Pendidikan Tauhid Menurut Ibnu Taimiyah Dan Muhammad Suwaid
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v8i2.4293Abstract
AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali tentang konsep tauhid dan
pembelajarannya menurut Ibnu Taimiyah dan Muhammad Suwaid. Penelitian
iniadalah penelitian kualitatifdengan jenis penelitian pustaka, dan teknik
analisis datanya menggunakan induktif dan deduktif. Temuan penelitian ini
dapat disimpulkan: pertama,Tauẖîd menurut Ibn Taimiyah adalah mengesakan
Allah dalam hal-hal yang menjadi kekhususan Allah, baik dalam rububiyah,
uluhiyah maupun asma‟ dan shifat. Kedua, Hubungan antara ketiga jenis tauẖîd
tersebut adalah dalam bentuk korelatif dan komprehensif. Oleh karena itu,
tauẖîdrububiyah merupakan keharusan dari tauẖîduluhiyah, sedangkan
tauẖîdrububiyah merupakan mukaddimahdari tauẖîduluhiyah.Adapun
tauẖîdasma‟ wa sifat, maka turut terkandung di dalamnya pula kedua jenis
tauẖîd tersebut, artinya orang yang mengesakan Allah dengan segala yang
dimiliki-Nya dari al-asma‟ al-husna dan sifat yang mulia yang tidak dimiliki
kecuali oleh-Nya maka dengan sendirinya ia mengakui tauẖîdrububiyah dan
uluhiyah.Ketiga, metode pendidikan tauẖîd menurut Suwaid, harus melalui
beberapa tahapan pendidikan, yaitu pendiktean, pemahaman, kepercayaan
(i'tiqad), keyakinan, dan pembenaran dengan pengamalan dan pengorbanan.
Hal itu karena pendidikan tauẖîd lebih banyak berkaitan dengan perkaraperkara
yang ghaib yang menuntut untuk lebih mendahulukan keimanan
daripada akal agar menjadi pribadi-pribadi yang bertakwa kepada Allah.
Kata Kunci: Konsep, Tauhid, Ibnu Taimiyah, Suwaid
Downloads
Published
2020-02-12
Issue
Section
Editorials
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ