Realisme Sosial dalam Potret Seorang Komunis Karya Sabar Anantaguna

Elis Susilawati (1), Ismah Rahayu (2), Akifah Humaira Salsabila (3), Ahmad Bahtiar (4)
(1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia, Indonesia,
(2) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia, Indonesia,
(3) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia, Indonesia,
(4) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia, Indonesia

Abstrak

Social Realism in Potret Seorang Komunis by Sabar Anantaguna

 

ABSTRAK

Puisi Potret Seorang Komunis karya Sabar Anantaguna telah mendapatkan bentuk dan pengucapan yang tepat sehingga menjadi prestasi yang bagus dalam sastra realisme sosialis karena tidak terlepas dari latar belakang dan ideologi pengarang yang merupakan bagian dari Lekra. Penelitian ini bertujuan untuk membahas prinsip realisme sosial yang menjadi pandangan para pengarang Lekra. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dan teknik interpretatif. Dalam pengolahan data dilakukan tahap pendeskripsian dan penganalisisan. Penelitian ini menggunakan teori sosiologi sastra, teori realisme sosial dan teori struktural. Hasil dari penelitian Realisme Sosial dalam Potret Seorang Komunis Karya sabar Anantaguna terbukti bahwa prinsip realisme sosial yang menjadi pandangan para pengarang Lekra yaitu Lekra memiliki berbagai macam cara yang dilakukan dengan maksud mempertahankan kekuatan komunis, salah satunya melakukan berbagai teror kepada setiap golongan untuk bergabung dengan Lekra.

 

Kata kunci: komunis, puisi, realisme sosial, lekra

 

ABSTRACT

The poem portrait of a communist written by Sabar Anantaguna has obtained the right form and pronunciation. Therefore, it becomes a good achievement in social realism literature because it cannot be separated from the author background and ideology who is part of Lekra This study aims to discuss the social realism principles that becomes the views of the Lekra authors. The method used in this research is descriptif qualitative and note taking techniques. In processing data, the stages of description and data analysis are carried out. This study used sociology literature research, realism social teory and structural teory. The result of the research on social realism in the portrait of a communist by Sabar Anantaguna proves that realism social principle becomes the views of Lekra author, namely Lekra, had various ways that were carried out to maintain communist power, one of which carried out various terrors to every groups in order to join Lekra

Keyword: communist, poem, social realism, Lekra

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

A`innur, Syahriel. 2020. Realisme Sosial dalam Novel Bumi Manusia dan Anak Semua Bangsa Karya Pramoedya Ananta Toer. Jurnal Nosi, 8 (1). 5.

Ahmad, Pedi. 2011. Realisme Sosial Roman Larasati Karya Pramoedya Ananta Toer. Tesis. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Audriana, Septian. 2018. Representasi Realitas Sosial dalam Novel Tan Karya Hendri Teja: Perspektif Realisme Sosialis Georg Lukacs. Jurnal Bapala, 5(1). 3.

Bagus, dkk. 2018. Potret kondisi Sosial Masyarakat Jawa dalam Naskah Ketoprak Klasik Gaya Surakarta. Jurnal Aksara, 30(2). 208.

Dwi dan Anik. 2014. Pelarangan Buku-Buku Karya Sastrawan Lekra Tahun 1965-1968. Jurnal Avatara, 2(3). 457.

Habiba, Robby. 2018. Diskursus Estetika Realisme Sosialis: Kajian Filsafat Pendidikan Moral atas sastrawan Kreatif di Bandung. Jurnal Refleksi, 18(1). 25.

Kemal, Isthifa. 2014. Analisis Tokoh dan Penokohan dalam Hikayat Muda Balia Karya Teuku Abdullah dan M. Nasir. Jurnal Genta Mulia, 5(2). 2.

Muqoddas, Ali . 2020. Kesadaran Kelas dalam Novel seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas dan O Karya Eka Kurniawan (Perspektif Realisme Sosialis Georg Luckas). Jurnal Diglosia, 4 (1). 50.

Pradopo, R. D. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Rosida dan A. Bahtiar. 2011. Sejarah Sastra. Jakarta: UIN Press

Rukayah. 2016. Menyoal Realisme Sosial dalam Novel Gadis Pantai Karya Pramoedya Ananta Toer dengan Analisis Strategi Naratif. Jurnal Publikasi Pendidikan, 6(1). 22.

Sri dan Mahendra. 2020. Dari Realitet Nasi ke Realisme Sosialis: Tema Kerakyatan dalam Seni Rupa Modern Indonesia Masa Persatuan Ahli Gambar Indonesia dan Lembaga Seni Rupa Lembaga kebudayaan Rakyat. Jurnal Historiografi, 1(1). 72.

Suaib. 2016. Realisme Sosial dan Pertentangan Kelas Sosial dalam Novel Entrok Karya Okky Madasari. Tesis. Universitas Negeri Makassar.

Wati, Anida Rahma. 2018. Ideologi Kesadaran Kelas dalam Novel Cinta untuk Perempuan dengan Bulir-Bulir Cahaya di Wajahnya Karya Sayfullan (Kajian Maxisme). Jurnal Stilistika, 11(2). 18.

Wati, Anida Rahma. 2018. Ideologi Kesadaran Kelas dalam Novel Cinta untuk Perempuan dengan Bulir-Bulir Cahaya di Wajahnya Karya Sayfullan (Kajian Maxisme). Jurnal Stilistika, 11(2). 13.

Penulis

Elis Susilawati
elis.susilawati20@mhs.uinjkt.ac.id (Kontak utama)
Ismah Rahayu
Akifah Humaira Salsabila
Ahmad Bahtiar
Susilawati, E., Rahayu, I., Salsabila, A. H., & Bahtiar, A. (2022). Realisme Sosial dalam Potret Seorang Komunis Karya Sabar Anantaguna. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 15(1), 122–131. https://doi.org/10.30651/st.v15i1.8706

Rincian Artikel

No Related Submission Found