Metode Mudah Menghafal Al-Qur’an Menurut Dr. Ahmad Salim
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v8i2.4292Abstract
AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali tentang urgensi pendidikan
menghafal al-Qur‟an dan bagaimana teori menghafal al-Qur‟an menurut Ahmad
Salim. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian pustaka,
dan teknik analisis datanya menggunakan induktif dan deduktif. Temuan
penelitian ini dapat disimpulkan: pertama,Menghafal al-Qur‟an sangat penting
sebagai fondasi keilmuan di bidang agama dan ilmu lainnya. Ulama
terdahulu mensyaratkan hafalan al-Qur‟an sebagai awal pembelajaran
sebelum mempelajari ilmu-ilmu lain. Menghafalkan al-Qur‟an merupakan
tradisi salaf shalih yang terus diwariskan sampai zaman ini hingga zaman yang
akan datang. Oleh karena itu semangat menghafal harus terus digelorakan di
tengah-tengah umat Islam. Kedua, Teori menghafal al-Qur‟an menurut Ahmad
Salim adalah sebagai berikut: (a) Ikhlas; (b) Membetulkan pengucapan dan
bacaan sebelum menghafal; (c) Menentukan hafalan harian; (d) Memantapkan
hafalan sebelum melanjutkan; (e) Menggunakan satu mushaf untuk Tahfizh; (f)
Menghafal Sambil Memahami Ayat; (g) Mengikat Antara Awal dan Akhir
Surat; (h) Menjaga hafalan dengan muraja‟ah dan mempelajari.
Kata Kunci: Menghafal, al-Qur‟an, Ahmad Salim
Downloads
Published
2020-02-12
Issue
Section
Editorials
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ