MANAJEMEN SYARIAH IMPLEMENTASI MELALUI PENDIDIKAN

Penulis

  • Sentot Imam Wahjono Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/blc.v3i01.722

Abstrak

Tujuan dari tulisan ini adalah mempercepat pemasyarakatan penerapan ekonomi syariah di Indonesia. Meskipun pemasyarakatan ekonomi syariah itu telah dimulai tahun 1992, sejak berdirinya Bank Muamalat Indonesia. Dan kemudian diperkuat dengan diundangkannya UU No 23 tahun 1999 dan terbitnya Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) tentang keharaman bunga bank konvesnional, yang merupakan fondasi perbankan syariah. Namun kontribusi perbankan syariah terhadap perbankan nasional masih kecil, 1,8% dari Assets. Demikian pula share asuransi syariah, pasar  modal syariah, pegadaian syariah, masih sangat kecil. Untuk mempercepat  penerapan ekonomi syariah diperlukan upaya-upaya sistemik dan mendasar yang diharapkan dapat membentuk pola pikir dan perilaku syariah sebelum memasuki dunia kerja bahkan semenjak sekolah dasar. Oleh karena itu harus dimulai dari Pendidikan Tinggi dengan kurikulum murni syariah, ke depan dengan tenaga dosen yang murni syariah

Biografi Penulis

Sentot Imam Wahjono, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Fakultas Ekonomi

Referensi

Ahmad, Mustaq, 2001, Business Ethics in Islam, Diterjemahkan Oleh Samson Rahman, Penerbit Pustaka Al-Kautsar, Jakarta

Antonio, Muhammad Syafi’i, 2007, Shariah: New Management Paradigm and Global Competitiveness, Makalah Seminar Nasional Manajemen Syariah, Universitas Mercu Buana Jakarta (Maret).

Deliarnov, 1995, Perkembangan Pemikiran Ekonomi, PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Hafidhuddin, Didin, 2007, Nilai-nilai Syariah dalam Budaya Corporasi bagi Pembentukan Keuanggulan Organisasi, Makalah Seminar Nasional Manajemen Syariah, Universitas Mercu Buana Jakarta (Maret).

Hadad, Muliaman D., dkk, 2003, Indikator Awal Krisis Perbankan, Riset Terkait Sistem Keuangan, Bank Indonesia, Desember, Jakarta.

Marina, Anna, 2005, Peranan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Dalam Mempercepat Pengembangan Perbankan Syariah di Indonesia, Balance Journal, Tahun II/Nomor 4/Juli, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surabaya,.

Muslich, 2004, Etika Bisnis Islami, Landasan Filosofis, Normatif dan Substansi Implementatif, Penerbit Ekonisia, Yogyakarta

Perwataatmadja, Karnaen A., 2007, Kebutuhan dan Strategi Pengembangan Kurikulum Manajemen Bermuatan Syariah, Makalah Seminar Nasional Manajemen Syariah, Universitas Mercu Buana Jakarta (Maret).

Rachbini, Didik J, 2007, Peluang Penerapan Manajemen Syariah di Indonesia, Makalah Seminar Nasional Manajemen Syariah, Universitas Mercu Buana Jakarta (Maret).

Sula, Muhammad Syakir, 2007, Syariah Marketing: Solusi Penciptaan Bisnis Beretika, Makalah Seminar Nasional Manajemen Syariah, Universitas Mercu Buana Jakarta (Maret).

Qardhawi, Yusuf, 2001, Norma dan Etika Ekonomi Islam, edisi bahasa Indonesia, Penerbit Gema Insani Press, Jakarta

Unduhan

Diterbitkan

2007-01-31

Terbitan

Bagian

Artikel