Pengembangan Model Aktualisasi Kepramukaan pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA
Abstract
Development of Scouting Actualization Model in Indonesian Language Learning in Senior High School
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan Model Aktualisasi Kepramukaan. Model Aktualisasi Kepramukaan hadir dalam Permendikbud nomor 63 tahun 2014 tentang Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan yang memuat integrasi muatan KI 1 hingga KI 4 dalam kegiatan Kepramukaan. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif dengan validasi menggunakan instrumen angket kepada beberapa validator ahli. Selain itu, dalam penerapannya juga diukur keefektifan dan kepraktisannya. Kevalidan model ini mendapat nilai 87% (berkategori sangat baik). Penelitian ini menemukan bahwa model aktualisasi kepramukaan dapat menghasilkan pola belajar yang berbeda dan tidak membosankan bagi siswa. Model ini juga memberikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa.
Kata kunci: Aktualisasi, Bahasa, Siswa SMA
ABSTRACT
This study aims to develop Indonesian language learning using the Scouting Actualization Model. The Scouting Actualization Model is in Permendikbud number 63 of 2014 concerning Scouting Education Compulsory Extracurricular which includes the integration from KI 1 to KI 4 content in Scouting activities. This research applies qualitative methods with validation using a questionnaire instrument to several expert validators. In addition, its effectiveness and practicality are also measured in its application. The validity of this model gets a score of 87% (categorized as very good). This study found that the scouting actualization model can produce different learning patterns and is not boring for students. This model also provides meaningful learning for students.
Keywords: Actualization, Language, Senior High Schol Student
Full text article
References
Amri, Sofan. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta : Prestasi Pusaka
Angruni, Dwi Sagita. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Aktif pada Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Kemampuan Diskusi Siswa Kelas VIII SMP SATAP Mantar Sumbawa Barat. Tesis. Prodi PBS, Pascasarjana Unesa
Djamarah, Syaiful bahri. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI no 63 tahun 2014 Tentang Ekstrakurikuler Wajib Pendiikan Kepramukaan. Jakarta : Kemendikbud
Silberman, Mel. (2007). Handbook Of Experiential Learning. San Fransisco : Pfeiffer
Suyatno. (2015). Metode Kepramukaan: Untuk Pembina Dan Pelatih Pramuka. Tangerang: Mustika Ilmu.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana
Uraningsari, Fitrie. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran ABC dengan Permainan untuk Menulis Cerita Pendek bagi Siswa SMP kelas VII. Tesis. Prodi PBS. Pascasarjana Unesa.
Wati, Tri Linggo. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Berbasis Pendekatan Konstruktivistik Area Kompetensi Seni Rupa dan Prakarya SD Al Hikmah Surabaya. Tesis. Prodi PBS. Pascasarjana Unesa.
Authors
Copyright (c) 2021 Achmad Irfandi, Bambang Yulianto, Maria Mintowati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta
Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra by FKIP UMSurabaya diatur lisensinya dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Penulis mempertahankan seluruh haknya atas artikel yang diterbitkan jurnal ini, seperti (namun tidak terbatas pada) hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel tersebut, seperti hak paten; hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karyanya di masa depan, termasuk ceramah dan buku; hak untuk memperbanyak artikel untuk keperluan sendiri, hak untuk mengarsipkan sendiri artikel tersebut; hak untuk mengadakan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan artikel (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional