Pendidikan Etika Bisnis Dalam Al Qur’an

Authors

  • Abdul Wahab Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v10i1.8887

Keywords:

Pendidikan, Etika Bisnis, Al Qur’an

Abstract

Produksi dan konsumsi sebagai pendorong bagi manusia dalam memperbaiki kondisi material dan moral dan sebagai sarana untuk mencapai tujuan kesejahteraan, kerap dikaitkan dengan etika. Jika produsen tidak menindahkan etika dalm produksi, maka konsumen akan meninggalkannya. Al-Qur’an memberi atensi etika dalam produksi, distribusi dan konsumsi.

Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, dengan pendekatan deskriptif kualitatif,  melalui telaah dokumen kepustakaan,  analisisnya dengan metode  induktif yakni dari lapangan tertentu yang bersifat khusus, kemudian hasil penelitian tersebut ditafsirkan sebagai kesimpulan untuk membangun  suatu proposisi atau teori yang dapat digeneralisasikan secara luas. Hasil penelitian menunjukan Aktifitas produsen dalam berproduksi harus selalu berdasarkan semangat al-Qur’an, yaitu bahwa semua aktivitas atau perilakunya harus dilakukan dengan bekerja sungguh-sungguh, berlandaskan shari’ah dan rasa iman serta istiqomah di dalamnya. Selain itu, dalam berproduksi seorang produsen harus memperhatikan etika-etika yang sesuai dengan ajaran al-Qur’an. Adapun etika-etika itu antara lain adalah Adanya keadilan dan kesamaan dalam berproduksi. Produksi dilakukan dengan berorientasi pada kesejahteraan ekonomi. Produksi harus dalam batas-batas halal.

References

Asrori, Asrori. "Education Implementation Through Tahfidzul Qur’an Teaching in SMPIT Ar Rayyan Surabaya." Studia Religia (Pemikiran dan Pendidikan Islam) 2.2 (2018): 189-199.

Chepra, M. Umar, Islam and The Economic Challenge Leicester: The Islamic Foundation,1992.

Iqbal, Munawar, Distributive Justice and Need Fulfilment Islamabad: International Institute of Islamic, 1986.

Kahf, Monzer, The Theory of Production Kuala Lumpur: Longman, 1992.

Hadi, Abd, Asrori Asrori, and Rusman Rusman. "Penelitian kualitatif: studi fenomenologi, case study, grounded theory, etnografi, biografi." (2021).

Mannan, M. Abdul, Teori dan Praktek Ekonomi Islam, Ter. Nastangin Yogyakarta: Dana Bakti Wakaf, 1997.

M. Djunaidi Ghony dan Fauzan Almanshur, Metodologi Penelitian Kualitatif, Jogyakarta: Ar Ruzz, 2014.

Mukhtar, Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif, Jakarta: Referensi, 2013.

Metwally, M. M, A Behavioural Model of an Islamic Firm, Kualalumpur: Longman, 1992.

Nabhani, Taqiyuddin, Membangun Sistem Ekonomi Alternatif Perspektif Islam, Ter. Maghfur Wahid, Surabaya: Risalah Gusti, 1995.

Qardhawi, Yusuf, Peran Nilai dan Moral dalam Ekonomi Islam, Ter. Didin Hiduddin dkk, Jakarta: Rabbani Press, 1997.

Sukirno, Sadono, Pengantar Teori Ekonomi Mikro Jakarta: Raja Grafindo, 2009.

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D Bandung:Alfabeta, 2014.

Siddiqi, Muhammad N, Muslim Economic Thinking, Leicester: The Islamic Foundation, 1998.

Published

2021-05-25

Issue

Section

Editorials