PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN DAN PERAN MANAJERIAL PENGELOLA KEUANGAN DAERAH TERHADAP KINERJA SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH (Studi Pada Pemerintah Kota Manado)

Authors

  • Dhullo Afandi Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.30651/blc.v5i02.699

Abstract

Sejarah Indonesia menunjukan selama lebih dari tiga dekade, pada waktu orde baru berkuasa, proses penyusunan anggaran masih jauh dari kata aspiratif.  Bukan hanya tidak aspiratif, selama periode orde baru berkuasa anggaran kita yang menganut sistem anggaran rutin dan anggaran pembangunan, juga dibelit berbagai persoalan kronis seperti pemborosan, kebocoran, penyimpangan, dan penyelewengan. Keberhasilan gerakan reformasi di Indonesia yang ditandai dengan tumbangnya rezim orde baru membuka peluang bagi upaya untuk memperbaiki sistem anggaran yang membelit negara kita. Reformasi telah berhasil mengembalikan supremasi rakyat dan pemulihan kembali peran lembaga perwakilan rakyat. 

 

Kata Kunci : penyusunan anggaran

 

Author Biography

Dhullo Afandi, Universitas Sam Ratulangi Manado

Fakultas Ekonomi

References

Antara News, 2007, Untuk Raih Gelar Doktor di UGM, Fadel Muhammad Sampaikan Teori Kepemimpinan, Gorontalo, 10 Agustus 2007.

Fathillah, Gina, 2001. Evaluasi Kinerja Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Kutai kalimantan Timur, tesis S2 Program Pasca Sarjana Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Ghozali, I. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam dan Ratmono, Dwi, 2008, Akuntansi Keuangan Pemerintah Pusat (APBN) dan Daerah (APBD, Edisi 3, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Herminingsih. 2009. “Pengaruh Partisipasi Anggaran dalam Penganggaran dan Peran Manajerial Pengelola Keuangan Daerah terhadap Kinerja Pemerintah Daerahâ€. Tesis Tidak Dipublikasikan, Program Pasca Sarjana Magister Akuntansi, Universitas Diponegoro Semarang.

Mahsun, Mohamad, 2009, Pengukuran Kinerja Sektor Publik, BPFE Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Rachmawati. S. R. 2009. “Pengaruh Komitmen Organisasi, Motivasi Kerja, Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Bidang Keuangan Pada Pemda Kabupaten Sukoharjoâ€. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Program Sarjana, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ramandei, P. 2009. “Pengaruh Karakteristik Sasaran Anggaran Dan Sistem Pengendalian Intern Terhadap Kinerja Manajerial Aparat Pemerintah Daerah (Studi Empiris pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Jayapura).â€Tesis Tidak Dipublikasikan, Program Pasca Sarjana Magister Akuntansi, Universitas Diponegoro Semarang.

Rohman, A. 2007. “Pengaruh Peran Manajerial Pengelola Keuangan Daerah Dan Fungsi Pemeriksaan Intern Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah (Survei Pada Pemda Kota, Kabupaten, dan Provinsi di Jawa Tengah)â€. Jurnal MAKSI, Vol. 7, No. 2, pp.206-220.

Rohman, A. 2009. Akuntansi Sektor Publik Telaah dari Dimensi : Pengelolaan Keuangan Daerah, Good Governance, Pengendalian, Pengawasan dan Pengukuran Kinerja Pemerintah Daerah. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Issue

Section

Artikel