Penerapan Bermain Peran Melalui Teknik Improvisasi Berbasis SISIMIKA di SMP Negeri 1 Ploso Jombang
Abstract
Role Playing Implementation Through Improvisation Based on SISIMIKA Techniques at SMP Negeri 1 Ploso Jombang
Â
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses bermain peran dengan teknik improvisasi berbasis SISIMIKA (Persiapan, Motivasi, dan Mendalami Karakter) dan (2) mendeskripsikan pengaruh kreativitas peserta didik dalam bermain peran dengan teknik improvisasi berbasis SISIMIKA. Metode penelitian ini pendekatan deskriptif. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu wawancara guru ekstrakurikuler drama di SMP Negeri Ploso Jombang. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan-tahapan berikut ini (1) reduksi data yaitu kegiatan merangkum data, memilih dan memilah hal-hal pokok, dan memfokuskan penemuan hal penting, (2) menyajikan data dalam bentuk teks naratif, (3) membuat kesimpulan berdasarkan analisis data yang telah ditemukan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) menerapkan proses bermain peran dengan teknik improvisasi berbasis SISIMIKA (2) menerapkan kreativitas peserta didik dalam bermain peran dengan teknik improvisasi berbasis SISIMIKA.
Kata kunci: Bermain peran, Teknik improvisasi, SISIMIKA (Persiapan, Motivasi, dan Mendalami Karakter)
ABSTRACT
The aims of this study are (1) to describe the process of role-playing with improvisation techniques based on SISIMIKA (Preparation, Motivation, and Character Exploration) (2) to describe the influence of students' creativity in role-playing with improvisation techniques based on SISIMIKA. This research method is a descriptive approach. This type of research is qualitative. The data source of this research is the interview to drama extracurricular teachers at SMP Negeri Ploso Jombang. The data analysis technique was carried out with the following stages (1) data reduction, namely activities to summarize data, select and sort out the main points, and focus on finding important things, (2) presenting data in the form of narrative text, (3) making conclusions based on analysis of the data that has been found. The results of this study indicate (1) applying the role-playing process with improvisation techniques based on SISIMIKA (2) applying the creativity of students in role-playing with improvisation techniques based on SISIMIKA.
Keyword: Role plyaing, Improvisation techniques, SISIMIKA (Preparation, Motivation,and Deepening Character)
Full text article
References
Amri, U. dkk. (2016). Pengaruh Penggunaan Teknik Bermain Drama Melalui Teater Tradisional Randai Berbasis Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Apresiasi Drama. Jurnal Pendidikan Dasar, 8.
Bawana, K. A. dkk. (2017). Proses Produksi Pementasan Drama Teater Angin SMA Negeri 1 Denpasar. e-Journal Universitas Pendidikan Ganesha.
Hamzah, A. (2000). Pengantar Bermain Drama. Bandung: CV Rosda.
Kurniati, N. (2011). Keaktifan Teknik Improvisasi Dalam Pembelajaran Bermain Peran Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Parakan Kabupaten Temanggung. Universitas Negeri Yogyakarta.
Nasution, I. M. (2009). “Semar Gugat†Dalam Telaah Tokoh: Sebuah Model Pemaknaan Naskah Drama. Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra Dan Seni, 10.
Novianti, L. (2012). Peningkatan Keterampilan Bermain Drama Melalui Teknik Pembelajaran Roating Roles Pada Peserta didik Kelas VIII D SMP N 2 Sentolo Kulon Progo. Universitas Negeri Yog yakarta.
Pratisca, dkk. (2013). Pengaruh Strategi Suka Dokumen (Susun, Kerangka, Dialog, Lakuan dan Komentari) dalam Pembelajaran Bermain Peran dengan Cara Improvisasi Drama untuk Kelas VIII. Journal Online UM.
Santosa, E. (2008). Seni Teater Jilid I: Untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif Kuantitatif dan R&D (16th ed). Bandung: ALFABETA.
Susanto, H. (2014). Kemampuan Bermain Peran Dengan Teknik Improvisasi Dalam Drama Pengorbanan Seorang Ibu Siwa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Pelita Nusantara Tanjungpinang. Artikel E-Journal.
Utami, D. dkk. (2017). "Kapsul Motovasi" Meningkatkan Kepercayaan Diri Mahasiswa. Prosiding SEMNAS Penguatan Individu di Era Revolusi Informasi
Yurnelis. (2012). Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Melalui Pendekatan Pembelajaran Konstektual Peserta didik Kelas VIII RBSI- SMP N 12 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra Dan Seni, 13.
Authors
Copyright (c) 2021 Khoirun Nisak, Purwati Anggraini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta
Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra by FKIP UMSurabaya diatur lisensinya dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Penulis mempertahankan seluruh haknya atas artikel yang diterbitkan jurnal ini, seperti (namun tidak terbatas pada) hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel tersebut, seperti hak paten; hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karyanya di masa depan, termasuk ceramah dan buku; hak untuk memperbanyak artikel untuk keperluan sendiri, hak untuk mengarsipkan sendiri artikel tersebut; hak untuk mengadakan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan artikel (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional