Social Values In Short Stories Advice By A.A Navis For Literature Teaching Materials

Neza Zakiyah (1), Ali Imron (2)
(1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
(2) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

Abstract

ABSTRAK


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji struktur cerpen, nilai-nilai sosial tokoh cerpen, dan nilai-nilai sosial tokoh dalam cerpen “Nasihat-Nasihat” karya A.A. Navis yang dikaitkan dengan bahan ajar sastra. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan analisis isi intrinsik serta dialektika relasional milik Faruk (2021). Objek penelitian adalah cerpen “Nasihat-Nasihat” dan data diperoleh dari kutipan-kutipan yang mengandung nilai-nilai sosial.  Hasil penelitian menunjukkan cerpen memiliki struktur alur maju dengan konflik kompleks, tokoh utama yang mengalami perkembangan karakter, serta latar yang mendukung tema. Nilai sosial yang ditemukan meliputi hormat kepada orang tua, kesetiaan, kepedulian, dan keterbukaan terhadap perubahan. Temuan ini berfungsi sebagai landasan pengembangan modul sastra berbasis Problem Based Learning dan Contextual Teaching & Learning pada Kurikulum Merdeka.


Kata kunci: Bahan ajar, cerpen, nilai sosial


 


ABSTRACT


The purpose of this study was to examine the structure of the short story, the social values ​​of the characters in the short story, and the social values ​​of the characters in the short story "Nasihat-Nasihat" by A.A Navis which are associated with literary teaching materials. This study uses a qualitative descriptive approach and uses the intrinsic content analysis approach and Faruk's relational dialectics (2021). The object of the study was the short story "Nasihat-Nasihat" and data was obtained from quotations containing social values. The results of the study showed that the short story has a progressive plot structure with complex conflicts, main characters who experience character development, and a setting that supports the theme. The social values ​​found include respect for parents, loyalty, caring, and openness to change. These findings are the basis for the development of literature modules based on Problem-Based Learning and Contextual Teaching & Learning in the Merdeka Curriculum


Keyword: Teaching materials,  short stories, social values

Full text article

Generated from XML file

References

Al-Ma’ruf, Ali Imron. 2017. Pengkajian Sastra: Teori dan Aplikasi. Surakarta: CV. Djiwa Amarta

Anshori, A. M., & Zuhairoh, Z. (2019). Analisis Struktural Cerpen مات أهلي Karya Kahlil Gibra. In International Conference Of Students On Arabic Language (Vol. 3, Pp. 615-632).

Budianta & Bambang. 2020. Pengantar Sastra Indonesia. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Chintyandini, M., & Saraswati, E. (2021). Analisis Nilai Sosial Dalam Cerpen Perempuan Yang Berenang Salat Bah Karya Isbedy Stiawan ZS. Literalsi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelaljalralnnya, 5(2), 356.

Daulay, Sukma Nabilah. 2020. Analisis Kepribadian Tokoh Utama Film Nanti Kita Cerita Tentang Ini: Kajian (http://repository.umsu.ac.id)

Effendy, M. (2017). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Faruk. (2020). Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Faruk. 2019. Pengantar Sosiologi Sastra dari Strukturalisme-Genetik sampai Post Modernisme. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Johnson, E. B. (2014). Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why It's Here to Stay. Corwin Press.

Maulita, N., Wiranata, MS, & Hamidah, J. (2021, Agustus). Analisis Nilai Sosial dalam Cerpen Runtuhnya Surau Kita Karya A.A Navis Sebagai Media Pembelajaran Karakter Siswa Kelas XI. Dalam Perpustakaan Prosiding Konferensi UrbalnGreen (hlm.116)

Navis, A. A. (1956). Rubuhnya surau kami. Balai Pustaka.

Nofasari, E., dkk. (2020). Islamic didactic literature in the novel cinta di ujung sajadah by asma nadia. Retorika: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya. ISSN: 2614-2716 (print), ISSN: 2301-4768 (online), Vol. 13, No. 2, August 2020, pp. 438–449. http://ojs.unm.ac.id/retorika. DOI: 10.26858/retorika.v13i2.13795.

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Nurgiyantoro, B., 2018. Teori pengkajian fiksi. UGM press.

Olimpia, S., Nurachmana, A., Perdana, I., Asi, Y. E., & Ramadhan, I. Y. (2023). Analisis Semiotik Dalam Film Kkn Desa Penari Karya Awi Suryadi Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya (Mateandrau), 2(1), 186–193. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/mateandrau.v2i1.229

Pangkey, R. D. H., & Wongkar, N. V. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka dan pendidikan karakter: Strategi meningkatkan kualitas siswa di era modern. Journal on Education, 6(4), 22008–22017. http://jonedu.org/index.php/joe

Putri, W. S., Rasyimah, & Safriandi. (2023). Analisis tokoh dan penokohan tokoh utama dalam novel Not Me karya Caaay_. Kande, 4(2), 215–227.

Raharjo, R., Indarti, T., Surabaya, U. N., & Batin, K. (2022). Konflik Batin Tokoh Aris pada Film Pria Karya Yudho Aditya (Kajian Psikologi Sastra). 5(November), 193211.

Rosady, Ruslan. 2004. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Santoso, W. Y. (2024). Penerapan Profil Pelajar Pancasila melalui Problem Based Learning di Sekolah Menengah Pertama Kha Thohir. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(8), 282–290

Semi, M. Atar. (2002). “Buku Pendukung Pengajaran Sastra.” Dalam Sastra Masuk Sekolah (Editor Riris K. Toha Sarumpaet). Magelang: Indonesiatera.

Stanton, Robert. 2012. Teori diksi Robert Stanton. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumitro, E. A., & Puniman. (2024). Implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran sastra di sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Bahasa, 13(2), 113–120. https://doi.org/10.31571/bahasa.v13i2.8255

Sutopo, H.B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Penerbit Universitas Sebelas Maret

Usman, H., Lestari, I., Anisah, D. N. F., & Iasha, V. (2019). English language book reading based on contextual teaching and learning (CTL) for elementary school students. Opción, 35(Sp. 21), 2899–2921.

Wijaya, H. (2018). Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi. Sulawesi Selatan: Theologia Jaffray

Wiyatmi, 2013. Sosiologi Sastra. Jakarta: Kanwa Publisher.

Yulianti, P., & Asriningsari, A. (2020). Strukturalisme dalam Cerpen “Aku Tak Ingin Kacamata, Aku Hanya Ingin Mati, Tuhan” Karya Ranang Aji Sp. TEKS: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, 5(2), 51.

Authors

Neza Zakiyah
a310210107@student.ums.ac.id (Primary Contact)
Ali Imron
Zakiyah, N., & Imron, A. (2025). Social Values In Short Stories Advice By A.A Navis For Literature Teaching Materials. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 18(2), 381–394. https://doi.org/10.30651/st.v18i2.26782

Article Details

No Related Submission Found