Model Pembelajaran Online Untuk Pengembangan Karakter Sabar Berbasis Neurosains Bagi Siswa Terdampak Social Distancing Akibat Pandemic Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v10i2.5490Keywords:
Media pembelajaran, Pembelajaran online, Neurosains, Covid-19, Kesabaran,Abstract
Kasus baru tentang covid-19 yang menjerat siswa untuk belajar online yang mengembangkan karakter kesabaran bagi siswa dalam menghadapi pandemic social distancing akibat covid-19 akibatnya banyaknya siswa yang harus terjerat belajar secara online tanpa tatap muka. Dalam hal ini siswa harus mengembangkan karakter kesabaran. Tujuan penelitian ini untuk melihat perkembangan kesabaran siswa dalam melewati social distancing. Hasil penelitian menunjukan bahwa karakter kesabaran berbasis neurosains sangat baik bagi siswa. Model pembelajaran online ini berpotensi mengembangkan karakter kesabaran bagi siswa dalam melakukan proses belajar jarak jauh dengan cara mampu menerapkan teknologi informasi secara efektif.
References
adz-Dzaky, M., Hamdani, Bakran. Konseling Dan Psikoterapi Islam Penerapan Metode Sufistik. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru, 2002.
Asnawir, Usman Basyiruddin. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers, 2002.
Azhar, Arsyad. Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada, 1996.
Barry, Mazin, Maha Al Amri, and Ziad A. Memish. “COVID-19 in the Shadows of MERS-CoV in the Kingdom of Saudi Arabia.†Journal of Epidemiology and Global Health 10, no. 1 (2020): 1–3. https://doi.org/10.2991/jegh.k.200218.003.
Ilyas. Kuliah Akhlak. Yogyakarta: LPPI, 2004.
Kuntowijoyo. Muslim Tanpa Masjid: Esai-Esai Agama, Budaya, Dan Politik Dalam Bingkai Strukturalisme Transendental. Bandung: Mizan, 2001.
Mubarok, Achmad. Solusi Krisis Keruhanian Manusia Modern: Jiwa Dalam Al-Qur’an. Jakarta: Paramadina, 2000.
Najamuddin. “Kesabaran Dan Kesehatan Mental Dalam Bimbingan Konseling†10, no. 1 (2018): 241–72.
Nasution, Harun. Akal Dan Wahyu. Jakarta: UI Press, 1986.
Nasution, Harun. Islam Ditinjau Dari Berbagai Aspeknya. Jakarta: UI Press, 1985.
Noer. “Pengaruh Media Online Sebagai Sumber Belajar Sebagai Presti Belajar Siswa Pada Pendidikan Agama Islam Di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya,†2018.
Pasiak, Taufik. “Model Penjelasan Spiritualitas Dalam Konteks Neurosains.†Yogyakarta, 2009.
Smith, A. W., Freedman, D.O. “Isolation, Quarantine, Social Distancing and Community Containment: Pivotal Role for Old-Style Public Health Measures in the Novel Coronavirus (2019-NCoV) Outbreak.†. . Journal of Travel Medicine, 2020.
Suyadi. “Pendidikan Islam Dan Neurosains.†In Prosiding Konferensi Nasional Ke-6 (APPPTMA), 2017.
Tafsir, Ahmad. Filsafat Pendidikan Islami, Integrasi Jasmani, Rohani Dan Kalbu, Memanusiakan Manusia. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2006.
Waryani, F.R. “Studi Islam Integratif: Dari Psikologi Islam(i) Ke Integrasi-Interkoneksi Psikologi (IntI-P) Mazhab Jogja, Psikologi Mazhab Keempat.†Yogyakarta: I-Con, 2013.
Zohar, D., Marshal I. Spiritual Intelligence, The Ultimate Intelligence. New York: Bloomsbury, 2000.
Mahmud Yunus, Kamus Arab-Indonesia, Jakarta: Mahmud Yunus Wa Dzurriyyah (2009).
Suyadi. (2017a). Pendidikan Islam Dan Neurosains. In Prosiding Konferensi Nasional Ke-6 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah ’Aisyiyah (APPPTMA) (pp. 93–107).
Taufiq Pasiak, “Konsep Akal dalam Perspektif Neurosains, Kajian Qur’ani dan Implikasinya bagi Penyelenggaraan Pendidikan Islamâ€, Tesis, 2002, Makasar: Program Pascasarjana UIN Alaudin.
Suyadi. (2017b). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ