Pengaruh Aplikasi Metode Discovery Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTs Pondok Pesantren Salman Al-Farisi Karanganyar Solo

Authors

  • Muhammad Hambal Program Pascasarjana Prodi Pendidikan Islam, Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Muhammad Fathul Khoiruddin

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v9i2.6757

Keywords:

Aplikasi, Discovery, Learning, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas bagaimanakah pelaksanaan metode Discovery Learning di MTs Pondok Pesantren Salman Al-Farisi Karanganyar Solo; dan adakah pengaruh metode Discovery Learning terhadap motivasi belajar siswa yang dilaksanakan di MTs Pondok Pesantren Ssalman Al-Farisi Karanganyar Solo. Adapun bentuk penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan populasi, karena yang diteliti adalah semua siswa kelas VII di MTs Pondok Pesantren Salman Al-Farisi Karanganyar Solo. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan tehnik pengumpulan data berupa observasi, interview (wawancara), dokumentasi, dan angket. Untuk mengetahui pelaksanaan metode Discovery Learning dan motivasi belajar siswa penulis menggunakan rumus prosentase, sedangkan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode Discovery Learning terhadap motivasi belajar siswa penulis menggunakan rumus product moment (rxy). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh aplikasi metode Discovery Learning terhadap motivasi belajar siswa dengan skor 0.077. Jika dilihat pada tabel interpretasi nilai “r†product moment berada pada rentang 0.00 – 0.20 yang berarti antara variabel x dan varibel y terdapat korelasi yang sangat lemah atau sangat rendah (dianggap tidak ada korelasi di antara keduanya).

References

Asri, Budiningsih, C (2005), Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Dalyono, M. (1996), Psikologi Pendidikan, Semarang: Rineka Cipta.

Gulo, W. (2002), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Grasindo.

Margono (1997), Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineke Cipta.

Muhaimin (2002), Paradigma Pendidikan Islam, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nurhadi, dkk (2004), Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Malang: Universitas Negeri Malang.

Sarwono, Sarlito Wirawan (2003), Teori-Teori Psikologi Sosial, Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto (2003), Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Suprihatiningrum, Jamil (2013), Strategi Pembelajaran, Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Syah, Muhibbin (2004), Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Syaiful Bahri, Djamarah, & Aswan Zain (2002), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Published

2020-12-14

Issue

Section

Editorials