Pengaruh Saluran Distribusi Orientasi Pasar dan Orientasi Pelanggan Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Konveksi Desa Legok

Penulis

  • Metha Karina Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Dewi Komala Sari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.30651/blc.v19i1.11882

Kata Kunci:

Kinerja Pemasaran, Orientasi Pasar, Orientasi Pelanggan, Saluran, Distribution Channel, Customer Orientation, Market Orientation, Marketing Performance

Abstrak

ABSTRACT

This study aims to determine the effect of distribution channels, market orientation, and customer orientation on the marketing performance of convection SMEs in Legok Gempol Village (Study on Convection SMEs in Legok Village, Pasuruan Regency)

This research is a descriptive study using quantitative methods. The data collection technique distributes questionnaires to 130 respondents who are convection business actors in Legok Village. The analytical approach used in this research is multiple linear regression using SPSS (Statistical Program for Social Science) version 21 for windows.

This study proves that the distribution channel variable affects marketing performance, the market orientation variable affects marketing performance, and the customer orientation variable affects the marketing performance of the Legok Village Convection SMEs.

Keywords                    : Distribution Channel; Customer Orientation; Market Orientation; Marketing Performance

Correspondence to      : methakarina189@gmail.com

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh saluran distribusi, orientasi pasar, dan orientasi pelanggan terhadap kinerja pemasaran UMKM konveksi Desa Legok Gempol (Studi pada UMKM Konveksi Desa Legok Kabupaten Pasuruan)

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan data yaitu dengan menyebar kuesioner kepada 130 responden yang merupakan para pelaku usaha konveksi di Desa Legok. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda yang menggunakan program SPSS (Statistical Program for Social Science) versi 21 for windows.

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa variabel saluran distribusi berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, variabel orientasi pasar berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, dan variabel orientasi pelanggan berpengaruh terhadap kinerja pemasaran UMKM Konveksi Desa Legok.

 

Kata Kunci                  : Kinerja Pemasaran; Orientasi Pasar; Orientasi Pelanggan; Saluran

  Distribusi

Biografi Penulis

Metha Karina, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Bekerja di Lembaga Amal Zakat Infaq Shodaqoh Muhammadiyah, Kabupaten pasuruan. sebagai administrasi keuangan.

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, prodi manajemen pemasaran

Referensi

Asashi, Tesa dan I Putu Gede. 2019. “Peran Inovasi Produk Dalam Memediasi Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran.†E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 8(10): 6367.

Azizah, Umi dan Ida Maftukhah. 2017. “Pengaruh Kemitraan Dan Orientasi Pelanggan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing.†Management Analysis Journal 6(2): 221–41.

Dewi, Septiana Novita dan Taupiq Nuzuli. 2017. “Peran Promotional Mix Sebagai Variabel Moderasi Orientasi Pelanggan Dan Orientasi Pesaing Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Empiris Pada Ukm Rumah Makan Di Kabupaten Sragen).†Ekuilibrium : Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi 12(2): 140.

Ferdinand, Augusty. 2000. “Manajemen Pemasaran: Sebuah Pendekatan Stratejik.†Research Paper Series. No. 01/Mark/01/2000: Manajemen Pemasaran, Semarang.

Helia, Renita. Naili Farida dan Prabawani Bulan. 2015. “Pengaruh Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Melalui Inovasi Produk Sebagai Variabel Antara (Studi Kasus Pada IKM Batik Di Kampung Batik Laweyan, Solo).†Journal Of Social And Political Of Science: 1–10.

Kotler, Philip dan Kevin Keller. 2002. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium. Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, Philip dan Kevin Keller. 2009. Prinsip - Prinsip Manajemen Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.

Lestari, Sri Setijasih. Siswandari dan Asri Laksmi Riani. 2015. “Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Kompetensi Aspek Pengetahuan Dan Keterampilan Terhadap Kinerja Pemasaran Di Pengrajin Pande Besi Kabupaten Madiun.†Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi Universitas PGRI Madiun 53(9): 1689–99.

Magdalena, A., Yulianti, P., & Afandi, M. A. (2021). Sales Performance dan Faktor yang Mempengaruhinya. BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 18(2), 22-31.

Muhajir dan Sabri Hasan. 2018. “Analisis Pengaruh Kinerja Saluran Distribusi, Orientasi Pasar, Dan Kualitas Produk Terhadap Kinerja Pemasaran†Paradoks: Jurnal Ilmu Ekonomi 1.

Mulyani, Ida Tri, and Mudiantono Mudiantono. Upaya Meningkatkan Kinerja Pemasaran Melalui Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan dengan Inovasi sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Semarang). Diss. Fakultas Ekonomika dan Bisnis, 2015.

Nasution, Aris Aulia. 2014. “Analisis Kinerja Pemasaran PT. Alfa SCORPH Medan.†Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis 14(1): 1–14.

Nurseto, Sendhang. 2016. “Pengaruh Saluran Distribusi Dan Promosi Terhadap Kinerka Pemasaran.†Jurnal Administrasi Bisnis 5(2): 121–26.

Ogi, Imelda. James Massie dan Adelina Lapian. 2016. “Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Pt. Bpr Prisma Dana Amurang.†Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 4(1): 1330–39.

Pękała, Wladyslaw dan Piotr Szopa. 2012. “Distribution Channels and Their Roles in the Enterprise.†Polish Journal of Management Studies 6: 143–50.

Satwika, Ni Ketut Pertiwi dan Ni Made Wulandari Kusuma Dewi. 2018. “Keunggulan Kompetitif Dan Kinerja Bisnis.†Keunggulan Kompetitif 7(3): 1481–1509.

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-28

Terbitan

Bagian

Artikel