Metode Mudah Menghafal Al-Qur’an Menurut Dr. Ahmad Salim

Authors

  • Din Muhammad Zakariya Universitas Trilogi Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v8i2.4292

Abstract

Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali tentang urgensi pendidikan
menghafal al-Qur‟an dan bagaimana teori menghafal al-Qur‟an menurut Ahmad
Salim. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian pustaka,
dan teknik analisis datanya menggunakan induktif dan deduktif. Temuan
penelitian ini dapat disimpulkan: pertama,Menghafal al-Qur‟an sangat penting
sebagai fondasi keilmuan di bidang agama dan ilmu lainnya. Ulama
terdahulu mensyaratkan hafalan al-Qur‟an sebagai awal pembelajaran
sebelum mempelajari ilmu-ilmu lain. Menghafalkan al-Qur‟an merupakan
tradisi salaf shalih yang terus diwariskan sampai zaman ini hingga zaman yang
akan datang. Oleh karena itu semangat menghafal harus terus digelorakan di
tengah-tengah umat Islam. Kedua, Teori menghafal al-Qur‟an menurut Ahmad
Salim adalah sebagai berikut: (a) Ikhlas; (b) Membetulkan pengucapan dan
bacaan sebelum menghafal; (c) Menentukan hafalan harian; (d) Memantapkan
hafalan sebelum melanjutkan; (e) Menggunakan satu mushaf untuk Tahfizh; (f)
Menghafal Sambil Memahami Ayat; (g) Mengikat Antara Awal dan Akhir
Surat; (h) Menjaga hafalan dengan muraja‟ah dan mempelajari.

Kata Kunci: Menghafal, al-Qur‟an, Ahmad Salim

Author Biography

Din Muhammad Zakariya, Universitas Trilogi Jakarta

Department of Early Childhood

Published

2020-02-12

Issue

Section

Editorials