Relevansi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Tuntutan Dunia Kerja
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v3i1.2154Abstract
Abstrak
Pendidikan Agama selama ini lebih menekankan pada aspek â€knowing†dan doing
dan belum banyak mengarah ke aspek being., yakni bagaimana peserta didik
menjalani hidup sesuai dengan ajaran dan nilai-nilai agama yang diketahui (knowing),
padahal inti Pendidikan Agama Islam berada diaspek ini. PAI kurang dapat berjalan
bersama dengan program-program pendidikan non agama. PAI kurang mempunyai
relevansi terhadap perubahan sosial yang terjadi dimasyarakat atau kurang ilustrasi
konteks sosial budaya, atau bersifat statis kontekstual dan lepas dari sejarah, sehingga
peserta didik kurang menghayati nilai-nilai agama sebagai nilai yang hidup dalam
keseharian. Persoalan tersebut sebenarnya sudah bersifat klasik, namun hingga kini
rupanya belum juga terselesaikan dengan baik, sehingga pada gilirannya menjadi
persoalan yang berkesinambungan dari satu periode ke periode berikutnya. Para
akademisi biasanya beragumen bahwa hal itu lebih disebabkan karena lemahnya
penelitian termasuk ekperimen-eksperimen yang serius di bidang Pendidikan Agama
Islam di sekolah.
Key Word: Pembelajaran PAI dan Tuntutan Dunia Kerja
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ