Pendekatan Psikologi Dalam Kajian Pendidikan Agama Islam

Authors

  • M. Wahid Nur T Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Imtihanatul Ma’isyatuts Tsalitsah Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Tobroni Tobroni Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v10i2.12636

Abstract

Pendekatan Psikologi dalam kajian studi Islam khususnya dalam Pendidikan Agama Islam merupakan focus dari penelitian ini. Psikologi dan Pendidikan Agama Islam pada dasarnya memiliki pola yang sama dalam mempertimbangkan kasus yang berbeda dalam bangunan ilmiah sehingga dalam studi Islam seperti pendidikan agama Islam harus ada pendekatan cara untuk mempertimangkan fenomena sosial lebih dalam yaitu dengan menggunakan metode psikologis, penelitian perpustakaan, yaitu dengan pendekatan kualitatif dengan penelitian studi pustaka.Maka yang dicapai adalah ditemukannya beberapa data, baik data primer maupun data sekunder dengan langkah-langkah khusus sebagai berikut: membaca dan mengkaji seperti buku-buku hasil penelitian tesis dan disertasi yang berkaitan dengan psikologi dan Pendidikan Islam secara mendalam. Oleh karena itu psikologi sebagai suatu pendekatan dapat menghasilkan hasil yang sesuai konteks.Dalam studi Islam khususnya Pendidikan Agama Islam hal ini dapat menjadi pintu gerbang bagi ilmu-ilmu lain untuk digunakan sebagai alat untuk melihat berbagai masalah dengan tinjauan Agama Islam sejalan dengan itu melahirkan psikologi Pendidikan Islam.

References

Abdullah, T., & Rusli, K. Metodologi Penelitian Agama Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Tiara Wacana, 1989

Adz-Dzaky, H. M. Psikoterapi dan Konseling Islam, Penerapan Metode Sufistik. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru, 2002

Ancok, D., & Suroso, F. N. Psikologi Islam, Solusi Islam atas Problem-Problem Psikologi. Jakarta: Pustaka Pelajar, 2004

Asrori, Munawir. Anomali Perilaku Remaja: Dialektika Fitrah Manusia Dan Pendidikan Islam. Batu: Literasi Nusantara, 2019

Asrori, Rusman. Filsafat Pendidikan Islam: Sebuah Pendekatan Filsafat Islam Klasik. Malang: Pustaka Learning Center, 2020

Asrori. Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner. Banyumas: Pena Persada, 2020

Assegaf, A. R. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2011

Corsini, R. Psikoterapi Dewasa: Dari Psikoanalisis Hingga Analisa Transaksional. Jakarta: Ikon Teralitera, 2003

Daradjat, Z. Kesehatan Mental. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 1984

Kanfer, F. H., & Goldstein, A. P. Helping People Change: A Textbook of Methods. New York: John Wiley, 1970

Muhadjir, N. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasen, 1996

Rakhmat, J. Psikologi Agama, Sebuah Pengantar.Bandung: Mizan, 2005

Shaleh, A.R. Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana, 2008

Tafsir, A. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010

Taufiq, M. I. Panduan Lengkap dan Praktis Psikologi Islam, (terj.). Depok: Gema Insan, 2006

Published

2021-11-25

Issue

Section

Editorials