Nilai Perusahaan Sektor Consumer Cyclical Era Pandemic: Diantara Faktor Determinan yang Mempengaruhi
DOI:
https://doi.org/10.30651/blc.v20i1.15563Kata Kunci:
investment decision, dividend policy, profitability, firm size, firm value, keputusan investasi, kebijakan dividen, profitabilitas, ukuran perusahaan, nilai perusahaanAbstrak
ABSTRACTÂ
This study intends to test and analyze the factors that affect firm value, namely investment decisions, dividend policy, profitability and company size during a pandemic. This research uses data from 14 companies in the cyclical consumer sector during the first quarter of 2020 to the second quarter of 2022, which are listed on the Indonesia Stock Exchange. This study used a quantitative approach. Purposive sampling was taken as the sampling method. The method of data analysis in this study is multiple linear regression analysis. The results of this study are dividend policy has a significant positive effect on firm value, whereas investment decisions, profitability, and fit size have no significant impact on firm value. This research implies that during the Covid pandemic, dividend distribution to investors is one of the solutions to increase the value of cyclical consumer companies.
ABSTRAK
Penelitian ini bermaksud untuk menguji dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan yaitu keputusan investasi, kebijakan dividen, profitabilitas dan ukuran perusahaan selama pandemi. Penelitian ini menggunakan data dari 14 perusahaan sektor consumer cyclical selama triwulan pertama 2020 sampai triwulan kedua tahun 2022 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, purposive sampling diambil sebagai metode pengambilan sampel. Metode analisis data pada penelitian ini ialah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah kebijakan dividen berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan sedangkan, keputusan investasi, profitabilitas, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Implikasi dalam penelitian ini adalah pada masa pandemi covid, pembagian dividen kepada investor menjadi salah satu solusi untuk dapat meningkatkan nilai perusahaan consumer cyclical.
Referensi
Aru, Y. A. P., & Listyorini Wahyu Widati. (2022). Profitabilitas, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan di BEI. Kompak :Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi, 15(1), 110–121. https://doi.org/10.51903/kompak.v15i1.623
Rahayu, A. C., Ekspansi Jangka Panjang Tunas Ridean. Kontan, 26 Juni, 2020.
Anisa, N., Hermuningsih, S., Maulida, A. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Kebijakan Dividen dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan: Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Food And Beverages. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal. 4, 14–35. https://doi.org/10.47476/reslaj.v4i2.707
Anonim. (2019). Ingin Berinvestasi? Pahami Risikonya, Dapatkan Keuntungannya. Otoritas Jasa Keuangan https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10419 diakses 10 April 2022
Awal, S. (2022). Mengenali Consumer cyclical Stock Dan Non Cyclical Stock. Stockbit https://snips.stockbit.com/investasi/consumer-cyclical diakses 10 April 2022
Azmi, N., Isnurhadi, I., & Hamdan, U. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei. Jembatan, 15(2), 95–108. https://doi.org/10.29259/jmbt.v15i2.6657
Darmawan. (2018). Manajemen Keuangan: Memahami Kebijakan Dividen Teori dan Praktiknya di Indonesia. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Esquivias, M. A., Sugiharti, L., Rohmawati, H., & Sethi, N. (2021). Impacts and Implications of a Pandemic on Tourism Demand in Indonesia. Economics and Sociology, 14(4), 133–150. https://doi.org/10.14254/2071-789X.2021/14-4/8
Fitiriawati, F. D., Wulandari, R., & Sari, A. R. (2021). Analisis Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan Dan Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 9(1). https://doi.org/10.21067/jrma.v9i1.5469
Fatihudin,D.(2020) Metode Penelitian untuk ilmu ekonomi, Manajemen dan Akuntansi ; dari Teori ke Praktek. Zifatama Publisher Sidoarjo.
Hasibuan, M., Syafitri, M., Wulandari, S., & Maytara, V. (2022). Pengaruh Ukuran perusahaan, Leverage, Kebijakan Dividen, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan: Studi Pada perusahaan manufaktur Sektor Food And Beverages. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal. 4, 14–35. https://doi.org/10.47476/reslaj.v4i2.707
Hidayat, I., & Khotimah, K. (2022). Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan sub sektor kimia. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 10(1), 1–8. https://doi.org/10.37641/jiakes.v10i1.1175
Hanafi, M. (2018). Manajemen Keuangan (Edisi 2). BPFE-Yogyakarta
Ibnu. (2021). Economies Scal Adalah: Konsep, Sumber, Jenis, dan Manfaat. PT Cipta Piranti Sejahtera. https://accurate.id/ekonomi-keuangan/economies-scale-adalah/ diakses 18 Oktober 2022
Jaya, I. (2021). Penguatan Sistem Kesehatan dalam Pengendalian Covid-19. Ditjen P2P Kementerian Kesehatan http://p2p.kemkes.go.id/penguatan-sistem-kesehatan-dalam-pengendalian-covid-19/ diakses 18 Oktober 2022
Lambey, R. (2021). The The Effect Of Profitability, Firm Size, Equity Ownership And Firm Age On Firm Value (Leverage Basis): Evidence from the Indonesian Manufacturer Companies. Archives of Business Research, 9(1), 128–139. https://doi.org/10.14738/abr.91.9649
Meivinia, L. (2018). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Suku Bunga Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 380–393.
Nila, L., & Suryanawa, I. K. (2018). Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 23(3), 2145–2174.
Nurlatifah, S. (2021). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Otomotif (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017 Sampai 2019). Jurnal Akuntansi Dan Bisnis Krisnadwipayana, 8(3). https://doi.org/10.35137/jabk.v8i3.594
Nwamaka, O. C., & Ezeabasili, P. (2017). Effect of Dividend Policies on Firm Value: Evidence from quoted firms in Nigeria. International Journal of Management Excellence, 8(2), 956–967. https://doi.org/10.17722/ijme.v8i2.892
Pipit Ika Ramadhani, Trivia Saham: Mengenal Sektor Consumer cyclical dan Non Cyclical. Liputan6, 10 Juli 2022 https://www.liputan6.com/saham/read/5009729/trivia-saham-mengenal-sektor-consumer-cylical-dan-non-cylical
Laporan Keuangan (Jakarta). 2020, hal. 4.
Revinka, S. (2021). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sebelas Sektor Di Bursa Efek Indonesia (Bei). Jurnal Acitya Ardana, 1(2), 145–163. https://doi.org/10.31092/jaa.v1i2.1334
Saefurrohmat, Y., Norisanti, N., Danial, M. D. (2022). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Pada Masa Pandemi Covid-19. Management Studies and Enterpreneurship Journal, 3(3),214–221. https://yrpipku.com/journal/index.php/msej/article/view/360
Tarmadi Putri, K. A., & Mardenia, L. (2019). Pengaruh Gcg, Csr, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Wahana Akuntansi, 14(2), 156–169. https://doi.org/10.21009/wahana.14024
Hidayat, I., Arfan. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Solvabilitas, Keputusan Investasi Dan Kebijakan Hutang Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020. Jurakunman, 15(1).
www.jurakunman.stiesuryanusantara.ac.id
Wedari, L. K. (2021). Agency Theory dan Agency Problem. Binus Higher Education https://binus.ac.id/bekasi/accounting-technology/2021/12/10/agency-theory-dan-agency-problem/ diakses tanggal 21 Oktober 2022
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta
- Hak cipta terhadap artikel yang diterbitkan di BALANCE: Economic, Business, Management, and Accounting Journal adalah penerbit atau BALANCE: Economic, Business, Management, and Accounting Journal.
- Penulis harus menyerahkan hak cipta pada jurnal dengan menandatangai dan mengirimkan form penyerahan hak cipta (template) melalui email balance@um-surabaya.ac.id.
- Penulis dapat menyebarluaskan artikelnya melalui media manapun.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.