Dampak Perubahan PSAK Terhadap Kompetensi Dosen dan Tingkat Pemahaman Mahasiswa di Prodi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.30651/blc.v18i1.4949Abstrak
ABSTRACTÂ
Â
The purpose of this study was to determine the impact of changes in PSAK on the competence of lecturers and the level of understanding of students in the Accounting Study Program, University of Muhammadiyah Sidoarjo. The impact of changes in PSAK should be balanced with an increase in the ability of accounting lecturers in higher education to support learning materials that are in sync with the world of work, so an increase in lecturer competence is needed. Furthermore, the level of understanding of accounting students also needs to be updated, to support increased knowledge of standard changes, namely the latest PSAK, amended PSAK and revised PSAK. This research is a quantitative study. The method used in data collected in this study is distributing questionnaires that are processed using SmartPLS 3. The data that can be obtained are 100 respondents. The results of this study are the impact of changes in PSAK affects the competence of lecturers, and the impact of changes in PSAK also affect the level of understanding of students.
Â
Keywords                        : Impact of PSAK changes; competency of lecturers; level of understanding  of students
Correspondence to      : duwirahayu@umsida.ac.id
Â
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak perubahan PSAK terhadap kompetensi dosen dan tingkat pemahaman mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Dampak perubahan PSAK hendaknya diimbangi dengan peningkatan kemampuan dosen akuntansi di perguruan tinggi dalam mendukung materi pembelajaran yang sinkron dengan dunia kerja, sehingga diperlukan peningkatan kompetensi dosen. Selanjutnya tingkat pemahaman mahasiswa akuntansi juga perlu diperbarui, untuk mendukung peningkatan pengetahuan tentang perubahan standar yaitu PSAK terbaru, PSAK amandemen dan PSAK revisi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner yang diolah menggunakan SmartPLS3. Data yang dapat diperoleh sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini adalah dampak perubahan PSAK berpengaruh terhadap kompetensi dosen, dan dampak perubahan PSAK juga berpengaruh terhadap tingkat pemahaman mahasiswa.
Kata Kunci : Dampak perubahan PSAK; kompetensi dosen; tingkat pemahaman siswaReferensi
Ankarath, Nandakumar. 2012. Memahami IFRS: Standar Pelaporan Keuangan Internasional. Alih Bahasa: Priyo Darmawan. PT Indeks: Jakarta.
Bastian, Indra. 2011. Minim, Pemahaman Akuntan Terhadap Standar Akuntansi Internasional. https://feb.ugm.ac.id/id/berita/408-mahasiswa-ugm-di-adelaide.html. Diakses tanggal 10 April 2020 (10:31)
Budhiyanto, Suryanti J. & Nugroho, Ika P. 2004. “Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansiâ€. Jurnal Ekonomi Bisnis, Vol. X, No.2, Hal.260-281
Christiani,Yuningsih Nita, 2015, Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Terhadap International Financial Reporting Standar (IFRS), Tesis. Universitas Kristen Satya Wacana. Salatiga
Cooper, Donal R and Scindler, Pamela S (2006). Busines Research Methods. The MC Grow-Hill Lumpanies: Singapore.
Efritania. 2014. Tingkat Pengetahuan Mahasiswa S1 Akuntansi Terhadap Perubahan PSAK. Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.
Gustiani dan Marsudi.2018. Pengaruh Minat Belajar Ketersediaan Sarana Pendidikan Dan Kompetensi Dosen Terhadap Pemahaman Psak Konvergensi. Jurnal Akunida ISSN 2442-3033 Volume 4 Nomor 1, Juni 2008. Universitas Djuanda.
Heykal et al. 2014. Impact Analysis of Indonesian Financial Accounting Standard based on the IFRS Implementation for Financial Instruments in the Indonesian Commercial Bank. 2nd World Conference on Business. pages 1247–1250.
Kieso dan Weygandt.2011.Intermediate Accounting edisi tahun 2011. Jakarta: Erlangga.
Mahendra, Reza, 2013, Dampak Konvergensi PSAK ke IFRS Terhadap Arus Kas Pada PT Rimo Catur Lestari Tbk Periode 2010-2011 Dalam Pengambilan Keputusan Investasi, Penulisan Ilmiah, Program Studi Stara Satu Manajemen Program Pasca Setara Sarjana Muda, Unversitas Gunadarma, Depok.
Martani, Dwi. 2019. Overview Perkembangan Standar Akuntansi. https://staff.blog.ui.ac.id/martani/files/2019/01/Overview-Perkembangan-Standar-24012019.pdf. 16. April 2020 (09.00)
Nurunnabi, M. 2014. The impact of cultural factors on the implementation of global accounting standards (IFRS) in a developing country. Advances in Accounting, incorporating Advances in International Accounting.
Poudel, G., A. Hellman, H. Perera. 2014. The adoption of International Financial Reporting Standards in a non-colonized developing country: The case of Nepal. Advances in Accounting, incorporating Advances in International Accounting. pages 209–216.
Pulungan. 2013. Persepsi Mahasiswa Terhadap IFRS dan Kompetensi Mahasiswa dalam Memahami dan Mengaplikasikan IFRS. Jurnal Akuntansi dan Manajemen Jilid 8 Terbitan 1 29-38. Politeknik Negeri Malang.
Saretta. 2019. Pentingnya Memahami PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan). https://www.cermati.com/artikel/pentingnya-memahami-psak-pernyataan-standar-akuntansi-keuangan. 15 April 2020. 09.39
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D), Alfabeta. Bandung.
Undang-Undang Republik Indonesia, 2005, Tentang Guru dan Dosen. http://sindikker.dikti.go.id. Diakses pada 03 Maret 2017 pukul 20.24
Utami,Nadhia Riesthi Putri,2012, Pengaruh Status Perguruan Tinggi, Status Mahasiswa, Kecerdasan Emosional, dan Persepsi Mahasiswa Mengenai Kompetensi Dosen Terhadap Pemahaman IFRS Pada Mahasiswa Akuntansi Kota Semarang, Skripsi, Universitas Diponogoro, Semarang.
Wahyuni, Ersa Tri. 2020. Overview PSAK Terbaru dan SAK Outlook 2020. https://iaijawatimur.or.id/storage/app/uploads/public/5e3/ce3/c07/5e3ce3c078ad3061862307.pdf. 25 Maret 2020 (10.07)
Wahyuni, Nurseffi Dwi. 2009. Konvergensi IFRS Berlaku 2012. http://finance.detik.com. 16 April 2020 (10:35).
Wibowo, 2007, Manajemen Kinerja, PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Zeghal, D., & Mhedhbi, K. (2006). An analysis of the factors affecting the adoption of international accounting standards by developing countries. The International Journal of Accounting, 41, 373–386. https://doi.org/10.1016/j.intacc.2006.09.009.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta
- Hak cipta terhadap artikel yang diterbitkan di BALANCE: Economic, Business, Management, and Accounting Journal adalah penerbit atau BALANCE: Economic, Business, Management, and Accounting Journal.
- Penulis harus menyerahkan hak cipta pada jurnal dengan menandatangai dan mengirimkan form penyerahan hak cipta (template) melalui email balance@um-surabaya.ac.id.
- Penulis dapat menyebarluaskan artikelnya melalui media manapun.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.