Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Menulis Surat Resmi Siswa SMP di Kota Padang
Abstract
Indonesian Language Eror Analysis in Writing Official Letter for Junior High School Students in Padang
Â
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menulis surat resmi, kenyataannya masih ditemukan kesalahan berbahasa dalam surat resmi siswa. Tujuan penelitian ini  (1) mendeskripsikan kesalahan penggunaan ejaan, diksi, morfologi, dan sintaksis dalam menulis surat resmi siswa SMP di Kota Padang.  Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskripsi analisis. Data penelitian ini adalah kesalahan berbahasa dalam surat resmi yang ditulis siswa di Kota Padang. Teknik pengumpulan data berupa teknik dokumentasi, yaitu surat resmi yang ditulis siswa. Penganalisisan data dilakukan secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan hal-hal berikut, Pertama, ditemukan 8 kesalahan penggunaan EYD yang terdiri dari 3 kesalahan penulisan huruf dan 5 kesalahan penggunaan tanda baca. Kedua, Ditemukan sebelas kesalahan penggunaan diksi. Ketiga, Ditemukan dua kesalahan morfologi. Keempat, Ditemukan 24 kesalahan sintaksis. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ditemukan kesalahan berbahasa dalam penulisan surat resmi siswa SMP di Kota Padang dari ejaan, diksi, morfologi, dan sintaksis.
Kata kunci: kesalahan berbahasa, surat resmi, SMP
ABSTRACT
This research is motivated by the importance of using good and correct Indonesian in writing official letters, while in fact there are still some language found in students’ official letters. The purpose of this study is (1) to describe errors in the use of spelling, diction, morphology, and syntax in writing official letters for junior high school students in Padang. The type of research is a qualitative research using descriptive analysis method. The data in this study are language errors in official letters written by students in Padang. The data collection techniques is in documentation techniques, namely official letters written by students. Data analysis was done descriptively. Based on the result of the study, it was concluded as follows. First, the finding is 8 errors in the use of EYD, which consist 3 eror in writing letters and 5 erors in using punctuation marks. Second, eleven errors in the use of diction were found. Third, two morphological errors were found. Fourth, the finding is 24 syntax errors. Consequently, it can be concluded that there are language errors in writing official letters for junior high school students in Padang from spelling, diction, morphology, and syntax.
Keyword: language errors, official letters, junior high school
Full text article
References
Ariningsih, N. E. (2012). “Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam karangan Eksposisi Siswa Menengah Atasâ€. Forum Penelitian 1 (1): 41—42.
Atmazaki. (2007). Kiat-Kiat Mengarang dan Menyunting. Padang: UNP Press.
Basri. (2010). Prosiding Seminar nasional Bahasa, Satra, dan Pembelajarannya. Padang: Sukabina Pres.
Basrowi dan Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Brown, H. D. (2007). Principles Of Language Learning and Teaching. Amerika: Perason Education.
Chaer, A. (2009). Psikolinguistik: Kajian Teoritik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ellis, R. (1995). The Study Of Second Languange Acquasition. New York: Oxford University Press.
Ghufron, S. (2009). “Peranti Kohesi dalam Wacana Tulisan Siswa: Perkembangan dan Kesalahanâ€. Forum penelitian 40 (1): 82.
Jalal, M. (2012). “Problematika Kesalahan Bahasa Pada Penulisan Skripsi Mahasiswa Universitas Airlanggaâ€. Forum Penelitian 12 (2) 92.
Manaf, N. A. (2010). Sintaksis Teori dan Terapannya dalam Bahasa Indonesia. Padang: Sukabina Press.
Mara’at, S. (2009). Psikolinguistik. Bandung: PT Refika Aditama.
Mardalis. (2009). Metode Penelitian Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.
Putrayasa, I. B. (2010). Kalimat Efektif (Diksi, Sruktur, dan Logika). Bandung: PT Refika Aditama.
Rofi’uddin, A. (2003). Rancangan Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sumadi. (2009). “Kalimat Bahasa Indonesia dalam Wacana Tulis Siswa Kekas VI SDâ€. Forum Penelitian 37 (1): 32.
Tarigan, H. G. (1988). Pengajaran Pemerolehan Bahasa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Tarigan, . dan Lilis, S. S. (1997). Analisis Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Wibowo, W. (2009). Menjadi Penulis & Penyunting Sukses: Langkah Jitu Merangkai Kata Agar Komunikatif, Hidup, dan Memikat. Jakarta: Bumu Aksara.
Authors
Copyright (c) 2022 Kusmadi Sitohang, Ninit Alfianika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta
Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra by FKIP UMSurabaya diatur lisensinya dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Penulis mempertahankan seluruh haknya atas artikel yang diterbitkan jurnal ini, seperti (namun tidak terbatas pada) hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel tersebut, seperti hak paten; hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karyanya di masa depan, termasuk ceramah dan buku; hak untuk memperbanyak artikel untuk keperluan sendiri, hak untuk mengarsipkan sendiri artikel tersebut; hak untuk mengadakan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan artikel (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional