Rancang Bangun Sistem Informasi E-Parkir pada Mall di Kota Surabaya

Triuli Novianti (1), Hendik Murdiyanto (2), Winarno (3)
(1) Prodi Teknik Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(2) , Indonesia,
(3) , Indonesia

Abstrak

Surabaya adalah kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Standar hidup yang lebih baik telah mendorong peningkatan populasi Surabaya. Ini mengakibatkan pembangunan infrastruktur yang diperlukan untuk meningkatkan fasilitas publik kota. Ini terbukti oleh kecenderungan masyarakat Surabaya untuk berbelanja dan menghabiskan waktu di supermarket atau mal setiap hari, terutama pada akhir pekan dan hari libur. Untuk supermarket dan mall di Kota Surabaya, aplikasi Sistem Informasi E-Parkir ini membagi layout layout yang dapat diakses berdasarkan tingkatan level user yang ada. Administrator memiliki kemampuan untuk menghapus, menambah, mengedit, dan menon-aktifkan dan mengaktifkan kembali pelanggan dan petugas. Keunggulan utama aplikasi Sistem Informasi E-Parkir adalah kemampuan database untuk disesuaikan dan penggunaan framework CodeIgniter. Orang yang keluar dari area parkir akan diverifikasi sekali lagi untuk memungkinkan sistem mencatat jumlah waktu parkir yang digunakan oleh orang yang melanggar. Berdasarkan tahap implementasi di atas, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Tingkat responsibilitas aplikasi terhadap interaksi dengan klien, baik itu pelanggan, petugas, atau administrator, sangat bergantung pada koneksi internet dan infrastruktur yang ada. Jika tidak ada masalah dengan koneksi internet dan infrastruktur yang bersangkutan, aplikasi akan berjalan sangat baik dan lancar.


Kata kunci: Aplikasi, Sistem, Informasi, E-Parkir

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Partnership Dalam Penerapan Terminal Parkir Elektronik (Tpe) Di Pd Parkir Kota Makassar. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP), 2(3), 787-800.

. Billqis, A. (2022). Implementasi Program Parkir Elektronik (E-Parkir) di Kota Surakarta.

. Firmansyah, B., Evianti, N., Permana, D. S., Wihandar, A. M., & Jaya, R. (2023). Penerapan Teknologi Smart KTM untuk E-Parking di Area Kampus Menggunakan Radio Frequency Identification. Jurnal Teknik Informatika dan Teknologi Informasi, 3(2), 8-14.

. Gandasari, M., Junaidi, J., & Sari, A. F. K. (2020). Pengaruh pembayaran pajak parkir melalui e-parking dalam meningkatkan omzet pendapatan asli daerah Kota Surabaya. e_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 9(05).

. Hernikawati, D. (2021). PERBANDINGAN SOLUSI PARKIR KONVENSIONAL DENGAN SMART PARKING. Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi Massa, 2(2).

. Istiyanto, J., & Novianti, T. (2019). SISTEM INFORMASI IJIN KERJA KONTRAKTOR DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI WEB BERBASIS HTML DAN PHP DI PT. XYZ. Network Engineering Research Operation, 4(3), 144-156.

. Jogiyanto. (2008). Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur. Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi.

. Mudjanarko, S. W., Supriyatno, D., Prasetijo, J., Masirin, M. I. B. M., & Wiwoho, F. P. (2021). Panduan Pembuatan Web Parkir. Narotama University Press.

. Nababan, M. N., Rumapea, T. D. S., Sihotang, S. S., Togatorop, M., & Gultom, L. M. (2020). Pemodelan Sistem Parkir Kendaraan Berbasis Android Menggunakan Algoritma Aes. Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi (JIKOMSI), 3(2), 76-80.

. Nurintan, R., Putro, S. H. S., & Winiasri, L. (2022). PERENCANAAN PENGEMBANGAN AREA PARKIR PENUMPANG DI BANDAR UDARA RAHADI OESMAN KETAPANG KALIMANTAN BARAT. In Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan) (Vol. 6, No. 1). 021). Pengembangan Sistem Parkir Pintar Berbasis Iot. eProceedings of Engineering, 8

. PRASETYA, H. A., MURDYASTUTIK, A., & SUPRANOTO, S. Efektivitas Program pada Pelayanan Publik E-Parking di Taman Bungkul Kota Surabaya.

. Rifqi, M., & Andri, A. (2019). Aplikasi Pengingat Lokasi dan Pembayaran Parkir. Jurnal Ilmiah Fifo, 11(2), 175-188.

. Rosyadi, W. A. (2020). Reservasi Area Parkir Berbasis Internet Of Things. Jurnal JE-UNISLA: Electronic Control, Telecomunication, Computer Information and Power System, 5(2), 370-375.

. Saadati, I. (2019). Perancangan pusat perbelanjaan elektronik di Surabaya dengan pendekatan transformasi (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

. Yunianto, A., & Yuliani, N. (2020). Implementasi Aplikasi Siparkir untuk Kemudahan Booking Parkir di Era Digital. IKRA-ITH Teknologi Jurnal Sains dan Teknologi, 4(1), 11-21.

. Zaimuddin, M. A., Winardi, S., Mudjanarko, S. W., & Anindito, B. (2019). Sistem booking parkir mall dengan identifikasi plat nomor kendaraan berbasis android. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 10(2), 93-99.

Penulis

Triuli Novianti
triuli.novianti@ft.um-surabaya.ac.id (Kontak utama)
Hendik Murdiyanto
Winarno
Biografi Penulis

Triuli Novianti, Prodi Teknik Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surabaya

SINTA ID: 158974

Scopus ID: 57216620474

ORCID: 

Google Scholar: http://scholar.google.co.id/citations?user=u7169zcAAAAJ&hl=en

Novianti, T., Murdiyanto, H., & Winarno. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi E-Parkir pada Mall di Kota Surabaya. CYCLOTRON, 7(01), 92–99. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.20459

Rincian Artikel