Analisis Pengembangan Profesionalisme Guru SMK

Penulis

  • Hafidzulloh Hafidzulloh STIE YAPAN Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/blc.v19i2.13451

Kata Kunci:

Pendidikan, Pengembangan Profesi, Guru SMK

Abstrak

Pendidikan memegang peranan penting dalam mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM), yaitu dengan menghasilkan para siswa yang berkualitas. Masih banyak guru yang memiliki kemampuan yang rendah dalam memahami mata pelajaran yang diajarkan. Penelitian bertujuan menganalisa pengembangan profesionalitas guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah semua guru SMK dibawah naungan LP Ma’arif Surabaya sebanyak 163 orang, data yang masuk dan dianalisa secara kuantitatif dengan menggunakan SEM. Hasil penelitian ini diperoleh hasil bahwa indikator menciptakan karya tulis lebih tinggi jika dibandingkan indikator mengadakan penelitian, menemukan teknologi, membuat bimbingan dan indikator pengembangan  kurikulum paling rendah dalam pengembangan profesi guru SMK. Pengembangan profesi guru SMK diperlukan keterlibatan semua yang mempunyai tanggung jawab melakukannya adalah kewajiban pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Keberhasilan dalam pengembangan profionalisme guru juga ditentukan beberapa faktor lainnnya diantaranya peran kepemimpinan kepala sekolah.

Referensi

——–. Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Mendiknas.

——–. Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Mendiknas.

Alfandi, A.M., dan M.S. Alkahsawneh. 2014. The Role of the Incentives and Reward System in Enhancing Employee's Performance “A Case of Jordanian Travel and Tourism Institutions". International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 4(4):326-341

Aqib, Z. 2007. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Yrama Widya. Bandung

Arifin, M., dan Barnawi. 2012. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Ar-Ruzz Media. Jakarta

Bharata, A. 2016. The Influence of Compensation and Training Toward Work Discipline and Its Impact on The Employees’ Performance In The Research Center of Science and Technology Puspiptek). Journal The Winners, 17(1): 1-8

Depdiknas, 2003, Undang-undang RI No.20 Tahun 2003 tentang SistemPendidikan Nasional. Lembaran Negara Jakarta: Mendiknas

Depdiknas, 2005, Undang-undang RI No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Lembaran Negara. Jakarta: Mendiknas

Dewi, T. A. 2015. Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Ekonomi Sma Se-Kota Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Um Metro, 3(1): 24-35

Ditjend. Dikdasmen, 2000. Rambu-rambu penilaian kinerja SLTP– SMU. Dikdasmen Depdiknas RI. Jakarta

Ferdinand, A, 2002. Structural Equation Modeling dalam penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Hasbullah, R., dan A. Moeins. 2016. The Influnceof Professionalism, Achievement Motivation And Empowerment Against The Work Discipline And Its Implication On Teacher Performance: Empirical Study On High School Teachers In Karawang Regency. International Journal Of Business And Commerce 5(6): 18-36

Lidyawati, K.A. 2014. Pengaruh Pengembangan Profesi, Iklim ekolah Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. e-Jurnal Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja 4(1)

Luthans, F. 2008. Perilaku Organisasi. Edisi Sepuluh. Penerbit Andi. Yogyakarta

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta

Mulyasa, E. 2009. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. PT Remaja Rosdakarya. Bandung

Rahman, A. 2014. Peningkatan Disiplin Kerja Guru Di Sekolah Dasar Yayasan Mutiara Gambut. Jurnal Administrasi Pendidikan 2(1): 1-9

Schermerhorn, J.R. 2010. Introduction to Management 10th Edition. Hoboken, John Wiley & Sons Asia International Student Verson.

Sejati, H.D., A. Komariah dan Abubakar. 2016. Pengaruh Insentif Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Negeri Sipil di PPPPTK dan PLB. Bandung. Jurnal ADPEND.

Siagian, S.P. 2005. Teori, Motivasi dan Aplikasinya. Cetakan Kedua. Rineka Cipta. Jakarta

Stanley, E.O. 2014. Discipline and Academic Performance (A Study of Selected secondary Schools in Lagos, Nigeria). International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development 3(1)

Sudiman. 2014. Pengaruh Program Pengembangan Profesi Guru Dan Inovasi Pembelajaran Terhadap Kinerja Guru (Studi pada MA se-Kota Tasikmalaya), Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan 2(3)

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung

Sujianto. 2013. Pengembangan Profesionalitas Berkelanjutan/Continuing Professionality Development (CPD) Guru Bersertifikat Pendidik di SMK Rumpun Teknologi se-Malang Raya. JurnalPendidikan Sains, 1( 2): 159-170

Suprianto, S.E., B. Sumarjoko dan Sumardi. 2016. Analisis Pengembangan Profesionalisme Guru Berkelanjutan Di Smk Negeri 2 Sragen. http://eprints.ums.ac.id/40951/1/ARTIKEL%20PUBLIKASI.pdf. Diakses 20 Apr 2017 (10:56)

Susilo, M. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 5, Cetakan Pertama. BPFE. Yogyakarta

Tohardi, A. 2002. Pemahaman Praktis Manajemen Sumber Daya Manusia. Universitas Tanjung Pura, Mandar Maju. Bandung

Wirawan. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia : Teori Aplikasi dan Penelitian. Salemba Empat. Jakarta

Zainal, A. dan R. Elham. 2007. Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah. CV. Yrama Widya. Bandung

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-20

Terbitan

Bagian

Artikel