Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Vlog terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik

Mei Nur Aisiya Firdaus (1), Fakhrur Rozy (2)
(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo, Indonesia,
(2) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo, Indonesia

Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) berbantuan media vlog terhadap keterampilan berbicara peserta didik kelas V SDN Pesawahan Porong pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain studi kasus satu kali (One Shot Case Study). Sampel terdiri dari 15 peserta didik. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes lisan, lalu dianalisis menggunakan SPSS. Hasil menunjukkan nilai rata-rata 88,53, t hitung 7,341, dan signifikansi 0,000 (≤ 0,05), yang berarti PjBL secara signifikan meningkatkan keterampilan berbicara, kosakata, dan kepercayaan diri peserta didik. Secara keseluruhan penelitian ini menegaskan penggunaan model pembelajaran PjBL dengan bantuan media vlog dapat menjadi strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara dan sikap percaya diri peserta didik di abad 21.


Kata kunci: Project based learning, media vlog, keterampilan berbicara


 


ABSTRACT


This study aims to analyze the effect of the Project-Based Learning odel assisted by vlog media on the speaking skills of fifth-grade students at SDN Pesawahan Porong in the Indonesian language subject. Using a quantitative method with a One Shot Case Study design, the sample consisted of 15 students. Data were collected through observation and oral tests, and analyzed using SPSS. The results showed an average score of 88.53, a t-value of 7.341, and a significance level of 0.000 (≤ 0.05), indicating that PjBL significantly improved students' speaking skills, vocabulary usage and self-confidence. Overall, this study confirms that the use of the Project-Based Learning model supported by vlog media can be an effective instructional strategy to enhance students' speaking skills and self-confidence in the 21st century skills.


Keyword: Project based learning, vlog media, speaking skills

Full text article

Generated from XML file

References

Agustina, M. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Berbasis Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pesera Didik Kelas IV Sekolah Dasar. 9, 356–363. https://digilib.unila.ac.id/63688/3/TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Aini Elda. (2021). Keterampilan berbicara master of ceremony dengan penggunaan media video youtube alan albana pada siswa kelas VIII Smp manba’ul ulum Jakarta tahun pelajaran 2020/2021. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/56097

Apriany, W. A., Winarni, E. W., & Muktadir, A. M. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 5 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(2), 88–97. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i2.12308

Arifin, Z., & Markamah, S. (2023). Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS VIDEO VLOG TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYAJIKAN BERITA INOVASI KELAS XI KULINER 3 SMKN 06 SEMARANG. November.

Brilianti, D. F., & Fithriyani, H. Y. (2020). The Implementation of Video Blog (Vlog) as a Teaching Media in Speaking Skill. JETL (Journal of Education, Teaching and Learning), 5(2), 340. https://doi.org/10.26737/jetl.v5i2.1945

Hakim, M. A. R. R. (2019). Strategi Pengajaran Speaking Bagi Para Pembelajar Bahasa Inggris Berkarakteristik Introvert. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 4(1), 49. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p49-58

Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., Sari Lase, I. P., Ndruru, M., & Marsa Ndraha, L. D. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.325-332.2022

Isnainy, S., & Setyawan, A. (2021). Pengaruh Metode Bercerita terhadap Keterampilan Berbicara dalam Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas III di SDN Telang 1. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(1), 12–16. http://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpb/article/view/316%0Ahttp://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpb/article/download/316/312

Jasmine, N., & Supriatna, N. (2022). Meningkatkan Kreativitas Siswa melalui Video Digital pada Pembelajaran Sejarah. FACTUM: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 11(1), 1–8. https://ejournal.upi.edu/index.php/factum/article/view/45894

Khushairi, M. Z. A. A. N., Hashim, H., & Hisham, N. A. B. (2022). Analysis of Production Aesthetics in Social Media Video’s Creative Content: A Case Study of Khairulaming’s Instagram. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 38(4), 268–285. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2022-3804-15

Kumalasari, & Oktadela. (2023). The Effectiveness of Vlogs as a Learning Media on the Speaking Skills of Non-English Program Students. 2(2), 1–8.

Latifah, D. R., Ahied, M., Wulandari, A. Y. R., & Munawaroh, F. (2021). Feasibility Test of Vlog Media Development With A Science-Edutaiment Approach. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 3(2), 157. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v3i2.4170

Muthmainnah, M., & Annas, A. (2020). Pemanfaatan “Vlog” Sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Maharah Kalam bagi Mahasiswa IAIN Kudus. Arabia, 12(2), 123. https://doi.org/10.21043/arabia.v12i2.8073

Nurhadiyati, A., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327–333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684

Ph.D. Ummul Aiman, S. P. D. K. A. S. H. M. A. Ciq. M. J. M. P., Suryadin Hasda, M. P. Z. F., M.Kes. Masita, M. P. I. N. T. S. K., & M.Pd. Meilida Eka Sari, M. P. M. K. N. A. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Rahmawati, R., Yarmi, G., & Ardiasih, L. S. (2021). Strategi Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Melalui Peningkatan Kecerdasan Interpersonal dan Kepercayaan Diri. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(1). https://doi.org/10.30998/sap.v6i1.9653

Susanti, A. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Pjbl Untuk Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika Kelas Iv Sd Negeri 1 Jeli. Jurnal Pendidikan.

Wahyuni, W. (2022). Pembelajaran Bahasa Arab dengan Media Vlog untuk Meningkatkan Maharah Kalam Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling …, 4, 8151–8159. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/7997

Wardani, I. T., Setyaningrum, R. A., & Ekmawati, R. T. (2024). Penerapan Project Based Learning pada Pengembangan Vlog sebagai Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. 350–359. https://doi.org/https://doi.org/10.30998/kibar.28-10-2024.8043

Authors

Mei Nur Aisiya Firdaus
meiaisiyah05@gmail.com (Primary Contact)
Fakhrur Rozy
Firdaus, M. N. A., & Rozy, F. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Vlog terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 18(2), 431–440. https://doi.org/10.30651/st.v18i2.26524

Article Details

No Related Submission Found