NILAI RELIGIUS DALAM FILM AJARI AKU ISLAM DAN RELEVANSINYA TERHADAP MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v12i1.19455Abstract
Pendidikan dapat mencapai keberhasilan karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu tujuan, pendidik, peserta didik, proses, media, dan lingkungan yang ada dalam lingkup pendidikan. Media adalah salah satu kunci keberhasilan dalam pendidikan sangat perlu untuk diperhatikan dalam pengembangannya, tidak hanya menggunakan media visual seperti buku cetak dan LKS saja, tetapi bisa dikembangkan pada media audio visual melalui karya sastra film, Karena pesan-pesan dalam film tidak hanya dapat didengar atau dilihat saja, tetapi dapat dilihat dan didengar secara bersamaan, dan hal itu akan lebih memudahkan dalam pembelajaran yang membutuhkan contoh yang nyata. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah nilai-nilai religius apa saja yang terdapat dalam film Ajari Aku Islam dan bagaimana relevansinya terhadap materi pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, yang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data didapatkan dari setiap dialog dan tindakan dari tokoh terkait dengan nilai-nilai religius dalam film tersebut. Berdasarkan penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa nilai-nilai religius yang tercantum dalam film Ajari Aku Islam, yaitu nilai akidah yang meliputi enam rukun iman, nilai akhlak meliputi akhlak terhadap diri sendiri, orang tua, keluarga dan masyarakat, nilai ibadah meliputi shalat. Secara keseluruhan nilai religius dalam film Ajari Aku Islam memiliki relevansi terhadap materi Pendidikan Agama Islam.References
Abdullah, Yatimin, 2007. Studi Akhlak dalam Perspektif Al-Qur’an, Jakarta:Amzah
Ali, Maulana Muhammad, 2016, Islamologi Panduan Lengkap Memahami Sumber Ajaran Islam, Rukun Iman, Hukum&syariat islam, Jakarta:Darul kutubil islamiyah
Alim, Muhammad, 2011. Pendidikan Agama Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya
Andayani, Dian & Abdul Majid. 2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi: konsep dan Implementasi Kurikulum 2004, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Asmuni, Yusran. 1997. Dirasah Islami 1, Jakarta:Raja Grafindo Persada.
Djajasudarma, 2010. Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian, Bandung: Refika Aditama
Fatoni, Ade. 2013. Panduan lengkap Rukun Iman&Islam, Yogyakarta: Suka buku.
https://www.google.com/amp/s/www.patinews.com/deny-pusung-sutradara-yang-enggan-angkat -film-action/amp/?espv=1, (10 November 2020)
Javandalasta, Panca. 2011. 5 hari Mahir Bikin Film, Surabaya: Java Pustaka Group.
Mabruri, Anton, 2018. Produksi program Tv Drama, Jakarta: PT Gramedia
Majid, Abdul dan Dian Andayani, 2004.Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi: konsep dan Implementasi Kurikulum 2004, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Riyanto, Jaymes, 2019. Film Ajari Aku Islam, RA Picture dan Retro picture
Sjarkawi. 2008. Pembentukan Kepribadian Anak, Jakarta: Bumi Aksara.
Syah , Muhibbin. 2005. Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru, Bandung: Remaja Rosdakarya
Zed, Mestika. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Zuhairini. 2004. Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Malang: UM Press
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ