Implementasi Metode Tajdied Dalam Meningkatkan Kualitas Tahfidz Al-Quran Juz 30, 29, Dan 1 di SD Fajrul Islam Pekalongan
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v10i1.8478Abstract
Menghafal al-Qur’an sekarang terasa begitu mudah dengan berbagai metode yang mengadopsi perubahan gaya hidup masyarakat. Ini sangat menggembirakan sehingga tidak didominasi kalangan pesantren saja, tapi semua kalangan bisa menjadi penghafal asal ada niat dan kesungguhan. Rumusan masalah penelitian ini, Pertama, Bagaiman pengembangan potensi dan kualitas tahfidz. Kedua, Bagaimana implementasi metode tajdied dalam menunjang kualitas menghafal. Ketiga, Apa faktor pendukung dan penghambat implementasi metode tajdied dalam menghafal al-quran Juz 30, 29, dan 1 di SD Fajrul Islam Pekalongan. Penelitian ini masuk pada kategori kualitatif, pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi, dengan menggunakan reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : proses pembelajaran menggunakan one day one maqro’ hijaz. Pelaksanaan kegiatan : setoran hafalan, murajaah, munaqosah, dan wisuda akbar. Faktor pendukung yang ditemukan : menggunakan quran rasm ustmani dilengkapi penanda maqro’ hijaz, tutorial murottal hijaz dalam berbagai bentuk, seperti youtobe, MP4, MP3, serta group diskusi melalui media sosial, target hafalan perjenjang, penghargaan, manajemen waktu, dan munaqosah virtual (pada masa pandemi covid-19). Faktor penghambat : belum tersedia seri lengkap quran rasm ustmani dengan penanda nada hijaz, kejenuhan dalam masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), kurang mampu mengatur waktu antara tugas sekolah dan menghafal, lemahnya motivasi keluarga dan lingkungan sosial, kondisi lingkungan rumah yang kurang nyaman, dan keterbatasan kuota internet.Downloads
Published
2021-05-25
Issue
Section
Editorials
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ