Peningkatan Hasil Belajar Menulis Puisi Melalui Media Gambar Berseri Siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 17 Ambon
Abstrak
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 17 Ambon. Data penelitian ini berupa hasil tes menulis puisi yang diambil dari setiap siklus. Sampel berjumlah 25 siswa. Data   tes dianalisis menggunakan rumus, yakni nilai siswa diperoleh dari hasil bagi jumlah skor yang diperoleh siswa dengan skor ideal. Hasil tes siswa kemudian dikualifikasi sesuai kriteria yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar menulis puisi siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 17 Ambon dengan menggunakan media gambar berseri. Hal itu terlihat dari jumlah siswa yang mencapai KKM pada siklus pertama yakni 3 orang dengan nilai rata-rata semua siswa 51,70 menjadi 19 orang pada siklus kedua dengan nilai rata-rata semua siswa 75.
Kata kunci:Â Media Gambar Berseri, Peningkatan Hasil Belajar, Menulis Puisi, Penelitian Tindakan Kelas
ABSTRACT
The aims of this research is to improve the ability to write poetry for VIII-1 grade students at SMP Negeri 17 Ambon. The data of this research are in the form of poetry writing test results taken from each cycle. The sample consisted of 25 students. Test data were analyzed using a formula that is the student scores obtained from the results for the total score obtained by students with an ideal score. Student test results are then qualified according to predetermined criteria. The results showed that there was an increase in the learning outcomes of writing poetry for VIII-1 grade students of SMP Negeri 17 Ambon by using serial media. This can be seen from the number of students who reached the KKM in the first cycle namely 3 people with an average value of all students 51.70. It becomes 19 people in the second cycle with an average value of all students 75.
Keyword:Â Serial Image Media, Learning Outcomes Improvement, Writing Poetry, Classroom Action Research
Artikel teks lengkap
Referensi
Akhadiah, Sabarti (1997). Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Arikunto,Suharsimi (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
BSNP, (2007). Model Penilaian Kelas SMP/MTs. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.
Enre, Fachrudin Ambo (1988). Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Jakarta: Depdikbud.
Nurgiantoro, Burhan (2005). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Pradopo, Rachmad Djoko (2014). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Sadiman, S. Arif (2002). Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Semi, M. Atar (1990). Menulis Efektif. Jakarta: Angkasa Raya.
Soeparno. (1988). Media Pengajaran Bahasa. Klaten: Intan Pariwara.
Sudjana dan Ahmad Riva’i. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Suharianto (1981). Pengantar Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia.
Tarigan, H. G (1994). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Waluyo, Herman J (1987). Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
Penulis
Hak Cipta
- Hak cipta terhadap artikel yang diterbitkan di Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra adalah penerbit atau Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra.
- Penulis harus menyerahkan hak cipta pada jurnal dengan menandatangai dan mengirimkan form penyerahan hak cipta (template) melalui email stilistika@um.surabaya.ac.id.
- Penulis dapat menyebarluaskan artikelnya melalui media manapun.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.