Pengaruh Pendekatan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Kota Sukabumi
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterampilan membaca siswa setelah menggunakan pendekatan Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan desain penelitian yang digunakan pre experimental design dengan model the one group pretest-posttest. Populasi penelitian kelas X SMK Negeri 3 Kota Sukabumi dengan sampel penelitian yang digunakan yaitu purposive sampling dan kelas yang dijadikan sampel penelitian yaitu X Jasa Boga I. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan soal HOTS bahasa Indonesia pilihan ganda sebanyak 20 butir beserta alasan. Berdasarkan uji prasyarat normalitas dan homogenitas bahwa data hasil penelitian berdistribusi tidak normal dan kedua kelas memiliki varians yang homogen. Diketahui analisis data distribusi prates diperoleh hasil Mean 56.17 sedangkan pascates setelah diberikan stimulus atau perlakuan dengan pendekatan HOTS diperoleh hasil Mean 72.06, maka terdapat peningkatan nillai hasil belajar pascates setelah dilalukan stimulus dengan menerapkan pendekatan HOTS pada pembelajaran. Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, dibuktikan dalam Uji-t diperoleh thitung > ttabel (13.69 > 2.042) dan uji Wilcoxon Sign rank yang menghasilkan nilai (asym.sig. (2-tailed)) adalah 0.000 < 0.05 maka hasil hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar pada kemampuan berpikir siswa pada saat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Higher Order Thinking Skill (HOTS) terhadap keterampilan membaca siswa.
Â
Kata kunci: Pendekatan Higher Order Thinking Skill (HOTS), Keterampilan Membaca
Artikel teks lengkap
Referensi
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: Gaya Grafindo Persada.
Hanifah, Nurdinah, dan Julia. 2014. Prosiding : Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Membedah Anatomi Kurikulum 2013 untuk Membangun Masa Depan Pendidikan yang Lebih Baik. Bandung: UPI Sumedang Press.
Heong, Y. M. et. al. 2001. The Level of Marzano Higher Order Thinking Skill Among Technical Education Student. Dalam International Jurnal of Social and Humanity [Online], Vol 1 (2), 5 halaman. (https://www.researchgate.net/publication/255720579_The_Level_of_Marzano_Higher_Order_Thinking_Skills_among_Technical_Education_Student, diunduh 05 Desember 2018).
Julia, Isrok’atun, dan Indra Safari. 2018. PROSIDING SEMINAR NASIONAL: Membangun Genarasi Emas 2045 yang Berkarakter dan Melek IT†dan Pelatihan “Berpikir Suprarasionalâ€. Bandung: UPI Sumedang Press.
Maulana. 2018. DASAR-DASAR KONSEP PELUANG: Sebuah Gagasan Pembelajaran dengan Pendekatan Metakognitif. Bandung: UPI PRESS.
Meliyawati. 2016. Pemahaman Dasar Membaca. Yogyakarta: Deepublish.
Pratiwi, Umi dan Eka Farida Fasha. Pengembangan Instrumen Penilaian HOTS Berbasis Kurikulum 2013 Terhadap Sikap Displin. Dalam Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA [Online]. Vol 1 (1), 20 halaman. (http//jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPI/article/view/330/230, diunduh 10 Desember
.
Purnamasari. 2015. Peningkatan Keterampilan Membaca Siswa Kelas II Melalui Metode Cooperative Script Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SDN Perwira V Bekasi Utara. Skripsi: tidak diterbitkan.
Wardana, N. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Ketahanmalangan terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Konsep Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran [Online], Vol 6 (2), 20 halaman. Tersedia: (http://oldpasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_, diunduh: 05 Desember 2018).
Penulis
Hak Cipta (c) 2019 Nyova Fazriani, Deden Ahmad Supendi, Hera Wahdah Humaira

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta
Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra by FKIP UMSurabaya diatur lisensinya dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Penulis mempertahankan seluruh haknya atas artikel yang diterbitkan jurnal ini, seperti (namun tidak terbatas pada) hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel tersebut, seperti hak paten; hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karyanya di masa depan, termasuk ceramah dan buku; hak untuk memperbanyak artikel untuk keperluan sendiri, hak untuk mengarsipkan sendiri artikel tersebut; hak untuk mengadakan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan artikel (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional