Pelaksanaan Pembelajaran Al islam menggunakan Metode Resitasi Pada Materi Thaharah di Kelas Vii smp Muhammadiyah 10 Surabaya

Authors

  • Khoirotunnisa Khoirotunnisa Universitas Trilogi Jakarta
  • Hayumuti Hayumuti

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v8i2.4287

Abstract

Abstrak
Di dalam keseluruhan proses pendidikan di sekolah, pembelajaran
merupakan aktifitas yang paling utama untuk mencapai tujuan pendidikan. Salah
satu komponen yang memberikan peran besar adalah penggunaan dan penguasaan
metode pembelajaran yang tepat. Metode yang sering digunakan dalam
pembelajaran khususnya pembelajaran Al-Islam pada materi Thaharah di kelas
VII SMP Muhammadiyah 10 Surabaya adalah metode resitasi. Metode ini
diyakini sangat efektif digunakan dalam proses belajar mengajar yang bisa
meningkatkan pemahaman siswa. Metodepenelitian yang
digunakanadalahpenelitianlapanganyaitupenelitian yang mengungkapkanfakta
yang adadilapangandenganobservasi dan wawancarasertamenggunakan data
keperpustakaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Al-Islam
menggunakan metode resitasi pada materi thaharah di kelas VII SMP
Muhammadiyah 10 Surabaya adalah sebagai berikut:Proses pembelajaran AlIslam

menggunakan metode resitasi pada materi thaharah di kelas VII SMP
Muhammadiyah 10 Surabaya terbagi menjadi tiga tahapan yaitu kegiatan awal
atau pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Faktor-faktor yang
mempengaruhi keberhasilan pelaksanaan pembelajaran Al-Islam menggunakan
metode resitasi pada materi thaharah di kelas VII SMP Muhammadiyah 10
Surabaya adalah faktor internal yang terdiri dari faktor fisiologis dan psikologis.
Faktor eksternal yang terdiri dari  metode pembelajaran yang digunakan, gaya
mengajar dan suasana dalam pembelajaran.

Kata Kunci :MetodeResitasi, Pembelajaran Al Islam, MateriThaharah

Author Biography

Khoirotunnisa Khoirotunnisa, Universitas Trilogi Jakarta

Department of Early Childhood

Published

2020-02-12

Issue

Section

Editorials