Variasi Bahasa para Konten Kreator di Media Sosial Facebook

Baiq Yulia Kurnia Wahidah (1), Agus Darma Putra (2), Juni Mahsusi (3)
(1) Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Islam Indragiri, Indonesia,
(2) Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Islam Indragiri, Indonesia,
(3) Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Islam Indragiri, Indonesia

Abstrak

ABSTRAK


Penggunaan variasi Bahasa bagi konten kreator merupakan salah satu pilihan untuk memberikan keunikan tersendiri dalam setiap konten yang dibuat. Pilihan Bahasa dilihat dari beberapa variasi yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Sasak, adanya penggunaan alih kode dari Bahasa Indonesia kemudian menggunakan Bahasa Daerah, penggunaan Bahasa gaul. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berbagai variasi Bahasa yang menjadi pilihan bagi konten kreator di media sosial Facebook. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan tahapan simak, catat, dokumentasi serta analisis dokumen . Hasil penelitian menunjukkan beberapa variasi bahasa yang dipergunakan oleh para konten kreator. Variasi bahasa tersebut menunjukkan identitas serta tema dalam penggunaan konten yang mereka buat. Konten-konten yang berhubungan dengan variasi bahasa masing-masing menunjukkan juga salah satu ciri khas para konten kreator.


Kata kunci: Variasi bahasa, konten kreator Facebook


 


ABSTRACT


The use of language variations for content creators is one of the choices to provide uniqueness in each content created. The choice of language is seen from several variations, namely Indonesian, Sasak, the use of code switching from Indonesian to using regional languages, the use of slang. This study aims to describe the various language variations that are the choice for content creators on Facebook social media. The method in this study is descriptive qualitative using the stages of observing, recording, documenting and document analysis. The results of the study show several language variations used by content creators. These language variations show the identity and theme in the use of the content they create. Content related to each language variation also shows one of the characteristics of content creators.


Keyword: Variation, Facebook content creators

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Afriansyah Tedy & Ardian Dany.2024.Variasi Bahasa Dalam Tuturan Jawakarta oleh Conten. Creator Andaza: Kajian Sosiolinguisti.Jurnal . Vol. 9. No. 01.Bahtera Indonesia:Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia.

Awasilah, A. Chaedar. 1986. Sosiologi bahasa.Bandung. Angkasa.

Chaer, A dan Leoni A. 2004.Sosiolinguistik:Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Fishman, Joshua A.1972. The Sosiology of Language. Massachussetts: Newbury House Publisher.

Hudson, R.A.1980. Sosiolinguistics. London:Cambridge University Press

Chaer, Abdul & Agustina, Leonie. 1995. Soiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul & Agustina, Leonie. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal.

Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Chui, Hin Leung . 2016. Code- Switching For New Comments and Veterans :

Mutually- Constructed Discourse Strategy for Workplace Socialization and Identification. International Journal. Volume 26. No. 1. Hongkong: Insitute of Education The University of Hongkong, The Chinese University.

Dahar, Jendri Stevinus. 2015. Alih Kode pada Artis Indonesia. Jurnal Skripsi

Manado: FIB Universitas Sam Ratulangi.

Denndy Irawan Ardi Prasetyo. 2014. Code Mixing And Switching In The

Opening Speech Of Susilo Bambang Yudhoyono In TheInternational Conference For Anti-CorruptionAgencies. Tesis.Malang: Universitas Brawijaya.

Kutha, Nyoman Ratna. 2010. Metodologi Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mahsun. 2007. Metode Penelitian Bahasa Tahapan Strategi dan Tekniknya. Jakarta: PT Raja Grapindo

Rulyandi & Rokhmadi, Sulistisyo, Edi Tri . 2014 Alih Kode dan Campur Kode dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Jurnal Nasional. Hal. 27-39.Vol. 17. No. 1. Surakarta: FKIP UNS.

Santosa, Riyadi. 2014. Metode Penelitian Kualittaif.Surakarta: UNS Press.

Penulis

Baiq Yulia Kurnia Wahidah
Agus Darma Putra
Juni Mahsusi
junimahsusi@gmail.com (Kontak utama)
Wahidah, B. Y. K., Putra, A. D., & Mahsusi, J. (2025). Variasi Bahasa para Konten Kreator di Media Sosial Facebook. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 18(2), 489–496. https://doi.org/10.30651/st.v18i2.26709

Rincian Artikel

No Related Submission Found