Pendekatan Psikologi Dalam Kajian Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v10i2.12636Abstract
Pendekatan Psikologi dalam kajian studi Islam khususnya dalam Pendidikan Agama Islam merupakan focus dari penelitian ini. Psikologi dan Pendidikan Agama Islam pada dasarnya memiliki pola yang sama dalam mempertimbangkan kasus yang berbeda dalam bangunan ilmiah sehingga dalam studi Islam seperti pendidikan agama Islam harus ada pendekatan cara untuk mempertimangkan fenomena sosial lebih dalam yaitu dengan menggunakan metode psikologis, penelitian perpustakaan, yaitu dengan pendekatan kualitatif dengan penelitian studi pustaka.Maka yang dicapai adalah ditemukannya beberapa data, baik data primer maupun data sekunder dengan langkah-langkah khusus sebagai berikut: membaca dan mengkaji seperti buku-buku hasil penelitian tesis dan disertasi yang berkaitan dengan psikologi dan Pendidikan Islam secara mendalam. Oleh karena itu psikologi sebagai suatu pendekatan dapat menghasilkan hasil yang sesuai konteks.Dalam studi Islam khususnya Pendidikan Agama Islam hal ini dapat menjadi pintu gerbang bagi ilmu-ilmu lain untuk digunakan sebagai alat untuk melihat berbagai masalah dengan tinjauan Agama Islam sejalan dengan itu melahirkan psikologi Pendidikan Islam.References
Abdullah, T., & Rusli, K. Metodologi Penelitian Agama Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Tiara Wacana, 1989
Adz-Dzaky, H. M. Psikoterapi dan Konseling Islam, Penerapan Metode Sufistik. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru, 2002
Ancok, D., & Suroso, F. N. Psikologi Islam, Solusi Islam atas Problem-Problem Psikologi. Jakarta: Pustaka Pelajar, 2004
Asrori, Munawir. Anomali Perilaku Remaja: Dialektika Fitrah Manusia Dan Pendidikan Islam. Batu: Literasi Nusantara, 2019
Asrori, Rusman. Filsafat Pendidikan Islam: Sebuah Pendekatan Filsafat Islam Klasik. Malang: Pustaka Learning Center, 2020
Asrori. Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner. Banyumas: Pena Persada, 2020
Assegaf, A. R. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2011
Corsini, R. Psikoterapi Dewasa: Dari Psikoanalisis Hingga Analisa Transaksional. Jakarta: Ikon Teralitera, 2003
Daradjat, Z. Kesehatan Mental. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 1984
Kanfer, F. H., & Goldstein, A. P. Helping People Change: A Textbook of Methods. New York: John Wiley, 1970
Muhadjir, N. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasen, 1996
Rakhmat, J. Psikologi Agama, Sebuah Pengantar.Bandung: Mizan, 2005
Shaleh, A.R. Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana, 2008
Tafsir, A. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010
Taufiq, M. I. Panduan Lengkap dan Praktis Psikologi Islam, (terj.). Depok: Gema Insan, 2006
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ