Pengembangan Pendidikan Alternatif Di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v3i1.2153Abstract
Abstrak
Pendidikan merupakan satu kunci yang sangat penting dalam kehidupan manusia.
Baik buruknya sumber daya manusia (human resources) tergantung dari pendidikan
yang diperolehnya. Pendidikan yang ada sekarang disadari masih belum dapat
dinikmati oleh semua segmen masyarakat. Pendidikan alternatif dirasa mampu
memberikan jawaban atas problema yang dihadapi dalam hal pendidikan. Pendidikan
berbasis komunitas adalah suatu konsep pendidikan yang menjadikan komunitas
(masyarakat setempat) sebagai pusat pembelajarannya. Pendidikan model ini adalah
upaya untuk memberdayakan masyarakat yang bersangkutan. Pendidikan model ini
memiliki prinsip-prinsip seperti liberating (pembebasan), keberpihakan, partisipatif,
kurkulum yang digunakan adalah dengan berbasis pada kebutuhan masyarakat
setempat, adanya kerja sama antar masing-masing unsur komunitas, menggunak
evaluasi yang berpusat pada subyek didik yakni siswa, dan adanya penanaman rasa
percaya diri (self confidence) pada siswa dengan konsentrasi pada pemupukan
kemampuan siswa. Model pendidikan berbasis komunitas ini pada dasarnya adalah
aktifitas pendidikan pendidikan yang mendasarkan proses pendidikannya pada
kompleksitas realitas komunitas atau masyarakat setempat dan dengan semangat
memajukan atau memberdayakan potensi masyarakat setempat.
Kata Kunci: Pengembangan Pendidikan Alternatif di Indonesia
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ