PERAN ‘DUAL IDENTITY’ DALAM KEANGGOTAAN KOPERASI
DOI:
https://doi.org/10.30651/blc.v3i01.720Abstrak
Dalam organisasi koperasi, anggota berstatus sebagai pemilik sekaligus sebagai pelanggan (dual identity) maka konsekuensinya harus berperan aktif dalam keusahaan, kepengurusan, dan keanggotaan agar dapat dicapai tujuan promosi anggota.Â
 Koperasi sebagai organisasi ekonomi berwatak sosial yang mendasarkan pengelolaan usahanya secara demokratis, diwujudkan melalui kebersamaan,  kekeluargaan, dan keterbukaan ketika mengelola usahanya. Oleh karena itu  koperasi dikenal sebagai badan usaha yang memiliki ciri: dari, oleh, untuk anggota
  Dalam hubungan kausalitas antara partisipasi kontribusi dan partisipasi insentif maka :(a). Anggota akan terdorong untuk lebih berpartisipasi apabila pengurus menunjukkan prestasi kerja yang memuaskan pada anggota, (b). Pengurus akan dapat bekerja maksimal apabila anggota makin sadar dalam memberi kontribusi kepada koperasi, baik kontribusi moral maupun material. Â
Referensi
Ariffin, Ramudi (2003) : Ekonomi Koperasi Ikopin Press. Bandung.
Departemen Koperasi dan PPK (1995): Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian . Dep. Koperasi dan PPK, Dirjen Pembinaan Koperasi Perkotaan,. Jakarta
Dulfer,Eberhard (1974) : Operational Efficiency Agricultural Cooperatives in Developing Countries. Agricultural Development Paper, FAO. Rome.
Hanel, Alfred (1089) : Organisasi Koperasi, Pokok-Pokok Pikiran Mengenai Organisasi Koperasi dan Kebijakan Pengembangannya di Negara-Negara Berkembang. Unpad. Bandung
......................(1992) : Basic Aspects of Cooperative Organization and Cooperative Self-HelpPromotion in Development Countries. Marburg. Germany.
Ropke,Jochen (1988) : Cultural Values and the Effectiveness of Participation in Indonesia Cooperatives. Unpad. Bandung.
........................ (2000) : Ekonomi Koperasi : Teori dan Manajemen. Salemba Empat. Jakarta .
Rozi dan Etha (2002) : Ekonomi Koperasi.Bintang. Surabaya
Swasono, Sri-Edi (1985) : Koperasi Di Dalam Orde Ekonomi Indonesia. UI Press. Jakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta
- Hak cipta terhadap artikel yang diterbitkan di BALANCE: Economic, Business, Management, and Accounting Journal adalah penerbit atau BALANCE: Economic, Business, Management, and Accounting Journal.
- Penulis harus menyerahkan hak cipta pada jurnal dengan menandatangai dan mengirimkan form penyerahan hak cipta (template) melalui email balance@um-surabaya.ac.id.
- Penulis dapat menyebarluaskan artikelnya melalui media manapun.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.