Implementasi Metode Savi (Somatic, Audiotori, Visual, Intelektual) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pai Siswa Slow Learner Di Smp Negeri 29 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v8i2.4284Abstract
AbstrakAnak slow learner atau lamban belajar adalah anak yang memiliki potensi
intelektual dibawah anak normal. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, lamban
artinya tidak tangkas, tidak cekatan dalam bekerja. Sedangkan pengertian slow
learner adalah siswa yang mengalami kelambatan dalam menangkap dan
memahami materi dalam proses kegiatan belajar mengajar, penelitian ini mengkaji
tentang bagaimana implementasi metode SAVI (somatic, audiotori, visual,
intelektual) pada anak slow learner di SMPN 29 Surabaya.
Metodologi penelitian menggunakan penelitian kualitatif, dengan teknik
pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisa
data dilakukan mulai dari mereduksi data, penyajian data dan menarik
kesimpulan.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1)metode SAVI (somatic,
audiotori, visual, intelektual) memberikan hasil yang positif dalam meningkatkan
prestasi belajar siswa slow learner. Hal ini dilihat berdasarkan nilai ulangan
harian dan nilai ujian tengah semester yang semua siswa slow learner kelas VII,
nilainya telah mencapai KKM, bahkan di atas KKM. 2) Dalam implementasi
metode SAVI (somatic, audiotori, visual, intelektual) guru sudah merencanakan
dengan rapi dan terstruktur susunan pengajaran, dan bahan-bahan yang diperlukan
ketika mengajar. 3) Faktor penghambat dalam metode ini membutuhkan waktu
yang cukup lama, dan guru harus pandai berkreasi dalam menciptkan media
pengajaran dan permainan-permainan yang menarik serta menyenangkan bagi
siswa. Sedangkan faktor pendukung dari metode ini, dalam satu pengajaran bisa
menyangkup semua gaya belajar anak yang berbeda-beda, dan dapat menciptkan
suasana belajar yang menyenangkan. Â
Kata Kunci: SAVI, Prestasi Belajar, PAI, Slow Learner
Downloads
Published
2020-02-12
Issue
Section
Editorials
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ