Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI MIA-1 SMA Negeri 14 Maluku Tengah
Abstrak
The PBL Model Implementation to Improve Explanation Text Writing Ability Students of Class XI MIA-1 SMA Negeri 14 Maluku Tengah
Â
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MIA-1 SMA Negeri 14 Maluku Tengah. Data penelitian berupa hasil tes menulis teks eksplanasi setiap siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA-1 SMA Negeri 14 Maluku Tengah tahun pelajaran 2020/2021 semester genap yang berjumlah 36 siswa. Nilai akhir setiap siswa diperoleh dari jumlah jawaban benar dibagi jumlah soal kemudian dikalikan dengan skor ideal (100). Nilai akhir tersebut kemudian dikonversikan sesuai kriteria yang ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MIA-1 SMA Negeri 14 Maluku Tengah dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Hal itu terlihat dari jumlah siswa yang mencapai KKM pada siklus I yakni 16 siswa menjadi 28 siswa pada siklus II.
Kata kunci: kemampuan menulis, model pembelajaran problem based learning, PTK, teks eksplanasi.
Â
ABSTRACT
The aim of this study is to improve the ability to write explanatory texts for students of class XI MIA-1 SMA Negeri 14 Maluku Tengah. The research data were in the form of test results in writing explanatory text each cycle. The research subjects were students of class XI MIA-1 SMA Negeri 14 Maluku Tengah in the academic year 2020/2021 even semester, totaling 36 students. The final score for each student is obtained from the number of correct answers divided by the number of questions then multiplied by the ideal score (100). The final score is then converted according to the specified criteria. The results showed that there was an increase in the writing explanatory text ability for class XI MIA-1 SMA Negeri 14 Maluku Tengah using the problem based learning model. This can be seen from the number of students who reached the KKM (minimum standard of completeness in achieving learning result) in cycle I, namely 16 students to 28 students in cycle II.
Keyword: writing skills, problem based learning model, PTK (Action research), explanatory text.
Artikel teks lengkap
Referensi
Arikunto, Suharsimi, dkk. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Aqib, Zainal. (2006). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.
BSNP. (2007). Model Penilaian Kelas SMP/Mts. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.
Idris, Yossy, dkk. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi melalui Metode Discovery dengan Menggunakan Media Gambar Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Ta 2011/2012 Universitas Ekasakti Padang. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran, 3(4): 15-28.
Kosasih, E., dan Endang Kurniawan. (2018). Jenis-Jenis Teks. Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan. Bandung: Yrama Widya.
Kurniawan, Khairudin. 2006. Model Pengajaran Menulis Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing Tingkat Lanjut. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.
Purwo, Bambang Kaswanti. (1990). Pragmatik dalam Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Kanisius.
Semi M, Atar. (1996). Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa Penerbit.
Supardi. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Suparno dan Muhamad Yunus. (2009). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Susilo. (2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Book Publishes
Suyanto. (2018). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: BP3SD, Dirjen Dikti, Depdikbud.
Syafi’ie, Imam. (1988). Retorika dalam Menulis. Jakarta: PPLPTK, Dijern Dikti, Depdikbud
Tarigan, H.G. (1995). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Triamantara, Petrus. (2005). Metode Sugesti-Imajinasi dalam Pembelajaran Menulis dengan Media Lagu. Jurnal Pendidikan Penabur, 5(4): 1-5
Triatno. (2009). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Unesa University Press.
Penulis
Hak Cipta (c) 2021 Everhard Markiano Solissa

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta
Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra by FKIP UMSurabaya diatur lisensinya dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Penulis mempertahankan seluruh haknya atas artikel yang diterbitkan jurnal ini, seperti (namun tidak terbatas pada) hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel tersebut, seperti hak paten; hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karyanya di masa depan, termasuk ceramah dan buku; hak untuk memperbanyak artikel untuk keperluan sendiri, hak untuk mengarsipkan sendiri artikel tersebut; hak untuk mengadakan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan artikel (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional