Pendidikan Etika Bisnis Dalam Al Qur’an
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v10i1.8887Keywords:
Pendidikan, Etika Bisnis, Al Qur’anAbstract
Produksi dan konsumsi sebagai pendorong bagi manusia dalam memperbaiki kondisi material dan moral dan sebagai sarana untuk mencapai tujuan kesejahteraan, kerap dikaitkan dengan etika. Jika produsen tidak menindahkan etika dalm produksi, maka konsumen akan meninggalkannya. Al-Qur’an memberi atensi etika dalam produksi, distribusi dan konsumsi.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, dengan pendekatan deskriptif kualitatif,  melalui telaah dokumen kepustakaan,  analisisnya dengan metode  induktif yakni dari lapangan tertentu yang bersifat khusus, kemudian hasil penelitian tersebut ditafsirkan sebagai kesimpulan untuk membangun suatu proposisi atau teori yang dapat digeneralisasikan secara luas. Hasil penelitian menunjukan Aktifitas produsen dalam berproduksi harus selalu berdasarkan semangat al-Qur’an, yaitu bahwa semua aktivitas atau perilakunya harus dilakukan dengan bekerja sungguh-sungguh, berlandaskan shari’ah dan rasa iman serta istiqomah di dalamnya. Selain itu, dalam berproduksi seorang produsen harus memperhatikan etika-etika yang sesuai dengan ajaran al-Qur’an. Adapun etika-etika itu antara lain adalah Adanya keadilan dan kesamaan dalam berproduksi. Produksi dilakukan dengan berorientasi pada kesejahteraan ekonomi. Produksi harus dalam batas-batas halal.
References
Asrori, Asrori. "Education Implementation Through Tahfidzul Qur’an Teaching in SMPIT Ar Rayyan Surabaya." Studia Religia (Pemikiran dan Pendidikan Islam) 2.2 (2018): 189-199.
Chepra, M. Umar, Islam and The Economic Challenge Leicester: The Islamic Foundation,1992.
Iqbal, Munawar, Distributive Justice and Need Fulfilment Islamabad: International Institute of Islamic, 1986.
Kahf, Monzer, The Theory of Production Kuala Lumpur: Longman, 1992.
Hadi, Abd, Asrori Asrori, and Rusman Rusman. "Penelitian kualitatif: studi fenomenologi, case study, grounded theory, etnografi, biografi." (2021).
Mannan, M. Abdul, Teori dan Praktek Ekonomi Islam, Ter. Nastangin Yogyakarta: Dana Bakti Wakaf, 1997.
M. Djunaidi Ghony dan Fauzan Almanshur, Metodologi Penelitian Kualitatif, Jogyakarta: Ar Ruzz, 2014.
Mukhtar, Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif, Jakarta: Referensi, 2013.
Metwally, M. M, A Behavioural Model of an Islamic Firm, Kualalumpur: Longman, 1992.
Nabhani, Taqiyuddin, Membangun Sistem Ekonomi Alternatif Perspektif Islam, Ter. Maghfur Wahid, Surabaya: Risalah Gusti, 1995.
Qardhawi, Yusuf, Peran Nilai dan Moral dalam Ekonomi Islam, Ter. Didin Hiduddin dkk, Jakarta: Rabbani Press, 1997.
Sukirno, Sadono, Pengantar Teori Ekonomi Mikro Jakarta: Raja Grafindo, 2009.
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D Bandung:Alfabeta, 2014.
Siddiqi, Muhammad N, Muslim Economic Thinking, Leicester: The Islamic Foundation, 1998.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ