Analisis Potensi Pasar Internasional Sambal Kemasan Dede Satoe Surabaya dengan Pendekatan Bisnis Model Kanvas
DOI:
https://doi.org/10.30651/blc.v20i2.19596Abstrak
Dengan kondisi persaingan bisnis yang dinamis, sebuah bisnis perlu untuk menganalisis kembali kondisi perusahaan secara internal dan pasar yang ada (existing market) atau market baru (potential market). Dalam konteks bisnis, mengkaji ulang bisnis model untuk menganalisis kondisi internal perusahaan merupakan hal yang harus dilakukan secara berkala. Hal tersebut merupakan konsekuensi dari kondisi industri yang dinamis, kondisi pasar bergeser, dan juga sebagai acuan dan langkah antisipatif dan adaptif dalam menjalankan bisnis. Penelitian ini menganalisis kondisi internal perusahaan dan mengidentifikasi pasar yang ada (existing market) atau market baru (potential market) dengan metode kualitatif studi kasus melalui pendekatan model bisnis kanvas agar perusahaan lebih fokus pada target konsumen tertentu. Hasil dari penelitian ini berupa rumusan Model Bisnis Kanvas yang baru untuk menjangkau pasar internasional, pemetaan aktivitas operasional yang dapat dikembangkan UKM Dede Satoe Surabaya untuk menjangkau target pasar baru, pemetaan negara-negara potensial yang dapat menjadi jangkauan segementasi pasar baru, dan menambahkan 8 (delapan) rekomendasi strategi untuk melakukan penetrasi pasar yang dapat menjadi rujukan pemilik UKM Dede Satoe Surabaya
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta
- Hak cipta terhadap artikel yang diterbitkan di BALANCE: Economic, Business, Management, and Accounting Journal adalah penerbit atau BALANCE: Economic, Business, Management, and Accounting Journal.
- Penulis harus menyerahkan hak cipta pada jurnal dengan menandatangai dan mengirimkan form penyerahan hak cipta (template) melalui email balance@um-surabaya.ac.id.
- Penulis dapat menyebarluaskan artikelnya melalui media manapun.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.