Relationship Marketing dan Brand Equity Mempengaruhi Loyalitas Nasabah Bank Syariah di Kota Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30651/blc.v19i1.9616Kata Kunci:
Pemasaran relasional, Ekuitas merek, Loyalitas Nasabah, Bank Syariah, Relationship Marketing, Brand Equity, Customer Loyalty, Islamic BankAbstrak
ABSTRACT
Â
This study aims to prove the effect of relational marketing and brand equity on the loyalty of Islamic bank customers in Surabaya. This research was carried out through a quantitative approach by running a survey method by distributing questionnaires to 100 active customers of PT Bank Syariah Indonesia Tbk in the Surabaya City area. Analysis of the data obtained using the multiple linear regression method by SPSS program. Based on the test results, the regression equation Y = 3.009 + 0.160 X1 + 0.023 X2. The results of the partial significance test (t-test) it is known that the Relationship Marketing variable obtained the value of t count (2.304) > t table (1.982) with a regression coefficient of 0.160, it can be concluded that part there is a positive and significant influence between Relationship Marketing on the dependent variable namely the variable Customer Loyalty. In the partial significance test of the Brand Equity variable, the t value (2.304) > t table (1.982) with a regression coefficient of 0.393 can be concluded that part there is a positive and significant influence between Brand Equity on Customer Loyalty. The simultaneous significance test (F test) obtained a comparison of the calculated F value (95.543) which is greater than the F table (F (0.05.2/100) = 3.067. Thus, it can be concluded that there is a significant and simultaneous influence between Relationship Marketing and Brand Equity variables on the Customer Loyalty variable.
Â
Keywords                   : Relationship Marketing; Brand Equity; Customer Loyalty; Islamic Bank
Correspondence to      : herwin.ardianto@perbanas.ac.id
Â
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh dari pemasaran relasional dan ekuitas merek terhadap loyalitas nasabah bank syariah di Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan melalui pendekatan kuantitatif dengan metode survey penyebaran kuesioner kepada 100 responden nasabah aktif PT Bank Syariah Indonesia Tbk area kota Surabaya. Analisa data yang diperoleh menggunakan metode regresi linier berganda program SPSS. Berdasarkan hasil pengujian didapatkan persamaan regresi Y = 3,009 + 0,160 X1 + 0,023 X2. Berdasarkan hasil uji signifikansi parsial (Uji t) diketahui pada variabel Relationship Marketing diperoleh nilai t hitung (2,304) > t tabel (1,982) dengan koefisien regresi sebesar 0,160, dapat disimpulkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Relationship Marketing terhadap variabel terikat Loyalitas Nasabah. Pada uji signifikansi parsial variabel Brand Equity diperoleh nilai t hitung (2,304) > t tabel (1,982) dengan koefisien regresi sebesar 0,393 sehingga dapat disimpulkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Brand Equity terhadap Loyalitas Nasabah. Pada uji signifikansi simultan (Uji F) diperoleh perbandingan nilai F hitung (95,543) lebih besar dari F tabel (F (0.05,2/100) = 3,067) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan simultan antara variabel Relationship Marketing dan Brand Equity terhadap variabel Loyalitas Nasabah.
Â
Kata Kunci                 : Pemasaran relasional; Ekuitas merek; Loyalitas Nasabah; Bank Syariah
Referensi
Abdullah, K.A.;Hildayanti, S. . (2018). Pengaruh Brand Equity terhadap Loyalitas Nasabah PT. Bank Panin Dubai Syariah, Tbk. Cabang Palembang. Jurnal Ecoment Global, 3(1), 63–75.
Asyidatur, R., Marista, O., & Nurullaili, M. (2020). Type A Behavior Pattern As Modifier Of Stressor And Employees Intention To Leave. In Proceeding The 2nd International Conference Of Business, Accounting And Economics (The 2nd ICBAE 2020).
Bambang, A., & Heriyanto, M. (2017). Pengaruh Brand Equity dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Konsumen Mobil Merek Toyota Kijang Innova (Survey Konsumen pada Dealer PT. Agung Automall Cabang Sutomo Pekanbaru). Journal of Chemical Information and Modeling, 4(2), 1–11.
Daryanto. (2015). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Firmansyah, M. A. (2019). Buku pemasaran produk dan merek. Buku Pemasaran Produk Dan Merek, (August), 336.
Gronroos, C. (1989). Defining Marketing: A Market-Oriented Approach. European Journal of Marketing. https://doi.org/10.1108/EUM0000000000541
Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Ustiawaty, R. A. F. J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Ria Rahmatul Istiqomah. (2015). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. In Pustaka Ilmu.
Ismail. (2011). Perbankan Syariah. Jakarta: Kencana-Prenada Media Group.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen pemasaran, edisi 12, jilid 1. In Jakarta: PT Indeks.
Ndubisi, N. O. (2007). Relationship marketing and customer loyalty. Marketing Intelligence and Planning, 25(1), 98–106. https://doi.org/10.1108/02634500710722425
Nur, M. B. (2020). Pengaruh Customer Service dan Relationship Marketing terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Tbk) Cabang Sigli Kabupaten Pidie. Jurnal JRR, 2(2), 132–143.
Octavia Widjaja, C. (2016). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Customer Loyalty Dan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Pt. Fuboru Indonesia Di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 10(2), 52–58. https://doi.org/10.9744/pemasaran.10.2.52-58
Otoritas Jasa Keuangan. (2020). Snapshot Perbankan Syariah Indonesia Juni 2020. Otoritas Jasa Keuangan, 1–6. Retrieved from https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/berita-dan-kegiatan/publikasi/Pages/Snapshot-Perbankan-Syariah-Juni-2020.aspx
Pradipta, D., Hidayat, K., & Sunarti, S. (2016). Pengaruh Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Pembeli Dan Pengguna Kartu Perdana SimPATI Telkomsel Di Lingkungan Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2012 & 2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 34(1), 138–147.
Sefesiyani, A. (2015). Pengaruh Relationship Marketing (Pemasaran Relasional) terhadap Kepuasan Nasabah Serta Dampaknya Pada Loyalitas Nasabah (Survei pada Nasabah Tabungan Bank Central Asia Kantor Cabang Pembantu Dinoyo Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 28(2), 86451.
Solangi, B., Talpur, U., Shaikh, S. S., Mushatque, T., & Channa, M. A. (2019). Relationship Marketing as an Orientation to Customer Retention: Evidence from Banks of Pakistan. International Business Research, 12(7), 133. https://doi.org/10.5539/ibr.v12n7p133
Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers.
Yoganathan, D., Jebarajakirthy, C., & Thaichon, P. (2015). The influence of relationship marketing orientation on brand equity in banks. Journal of Retailing and Consumer Services, 26, 14–22. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2015.05.006
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta
- Hak cipta terhadap artikel yang diterbitkan di BALANCE: Economic, Business, Management, and Accounting Journal adalah penerbit atau BALANCE: Economic, Business, Management, and Accounting Journal.
- Penulis harus menyerahkan hak cipta pada jurnal dengan menandatangai dan mengirimkan form penyerahan hak cipta (template) melalui email balance@um-surabaya.ac.id.
- Penulis dapat menyebarluaskan artikelnya melalui media manapun.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.