PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN KARAKTERISTIK PEMBELI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE

Penulis

  • Diah Isnaini Asiati Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Mrs Eljalina Universitas Muhammadiyah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.30651/blc.v14i02.1331

Abstrak

ABSTRACT 

                The purpose of this study is to determine the effect of marketing bauran and characteristics of consumer to online purchasing decisions. The study was developed using associative design. Marketing bauran and buyer characteristics are developed into five variables, namely product, price, channel, learning, and trust associated with online purchasing decisions. Samples were used for 100 respondents taken by purposive sampling. The main data needed is the primary data with questionnaire data collection method. The data were analyzed using multiple linear regression technique.

The results of hypothesis testing proves that together all the variables give significant influence. Partially, however, only learning and trust variables show significant influence on online purchasing decisions.

Keywords : product, price, place, learning, belief, buying decision

Correspondence to : diah_isnaini@yahoo.com

 

ABSTRAK 

             Tujuan penelitian in adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran dan karakteristik pembeli terhadap keputusan pembelian online. Penelitian dikembangkan menggunakan disain asosiatif. Bauran pemasaran dan karakteristik pembeli dikembangkan menjadi lima variabel, yaitu produk, harga, saluran, pembelajaran, dan kepercayaan yang dihubungkan dengan keputusan pembelian online. Sampel digunakan sebesar 100 responden yang diambil secara purposive sampling. Data utama yang diperlukan adalah data primer dengan metode pengumpulan data kuesioner. Data tersebut dianalisis menggunakan teknik regresi linier berganda.

Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa secara bersama-sama semua variabel memberikan pengaruh signifikan. Akan tetapi secara parsial, hanya variabel pembelajaran dan kepercayaan yang menunjukkan pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online.

Kata kunci : produk, harga, saluran, pembelajaran, kepercayaan, pembelian online

Korespondensi : diah_isnaini@yahoo.com

Biografi Penulis

Diah Isnaini Asiati, Universitas Muhammadiyah Palembang

Fakultas Ekonomi

Mrs Eljalina, Universitas Muhammadiyah Palembang

Fakultas Ekonomi

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Yogyakarta. Penerbit Rineka Cipta.

Firmansyah, M. A., & Mahardhika, B. W. (2015). Pengaruh Strategi Marketing Mix (Produk, Harga, Promosi Dan Distribusi) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Batik Di Surabaya. Balance, 12(02).

Hasan, Iqbal. 2013a. Statistik 1. Jakarta. Bumi Aksara.

Hasan, Iqbal. 2010b. Pokok-pokok materi statistik 2. Jakarta: Bumi Aksara

Husein, Umar. 2005. Riset pemasaran dan kepuasan konsumen. Jakarta: Gramedia

Jain, Dipti, Sonia Guswarni, Shipra Bhutani. 2014. Consumer Behavior toward Online Shopping : An Empirical Study In Delhi. IOSR Journal Business and Management Vol 16 Issue 9 Ver IV : 65-72

Kotler, Amstrong. 2008a. Prinsip-prinsip pemasaran edisi 12 jilid 1.. Jakarta : penerbit Erlangga.

Kotler, Philip & Kevin Lane keller. 2009d. Manajemen pemasaran edisi 13. Jakarta : Erlangga.

Lovelock, Christopher dan Lauren K. Wright.1999. Jakarta : PT Indeks

Mujiyana dan Ingge Elissa. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Via Internet pada Toko Online. Jurnal J@ti UNDIP VIII (3) : 143-152

Rahmawati, Siti Annisa & Ibnu Widiyanto. 2013. Antecedent Keputusan Pembelian Online. Jurnal Manajement Diponegoro. Semarang: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Diponegoro.

Saputri, Marheni Eka. 2016. Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Pembelian Online Produk Fashion pada Zalora Indonesia. Jurnal Sosioteknologi 15 (2): 291-297

Sciffman, Leon dan Leslie Lazar Kanuk.2008. Perilaku Konsumen. Jakarta : PT Indeks

Sugiyono.2016. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung. Penerbit Alfabeta.

Suhari, Yohanes. 2008. Keputusan Membeli Secara Online dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Teknologi Imformasi DINAMIK. Semarang: Program Studi Teknologi Informasi Universitas Stikubank Semarang.

Sumarwan, Ujang. 2014. Perilaku Konsumen, Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi

http/ internet World Stats-www.internetworldstats.com/top20.htm

Widiyanto, Ibnu & Sri Lestari Prasilowati. 2015. Perilaku Pembelian Melalui Internet. Semarang: Program Studi Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Diponegoro.

Unduhan

Diterbitkan

2016-01-25

Terbitan

Bagian

Artikel