Rancang Bangun Alat Peraga Fisika Berbasis Arduino (Studi Kasus Gerak Jatuh Bebas)
Abstrak
Abstrak— Telah dilakukan rancang bangun alat peraga fisika pada kasus gerak jatuh bebas berbasis Arduino. Alat peraga yang telah dikembangkan bertujuan untuk memvisualisasikan fenomena gerak jatuh bebas dan mengukur percepatan gravitasi bumi dan membuktikan konsep-onsep gerak jatuh bebas. Rancang bangun alat peraga menggunakan komponen elektronik seperti Arduino, sensor inframerah, sensor ultrasonik, push button, LCD, relay, dan LED sebagai komponen utama perangkat keras (hardware). Perangkat lunak (software) yang digunakan dalam mengembangkan alat peraga ini memanfaatkan compiler IDE Arduino berbasis bahasa C#. Besaran fisis yang diukur menggunakan alat peraga yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah ketinggian benda dan waktu tempuh benda. Hasil pengujian kinerja alat peraga yang dikembangkan menunjukkan bahwa alat peraga mampu memvisualisasikan fenomena gerak jatuh bebas, mengukur percepatan gravitasi bumi dengan nilai rata-rata sebesar 10,2 m/s2, dan membuktikan konsep-konsep dalam gerak jatuh bebas.
Kata kunci: Alat Peraga, Arduino, Gerak Jatuh Bebas
Abstract— There is an effort to design learning media for teaching physics on free fall based on Arduino. The learning media designed is aimed at visualizing free fall phenomena, measuring earth gravitation speed, and proofing the concepts of free fall. Designing learning media using electronic components such as Arduino, infrared sensor, ultrasonic sensor, pushbutton, LCD, relay, and LED as the main components hardware devices. Software devices which are used to improve this learning media were IDE Arduino Compiler C# language base. Physics quantity which is measured using the designed learning media in this study were the object’s height and the needed time. The test result of the designed learning media this study showed that this learning media could visualize free fall phenomena, measure the earth gravitation speed with the average score was 10,2 m/s2 , and proofing free fall concepts.
Keywords: Learning Media, Arduino, Free Fall
Artikel teks lengkap
Referensi
Popescu, A., dan Morgan, J. 2007. Teaching Information Evaluation and Critical Thinking in Physics Classes. The Physics Teacher, 45: 507-510.
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran (2nd ed.). Yogyakarta: Gava Media.
Sudjana, N., 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar (2nd ed.). Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Susilana, R., dan Riyana, C., 2007. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Arsyad, R., 2009. Media Pembelajaran (1st ed). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Preliana, E., 2015. Pengembangan Alat Peraga Sains Fisika Berbasis Lingkungan Untuk Materi Listrik Statis Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Pleret. JRKPF UAD. 2(1): 6-11.
Fitriani, N., 2013. Pengembangan Alat Peraga Sains Fisika Dengan Memanfaatkan Sampah Anorganik Materi Kelistrikan dan Kemagnetan Pada Siswa SMP/MTS. Skripsi. Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Sains dan Tekonologi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
Wicaksono, A., dan Rifai, I., 2013. Pembuatan Alat Peraga Pendidikan Fisika Sub Materi Gerak Jatuh Bebas Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno. Seminar Nasional Teknologi Terapan. Yogyakarta, Indonesia. Hal. 440-447.
Susilawati., dan Aryanto, D., 2013. Penerapan Alat Praktikum Viskometer Terhadap Pencapaian Kinerja Mahasiswa Calon Guru Fisika. Seminar Nasional 2nd Lontar Physics Forum. ISBN: 978-602-8047-80-7.
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Atribusi Non-Komersial 4.0 InternasionalÂ
Anda diperbolehkan:
Berbagi menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
Adaptasi menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.
Berdasarkan ketentuan berikut:
Atribusi Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
NonKomersial Anda tidak dapat menggunakan materi ini untuk kepentingan komersial.