, J. Jusnita, and Z. Zikri, "Konversi sepeda motor Yamaha Mio Sporty menjadi sepeda motor listrik dengan metode sambung langsung," Jurnal Surya Teknika, vol. 11, no. 1, pp. 379–382, 2024.J. Clerk Maxwell, A Treatise on Electricity and Magnetism, 3rd ed., vol. 2. Oxford: Clarendon, 1892, pp.68–73.

[2] A. O. Design, D. D. Suranto, S. Anwar, M. Nuruddin, and T. Zain, "[Judul artikel tidak tersedia]," J-Proteksion: Jurnal Kajian Ilmiah dan Teknologi Teknik Mesin, vol. 7, no. 2, pp. 47–53, 2023K. Elissa, “Title of paper if known,” unpublished.

[3] D. C. Putro, "Efisiensi penggunaan motor BLDC terhadap beban dan kecepatan sepeda motor listrik,", pp. 1–6, Apr. 2024.

[4] F. Irsyadi, M. Arrofiq, B. Sumanto, and M. S. P, "Perancangan dan implementasi sistem monitoring kecepatan motor BLDC hub bergir pada sepeda listrik," JST (Jurnal Sains Terapan), vol. 7, no. 1, 2021.

[5] Gita Arya Pratama1, M. Krisna Ramadhani Ananta2, Rio Winas Setia Budi3Belly Yan Dewantara4danIradiratu D. P.K “Kontrol Kecepatan MotorBrushless DCMenggunakan Double Boost ConverterBerbasisPI” CYCLOTRON 2020.

[6] I. INSANI, "Rancang bangun motor listrik BLDC tipe hub 1000 W untuk penggerak sepeda motor,", No. 437598, 2021

[7] N. Desryanto, P. Surya, E. Mandiri, and B. T. Tractor, "Prototype listrik tenaga surya sebagai motor,", vol. 7, pp. 4206–4218, 2024.

[8] N. Dharmaputra and P. Adi, "Desain dan implementasi sistem instrumentasi sepeda motor listrik serta uji coba kinerjanya,", vol. 5, no. 01, 2022.

[9] Wijaya, N. S. (2024). Uji Konsumsi Daya Energi Kendaraan Konversi Vespa Listrik 2000 Watt Sesuai Iso 130641 . Surabaya: Universitas Airlangga.

[10] Y. N. Hilal, P. Muliandhi, and E. N. Ardina, "Analisa balancing BMS (battery management system) pada pengisian baterai lithium- ion tipe INR 18650 dengan metode cut off," Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, vol. 14, no. 2, pp. 367–374, 2023

[11] N. M. A. S. and D. Mulyana, “Pengaturan Kecepatan Motor Brushless DC(Direct Current) Menggunakan Cuk Converter,” J. Tek. Elektro dan Komput. TRIAC, vol. 6, no. 2, pp. 11–16, 2019, doi: 10.21107/triac.v6i2.5990.

[12] G. A. Pratama, M. K. R. Ananta, R. W. Setia Budi, B. Y. Dewantara, and I. K, “Kontrol Kecepatan Motor Brushless DC Menggunakan Double Boost Converter Berbasis PI,” Cyclotron, vol. 3, no. 1, pp. 7–10, 2020, doi: 10.30651/cl.v3i1.4303.

Penulis

Hendy Prastya
andivania77@gmail.com (Kontak utama)
Prastya, H. (2025). Karakteristik Kendaraan Konversi Sepeda Motor Listrik Motor BLDC 2000 Watt Type Hub Drive. CYCLOTRON, 8(02), 58–63. https://doi.org/10.30651/cl.v8i02.27620

Rincian Artikel

No Related Submission Found