Optimalisasi Fungsi Sensor Prosonic Terhadap Kinerja Reclaimer Batubara di PT.SBI Tuban

ponidi ponidi (1)
(1) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini memanfaatkan data dari sensor prosonic FMU41 sebagai input variable untuk membatasi pergerakan reclaimer saat digunakan menggaruk material batubara. Data yang diambil merupakan nilai jarak ujung membrane sensor dengan permukaan material. Kemudian pembacaan nilai jarak dari sensor dikonversi menjadi tegangan sinyal 4-20 mA, lalu ditransmisikan ke perangkat PLC untuk dijadikan variable utama pada program. Software yang digunakan untuk memodifikasi program PLC adalah Simatic manager S7. Variabel berupa sinyal tegangan itu dikonversi menjadi nilai real agar dapat digunakan sebagai masukan fungsi logika di Simatic manager S7. Fungsi logika tersebut memprogram pergerakan reclaimer pada saat beroperasi agar berada pada rentang jarak yang  telah dikalkulasikan. Sehingga reclaimer akan selalu memiliki batas ujung dengan rentang jarak yang mengecil. Hasil penelitian menunjukkan setelah optimalisasi sensor dan dilakukan modifikasi terhadap program PLC dengan mengatur jarak optimal yakni 15 cm untuk perpindahan rentang jarak travel menunjukkan permukaan material batubara membentuk pola terasering karena reclaimer selalu bergerak dengan rentang jarak yang mengecil. Intensitas kinerja reclaimer saat digunakan operasi juga tinggi karena longsoran material tidak terjadi sehingga pergerakan reclaimer tidak terhambat dan motor-motor listrik tidak mengalami trip.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Rachimoellah, “Prospek Pemanfaatan Batu Bara dan Gambut Sebagai Bahan Baku Industri Kimia,” Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat, 2002.

K. Nasional , T, “Batubara Indonesia,” Kelompok Kajian Kebijakan Mineral dan Batubara Pusat Litbang Teknologi Mineral dan Batubara, Jakarta, 2006.

A. Bayuseno, Pengaruh sifat fisik dan strukturmineral batu bara lokal terhadap sifat pembakaran. Semarang: Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, 2009.

Sanwani, Managemen Stockpile Batubara. 1998.

S. Karim, Sensor dan Aktuator Elektronika Industri, Pertama. Jakarta: Kementrian Pendidikan & Kebudayaan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan, 2013.

R. Syam, Dasar Dasar Teknik Sensor. Makasar: Universitas Hasanudin, 2013.

A. E. Putra, Konsep Pemrograman dan Aplikasi PLC. 2007.

E. Hauser, Technical Information Prosonic M FMU41. 2021.

Penulis

ponidi ponidi
ponidi@um-surabaya.ac.id (Kontak utama)
Biografi Penulis

ponidi ponidi, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Dosen Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Surabaya
ponidi, ponidi. (2024). Optimalisasi Fungsi Sensor Prosonic Terhadap Kinerja Reclaimer Batubara di PT.SBI Tuban . CYCLOTRON, 7(02), 12–17. https://doi.org/10.30651/cl.v7i02.22723

Rincian Artikel

No Related Submission Found