Analisis Perspektif Mahasiswa Pada Penerapan Kertas Kerja ATLAS (Audit Tool And Linked Archive System)

Penulis

  • Agus Sumanto Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Mega Rosdiana Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/blc.v20i1.14694

Kata Kunci:

Working paper, ATLAS, audit, Kertas Kerja, Audit

Abstrak

ABSTRACT

In the era of digitalization, auditors must keep up with the times. The "Financial Profession Development Center (P2PK)" has released the Microsoft Excel-based "ATLAS (Audit Tools and File Link System)" application. The purpose of the research was to find student perspectives on implementing the ATLAS application in the digital era. Later, this web-based application is expected to help "Certified Public Accountants (CPA)" and "Public Accountant Offices (KAP)" meet the audit requirements criteria. The application of these professional standards is documented in audit working papers supervised by the Ministry of Finance as documents reviewed by "P2PK (Center for Monitoring and Development of Finance)". As the "ATLAS (Audit Tools and Link Filing System)" application continues to grow, users of all levels, from accounting students taking audit internship courses to junior auditors, and senior auditors, from auditing frameworks to CPA partners, should use it. The discussion of this study is intended to assess the perceptions of UWKS accounting students regarding the "audit and implementation of the linked record system (ATLAS)" tool. This study uses a descriptive-quantitative approach, using a Likert scale to measure student perceptions. Based on the results of statistical tests, we found that there were differences of opinion among students about whether or not it was necessary to apply the ATLAS application in the learning audit practice course at Wijaya Kusuma University, Surabaya. In this sense, manual worksheets are no longer used because the ATLAS application must be applied at the time of the exam.

ABSTRAK

Di masa digitalisasi, auditor harus mengikuti arusperkembangan zaman. “Pusat Pembinaan Profesi Keuangan (P2PK)†telah merilis aplikasi “ATLAS (Audit Tools and File Link System)†berbasis Microsoft Excel. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui perspektif mahasiswa terhadap implementasi aplikasi ATLAS di era digital. Nantinya, aplikasi berbasis web ini diharapkan dapat membantu “Certified Public Accountants (CPA)†dan “Kantor Akuntan Publik (KAP)â€memenuhi kriteria persyaratan audit. Penerapan standar profesi tersebut didokumentasikan dalam kertas kerja audit yang diawasi oleh Kementerian Keuangan sebagai dokumen yang ditelaah oleh “P2PK (Pusat Pemantauan dan Pengembangan Keuangan)â€. Karena aplikasi “ATLAS (Audit Tools and Link Filing System)†terus berkembang, pengguna di semua tingkatan, mulai dari mahasiswa akuntansi yang mengambil kursus magang audit, auditor junior, auditor senior, dari kerangka kerja audit hingga mitra CPA harus menggunakannya. Pembahasan studi ini ditujukan untuk dapatmenilai persepsi mahasiswa akuntansi UWKS mengenai alat “audit dan implementasi linked record system (ATLAS)â€. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kuantitatif, dengan menggunakan skala Likert untuk mengukur persepsi mahasiswa. Berdasarkan hasil uji statistik, kami menemukan bahwa ada perbedaan pendapat di antara para mahasiswa tentang perlu atau tidaknya penerapan aplikasi ATLAS dalam mata kuliah praktik audit pembelajaran di Universitas Wijaya Kusuma, Surabaya. Dalam pengertian ini, kertas kerja manual tidak lagi digunakan, karena aplikasi ATLAS harus diterapkan pada saat ujian

Referensi

Akbar, R. F. (2015). Analisis Persepsi Pelajar Tingkat Menengah Pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus. Edukasia. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(1), 189–210. https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i1.791

Caesar Krismonanda , Shinta Widyastuti, R. N. (2021). Analisis Penerapan Audit Tools and Linked Archives System (ATLAS) Terhadap Proses Audit Laporan Keuangan (Studi Kasus pada Kantor Akuntan Publik Wisnu dan Katili). Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Akuntansi (JPENSI), 6(3), 241–254. http://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/jpensi

Deviyanti, L. P., Purnamawati, I. G. A., Eka, utu A., & Y. (2017). SAHAM DI PASAR MODAL ( Studi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha. 1(1).

Duncan, B., & Whittington, M. (2014). Compliance with standards, assurance and audit: Does this equal security? ACM International Conference Proceeding Series. 77–84. https://doi.org/10.1145/2659651.2659711

Gao, P., & Zhang, G. (2018). Auditing Standards, Professional Judgment, and Audit Quality. Journal of International Accounting Research, 90(4). Journal of International Accounting Research, 90(4), 1395–1435.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete (Dengan Program IBM SPSS 23). Penerbit Universtas Diponegoro Semarang.

Habib, A. (2015). The new Chinese accounting standards and audit report lag. International Journal of Auditing, 19(1), 1–14. https://doi.org/10.1111/ijau.12030

Sugiharto, M. S., Anugrah, K. B., Putri, L. A., Wandira, & Putri, D. M. (2019). Analisisi Perspektif Mahasiswa pada Penerapan Kertas Kerja ATLAS di Era Digital. Journal of Islamic Accounting and Tax, 4(1), 1–8. http://journal.umg.ac.id/index.php/tiaa

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis Pendeketan Kuatitatif, Kualitatif, Kombinasi, Dan R&D. Alfabeta.

Titera, W. R. (2013). Updating audit standard-enabling audit data analysis. Journal of Information Systems, 27(1), 325–331. https://doi.org/10.2308/isys-50427

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-25

Terbitan

Bagian

Artikel