Analisis Efisiensi Penggunaan Listrik di Gedung Laboratorium Terpadu UMSurabaya Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process

Reynanda Bagus Widyo Astomo (1), Rudi Irmawanto (2)
(1) Teknik Elektro, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(2) , Indonesia

Abstrak

Gedung 6 lantai merupakan salah satu sarana yang cukup banyak mengkonsumsi energi listrik. Dengan banyaknya fasilitas fasilitas yang disediakan guna mendukung kegiatan operasional dalam gedung, maka diperlukan juga beban-beban yang menunjang semua kegiatan dalam suatu gedung bertingkat. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan audit energi untuk pencapaian efisiensi listrik menggunakan pendekatan AHP (Analytical Hierarchy Process) dengan objeknya berupa Gedung Laboratorium Terpadu, di kampus UMSurabaya. Sehingga dapat diketahui tingkat konsumsi energi di Laboratorium Terpadu UMSurabaya beserta peluang maupun solusi-solusi penghematan yang dapat direkomendasikan kepada pengguna gedung. Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan bahwa berdasarkan data tahun 2023, nilai IKE menunjukkan penggunaan energi di laboratorium cukup boros, dengan nilai IKE > 18,5 setiap bulan. Implementasi solusi alternatif yang telah dirancang menggunakan metode AHP menunjukkan pengurangan jam kerja fasilitas dengan skor 0,395 adalah kebijakan yang efektif dan memberikan dampak terbesar terhadap penghematan energi di gedung laboratorium terpadu.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Adi AC. Konsumsi Listrik Masyarakat Meningkat, Tahun 2023 Capai 1.285 kWh/Kapita. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral [Internet]. 2024; Available from: https://www.esdm.go.id/id/media-center/arsip-berita/konsumsi-listrik-masyarakat-meningkat-tahun-2023-capai-1285-kwh-kapita

Santoso AH, Hermawan A, Hariyanto S. Analisis Audit Energi Terhadap Intensitas Konsumsi Energi Listrik Sistem Pencahayaan dan Sistem Penyimpanan Ikan di Cold Storage Kabupaten Malang. ELPOSYS: Jurnal Sistem Kelistrikan. 2021; Vol. 09: No. 2.

Machmud A. Audit Energi Dan Peluang Konservasi Energi Listrik Di Pt. Arelsi Karya Sejahtera. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia; 2019.

Ramadhon AD. AUDIT ENERGI DAN ANALISIS PELUANG PENGHEMATAN KONSUMSI ENERGI DI PT. HARMONI PUTRA SOLUSINDO SEMARANG. Semarang: Universitas Semarang; 2021.

Fauzi A. AUDIT MANAJEMEN ENERGI MENGGUNAKAN PENDEKATAN AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS) UNTUK PENGHEMATAN ENERGI (Studi Kasus: PT. MIFA BERSAUDARA Kapasitas 2500kVA). Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya; 2021.

Lambey DS, Amin N, Pirade YS, Santoso R. ANALISIS KONSUMSI ENERGI LISTRIK UNTUK PENCAPAIAN EFISIENSI ENERGI DI KANTOR DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN TOJO UNA-UNA. Jurnal Ilmiah FORISTEK. 2021 Oktober;11.

Pudjanarsa A, Nursuhut D. Mesin Konversi Energi. Yogyakarta; 2013.

Hakim MF, Hermawan A, Kurniawan F, Habsari KM. Audit Energi dan Rekomendasi Penghematan Energi Listrik di Gedung Rumah Sakit. ELPOSYS: Jurnal Sistem Kelistrikan. 2023;10 no. 2.

Badan Standarisasi Nasional. Prosedur Audit Energi Pada Bagunan Gedung, Konservasi Energi Sistem Tata Udara Pada Bagunan Gedung dan Konservasi Energi Sistem Pencahayaan Bengunan Gedung (SNI 03-6196-2000, SNI 03- 6090-2000, SNI 03-6197-2000). 2012.

Parhusip J. Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada Desain Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Calon Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Di Kota Palangka Raya. Jurnal Teknologi Informasi. 2019; Vol 13: No 02.

SNI 6196-2011. Prosedur Audit Energi Pada Bagunan Gedung. 2011;

Penulis

Reynanda Bagus Widyo Astomo
reynanda.bagus@um-surabaya.ac.id (Kontak utama)
Rudi Irmawanto
Biografi Penulis

Reynanda Bagus Widyo Astomo, Teknik Elektro, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Departemen teknik Elektro

Astomo, R. B. W., & Irmawanto, R. (2024). Analisis Efisiensi Penggunaan Listrik di Gedung Laboratorium Terpadu UMSurabaya Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process. CYCLOTRON, 7(02), 26–32. https://doi.org/10.30651/cl.v7i02.23554

Rincian Artikel

No Related Submission Found