PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA RUMAH SAKIT UMUM KABUPATEN ACEH BARAT DAYA

Penulis

  • Jarliyah Harfika Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Nadiya Abdullah Universitas Muhammadiyah Aceh

DOI:

https://doi.org/10.30651/blc.v14i01.1285

Abstrak

ABSTRACT 

The issue in this study is the influence of service quality and facility on patient satisfaction at Teuku Peukan General Hospital in Southwest Aceh district. The purpose of the study is to investigate the effects of service quality and facility on patient  satisfactionat Teuku Peukan General Hospital in Southwest Aceh district. The sample of study amounted to 97 people while the data was collected through  questionnaires, and documentation study. Multiple linear regressions analysis was conducted to test the hypotheses proposed by using SPSS 21.0 program. The results show that service quality and facility variables affect patient satisfaction at Teuku Peukan General Hospital in Southwest Aceh district, both partially and simultaneously. This study implies that good services to patient will be able to increase patient’s satisfaction. The facility can be assessed through the benefits or what has been provided by the company or any other alternatives perceived. If the facility provided by hospital is adequate and able to meet the wishes of patient, it would have a good impact on advancement and the success of a company

Keywords : Service Quality, Facility, Patient Satisfaction

Correspondence to : nadiyaabdullah01@gmail.com

 

ABSTRAK 

    Permasalahan dalam penelitian ini adalah Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Teuku Peukan Kabupaten Aceh Barat Daya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Teuku Peukan Kabupaten Aceh Barat Daya. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 97 orang dengan pengumpulan data melalui kuesioner/daftar pertanyaan dan studi dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda  data diolah dengan menggunakan program SPSS 21.0. Hasil penelitian berdasarkan uji parsial menunjukan bahwa variabel kualitas pelayanan  berpengaruh terhadap kepuasan pasien pada Rumah Sakit Umum Teuku Peukan Kabupaten Aceh Barat Daya, dan fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat pada Rumah Sakit Umum Teuku Peukan Kabupaten Aceh Barat Daya. Sedangkan hasil penelitian berdasarkan uji simultan menunjukan bahwa antara variabel kualitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan masyarakat  pada  Rumah Sakit Umum Teuku Peukan Kabupaten Aceh Barat Daya. Impikasi penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pelayanan yang baik terhadap pasien maka akan dapat meningkatkan kepuasan para pasien sehingga memberi dampak terhadap kepuasan pasien. Fasilitas dapat diukur melalui manfaat atau dari apa telah disediakan oleh perusahaan atau altenatif yang dirasakan, apabila fasilitas yang disediakan oleh pihak rumah sakit memadai dan bisa memenuhi keinginan para pasien maka akan berdampak baik pula bagi perkembangan dan keberhasilan suatu perusahaan.

Kata Kunci                  : Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan Pasien

Korespondensi             : nadiyaabdullah01@gmail.com

Biografi Penulis

Jarliyah Harfika, Universitas Muhammadiyah Aceh

Fakultas Ekonomi

Nadiya Abdullah, Universitas Muhammadiyah Aceh

Fakultas Ekonomi

Referensi

Kartika Aji Wahyu.(2011). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien (Studi pada Pasien Klinik As Syifa Kab Bekasi)

Khasanah Imroatul dan Pertiwi Octarina Dina. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Rumah Sakit St.Semarang

Kotler, Philip; Keller, Kevin, Lane (2009), Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid pertama, Jakarta : PT Macanan Cemerlang

Lupiyoadi, R dan A, Hamdani (2008), Manajemen Pemasaran Jasa Teori Dan Praktik. Jakarta : Selemba Empat

Malhotra, Naresh (2009) Maeekrting Research :An Applied Orientation, 4th ed, Prentice Hall, Inc

Parasuraman, A.,Zeithaml, V.A. dan Berry, L.L. (2008). Delivering Quality service: Balancing Custumer Perceptions and Exxpections, The free press,New York:NY

Siregar,Sofyan(2010). Statistik Deskriptif untuk Penelitian, Jartaka: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2012).Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta

Sugiyono, ( 2013 ), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: alfabeta

Tjiptono, F (2007), Manajemen Jasa. Yogyakarta :Andy Offset

-------------(2008), Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi II, Yogyakarta: C.V Andy Offset

Setiawan, Ryan Agung. (2014). “Analisis Pengaruh Promoso Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Pelanggan (Studi Kasus : “Waroeng Spesial).

Yamit,Zulian. (2010). Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Yogyakarta. Ekonisia.

Yunus dan Budiyanto. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pelanggan Pada Narita Hotel Surabaya.

Unduhan

Diterbitkan

2017-01-25

Terbitan

Bagian

Artikel