Relevansi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Tuntutan Dunia Kerja

Authors

  • Rusman Rusman Faculty Of Islamic Studies, Muhammadiyah Surabaya University

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v3i1.2154

Abstract

Abstrak
Pendidikan Agama selama ini lebih menekankan pada aspek â€knowing†dan doing
dan belum banyak mengarah ke aspek being., yakni bagaimana peserta didik
menjalani hidup sesuai dengan ajaran dan nilai-nilai agama yang diketahui (knowing),
padahal inti Pendidikan Agama Islam berada diaspek ini. PAI kurang dapat berjalan
bersama dengan program-program pendidikan non agama. PAI kurang mempunyai
relevansi terhadap perubahan sosial yang terjadi dimasyarakat atau kurang ilustrasi
konteks sosial budaya, atau bersifat statis kontekstual dan lepas dari sejarah, sehingga
peserta didik kurang menghayati nilai-nilai agama sebagai nilai yang hidup dalam
keseharian. Persoalan tersebut sebenarnya sudah bersifat klasik, namun hingga kini
rupanya belum juga terselesaikan dengan baik, sehingga pada gilirannya menjadi
persoalan yang berkesinambungan dari satu periode ke periode berikutnya. Para
akademisi biasanya beragumen bahwa hal itu lebih disebabkan karena lemahnya
penelitian termasuk ekperimen-eksperimen yang serius di bidang Pendidikan Agama
Islam di sekolah.

Key Word: Pembelajaran PAI dan Tuntutan Dunia Kerja

Published

2018-11-11

Issue

Section

Editorials