PENGEMBANGAN USAHA CINDRAMATA KHAS BENGKULU PADA PENGRAJIN BATIK BASUREK DI KOTA BENGKULU

Penulis

  • Eti Arini Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Mr Islamuddin Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.30651/blc.v13i01.1307

Abstrak

ABSTRACT

Kain Besurek is one of a very potensial treator  bisiness because that is a featured product and cultural preservation  through the work of Nation’s Children especially on Kain Besurek in the Bengkulu Province.

Generally, Kain Besurek  business in Bengkulu is individual companies that describe the conditional of capital, worker  and marketing in the feasibility of business development. Informant in  the research was 20 Batik  Craftsmen in Bengkulu, trying to get accurate and actual data, then the data was discussed and desribed systematicly and concluded as alternative problem solving. Methods of collecting the data were observation and documentation. The purpose of research was to know proper or did not to development typical souvenir in Bengkulu.

Baseed on the research, it coucluded that typical souvenir bisiness In Bengkulu was proper. It spent the time for 4 years, 5 months, 14 days. Based on investation criteria was positive pu of prosess ≥ pu of outlays. Account result was 1 RR = 31,66%. Index profitability was 1,5.

Keywords                   : Cindramata Enterprise Development Of Bengkulu

Correspondence to      : arinieti@gmail.com

 

ABSTRAK 

Kain Basurek merupakan usaha kerajinan yang sangat potensial oleh karena merupakan salah satu produk unggulan dan juga guna pelestarian Budaya melalui hasil-hasil karya anak bangsa khususnya pada Kain Basurek yang hanya ada di Kota Bengkulu.

Usaha Kain Basurek yang ada di Kota Bengkulu pada umumnya merupakan perusahaan perseorangan sehingga dapat menggambarkan kondisi modal, tenaga kerja maupun pemasaranyan dalam melakukan kelayakan pengembangan usaha.  Informan dalam penelitian para  pengrajin batik basurek yang ada di kota Bengkulu sebanyak 20 pengrajin yang ada dikota Bengkulu, dengan menggunakan cara berusaha mendapatkan data yang akurat maupun aktual, data tersebut kemudian dibahas dan di uraikan secara sistematis serta disimpulkan sebagai alternatif pemecahan masalah yang dihadapi.  Metode pengumpulan data  dilakukan dengan  observasi dan dokumentasi, Tujuan penelitian untuk mengetahui layak tidaknya pengembangan usaha Batik Basurek yang Merupaka salah satu cendramata khan Bengkulu.

Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan usaha Batik Basurek  cindramata khas Bengkulu   dinyatakan layak dari hasil perhitungan PP  memakan  waktu selama 4 tahun 5 bulan 14 hari. Ditinjau dari kriteria investasi ini menghasilkan nilai positif dengan hasil perhitungan PU of Procceds lebih besar dari PU Of Outlays. Dari hasil perhitungan di dapat IRR = 31,66%. Nilai profitability indek di dapat dengan nilai 1,5.

Kata Kunci :  Studi Kelayakan  Pengembangan Centra Cindramata Khas Bengkulu

Korespondensi  :  arinieti@gmail.com

Biografi Penulis

Eti Arini, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Prodi Manajemen

Mr Islamuddin, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Prodi Manajemen

Referensi

Arikunto. 1998. Metode Pengambilan Sampel. LPFE UI. 1999

Alex S. Nitisemito dan Umar burhan, 2002, wawasan studi kelayakan dan evaluasi proyek, Yogkarta, Liberti

Basu Swasta, 2000, Saluran Distribusi, Yogyakarta, BPFE UGM

Gunawan Adi Saputra, 2003 Anggaran Perusahaan 2, Yoyakarta, BPFE UGM

Indriyo G, 2005 Manajemen Produksi, Yoyakarta BPFE

Mulyadi P, 2002 Evaluasi Proyek Yogyakarta Liberty

Muhandri, T. 2002. Kewirausahaan, Pengenalan Manajemen Usaha Kecil. Blm diterbitkan

Philip Kotler, 2003 Manajemen Pemasaran, Jakarta Erlangga

Siswanto Sutoyo, 2000, Studi Kelayakan Evaluasi Proyek, Jakarta LPP

Suad Husnan, 2001, Studi Kelayakan Proyek Konsep, Teknik dan Penyusunan Laporan, Yogyakarta BPFE UGM

Safaruddin Alwi, 2002, Alat – alat analisa dalam pembelanjaan, Yogyakarta Andi Offset.

Sukanto, dkk 2000, Manajemen Produksi, Yogyakarta BPFE UGM

Unduhan

Diterbitkan

2016-01-25

Terbitan

Bagian

Artikel