Pelaksanaan Pembelajaran Al islam menggunakan Metode Resitasi Pada Materi Thaharah di Kelas Vii smp Muhammadiyah 10 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v8i2.4287Abstract
AbstrakDi dalam keseluruhan proses pendidikan di sekolah, pembelajaran
merupakan aktifitas yang paling utama untuk mencapai tujuan pendidikan. Salah
satu komponen yang memberikan peran besar adalah penggunaan dan penguasaan
metode pembelajaran yang tepat. Metode yang sering digunakan dalam
pembelajaran khususnya pembelajaran Al-Islam pada materi Thaharah di kelas
VII SMP Muhammadiyah 10 Surabaya adalah metode resitasi. Metode ini
diyakini sangat efektif digunakan dalam proses belajar mengajar yang bisa
meningkatkan pemahaman siswa. Metodepenelitian yang
digunakanadalahpenelitianlapanganyaitupenelitian yang mengungkapkanfakta
yang adadilapangandenganobservasi dan wawancarasertamenggunakan data
keperpustakaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Al-Islam
menggunakan metode resitasi pada materi thaharah di kelas VII SMP
Muhammadiyah 10 Surabaya adalah sebagai berikut:Proses pembelajaran AlIslam
menggunakan metode resitasi pada materi thaharah di kelas VII SMP
Muhammadiyah 10 Surabaya terbagi menjadi tiga tahapan yaitu kegiatan awal
atau pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Faktor-faktor yang
mempengaruhi keberhasilan pelaksanaan pembelajaran Al-Islam menggunakan
metode resitasi pada materi thaharah di kelas VII SMP Muhammadiyah 10
Surabaya adalah faktor internal yang terdiri dari faktor fisiologis dan psikologis.
Faktor eksternal yang terdiri dari metode pembelajaran yang digunakan, gaya
mengajar dan suasana dalam pembelajaran.
Kata Kunci :MetodeResitasi, Pembelajaran Al Islam, MateriThaharah
Downloads
Published
2020-02-12
Issue
Section
Editorials
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ