Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Keterampilan Membaca Kritis Siswa di SD Negeri 5 Kalipucang Kulon

Nabila Dian Carissa (1), Erna Zumrotun (2), Syailin Nichla Choirin Attalina (3)
(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia,
(2) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia,
(3) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia

Abstrak

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan mengukur pengaruh model Problem-Based Learning (PBL) terhadap keterampilan membaca kritis siswa kelas III SD. Materi yang digunakan berupa teks pendek berbasis suku kata dengan tema “Kawan Seiring” yang sesuai dengan struktur kurikulum fase B. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental tipe one group pretest-posttest. Subjek terdiri dari 26 siswa kelas III SD Negeri 5 Kalipucang Kulon. Instrumen berupa tes pilihan ganda yang disusun untuk mengukur aspek membaca kritis sesuai indikator kurikulum. Hasil uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal (pretest p = 0,222; posttest p = 0,168). Uji homogenitas menunjukkan data homogen (p = 0,060). Uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi p = 0,001 (< 0,05), yang berarti terdapat perbedaan skor pretest dan posttest secara signifikan setelah penerapan model PBL. Berdasarkan hasil tersebut, model PBL memiliki pengaruh terhadap peningkatan keterampilan membaca kritis siswa pada materi yang digunakan.


Kata kunci: Model pembelajaran, membaca kritis, bahasa Indonesia


 


ABSTRACT


This study aims to measure the effect of the Problem-Based Learning (PBL) model on critical reading skills of third-grade elementary school students. The material used is a short syllable-based text with the theme "Kawan Seiring" which is in accordance with the curriculum structure of phase B. The study used a quantitative approach with a pre-experimental design of one group pretest-posttest type. The subjects consisted of 26 third-grade students of SD Negeri 5 Kalipucang Kulon. The instrument was a multiple-choice test designed to measure critical reading aspects according to curriculum indicators. The results of the normality test showed that the data were normally distributed (pretest p = 0.222; posttest p = 0.168). The homogeneity test showed that the data were homogeneous (p = 0.060). The paired sample t-test showed a significance value of p = 0.001 (<0.05), which means there was a significant difference in pretest and posttest scores after the application of the PBL model. Based on these results, the PBL model has an influence on improving students' critical reading skills on the materials used.


Keyword: Learning model, Critical reading, Indonesian language

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Amalia, F. H., Aufa, G. A. I. N., Hastuti, N. P., Farida, V. C., & Ulya, C. (2021). "Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Tataran Morfologi Laman Kompasiana Edisi November 2021". Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(2), 284–291. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.3081

Amalia, N., & Arifin, M. (2021). "Desain Bahan Ajar Keterampilan Menyimak BIPA Aku Suka Indonesia". Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 17(2), 265–271. https://doi.org/10.25134/fon.v17i2.4677

Arista, C., & Subandi. (2020). "Analysis of Language Errors at the Level of Syntax in Writing Free Discourse Text". Proceedings of the International Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH 2020) Analysis, 491(Ijcah), 714–721. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201201.121

Cahyo, A. A. R. (2024). "Altruisme dalam Novel Permulaan Sebuah Musim Baru di Suriname Karya Koko Hendri Lubis (Perspektif Psikologi Sosial)". Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(1), 125–138.

Cahyo, A. A. R., Ahmadi, A., & Raharjo, R. P. (2024). "Respon Mahasiswa Mengenai Penggunaan Platform Media Berbasis Teks sebagai Implementasi Keterampilan Menulis Mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya". Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(3), 103–117.

Cahyo, A. A. R., & Andriana, W. D. (2024). "Representasi Persona dalam Novel Cinta Terakhir Baba Dunja Karya Alina Bronsky dan Relevansinya Terhadap Pendidikan". Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 12(2), 273–299. https://doi.org/10.35706/judika.v12i2.12147

Cahyo, A. A. R., Rengganis, R., & Sudikan, S. Y. (2024). "Eksploitasi Lingkungan dalam Novel Misteri Hilangnya Penyu di Pulau Venu Karya Wini Afiati (Perspektif Ekokritik Greg Garrard)". Jurnal Edukasi Lingua Sastra, 22(2), 99–112.

Cahyo, A. A. R., Suhartono, S., & Yuniseffendri, S. (2024). "Tindak Tutur Asertif dan Ekspresif dalam Gelar Wicara di YouTube Gita Wirjawan dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia". Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(2), 241–256.

Cahyo, A. A. R., Suyatno, S., & Mulyono, M. (2024). "Unsur Kebudayaan dalam Novel Misteri Pantai Mutiara Karya Erlita Pratiwi dan Implikasinya Terhadap Media Pembelajaran BIPA". Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 64–76.

Debora, D., Yani, F., Hutasoit, N., Any, R., & Tarigan, B. (2024). "Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Makalah Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNIMED". Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya (MORFOLOGI), 3, 191–202.

Elnaggar, A., Heinzinger, M., Dallago, C., Rehawi, G., Wang, Y., Jones, L., Gibbs, T., Feher, T., Angerer, C., Steinegger, M., Bhowmik, D., & Rost, B. (2022). "ProtTrans: Toward Understanding the Language of Life Through Self-Supervised Learning". IEEE Transactions on Pattern Analysis and Machine Intelligence, 44(10), 7112–7127. https://doi.org/10.1109/TPAMI.2021.3095381

Ganiyevna, A. N., & Kizi, E. L. U. (2024). "Communicative Characteristics of Teaching the Uzbek Language As a Foreign Language". Science and Innovation, 3(B1), 29–34.

Gea, M. A., & Malelak, D. P. (2023). "Manajemen Komunikasi Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Anak Usia Dini (AUD)". Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 217–230. https://doi.org/10.47861/khirani.v1i4.666

Inayatillah, F., Kisyani, Mintowati, & Mukhzamilah. (2019). "Entry Application Software to Identify the Development of Reading And Writing Vocabulary". Journal of Physics: Conference Series, 1339(1), 0–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1339/1/012117

Jannah, I. Q. (2023). "Analisis Makna Konotatif pada Leksem “Kampret” dalam Grup Telegram Diskusi Skincare". Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(1), 115. https://doi.org/10.30651/st.v16i1.13499

Kusmiarti, R., Puspita Sari, I., Tienezia Friska Hamidah, & Boyke Nugroho. (2024). "Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas Viii B Smp Negeri 13 Kota Bengkulu". Journal of Language and Literature Education, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.59407/jolale.v1i1.535

Maulida, U. (2021). "Kesalahan Berbahasa Tataran Ejaan, Morfologi, dan Sintaksis Skripsi Mahasiswa Program Studi PGMI Binamadani". Dirasah, 4(1), 24–34.

Nurcaya, N., Jumadi, J., Ahmad Ghazali Samad, Muhlis, M., Abdul Kadir, & Abdul Wahid. (2023). "Optimalisasi Pemakaian Bahasa Indonesia dalam Karangan Narasi Siswa di SMA 9 Wajo: Analisis Kesalahan Berbahasa". Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(2), 1583–1600. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2808

Nurharini, firdausi dkk. (2022). Neo Teknologi Informasi era Metaverse. Akademia Pustaka.

Permatasari, N. E., Khasanah, I. M., & Putri, N. A. M. (2019). "Kesalahan Berbahasa dalam Majalah Pandawa IAIN Surakarta Edisi 2018 pada Tataran Ejaan dan Sintaksis". Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.30872/diglosia.v2i2.pp93-104

Pramitasari, A. (2020). "Kesalahan Berbahasa Bidang Sintaksis Pada Karya Ilmiah (Skripsi) Mahasiswa Universitas Pekalongan". Jurnal Parafrasa: Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 2(1), 12–18.

Sari. (2022). "Peran Guru Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran". Jurnal Eduscience, 9(2), 583–591. https://doi.org/10.36987/jes.v9i2.3042

Satriawati, Denggo, D. C. R., Malingong, R., & Damayanti, A. (2023). "Meningkatkan Kemampuan Literasi Baca Melalui Media Kartu Baca Dalam Program Kampus Mengajar Di Sdn Pagandongan". SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(4), 2387–2393.

Selamet Rifai, M., & Sulistyaningrum, S. (2022). "Kesalahan Berbahasa Tataran Sintaksis pada Karangan Cerita Pendek Siswa Kelas XI SMA". Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(1), 25–33.

Sitaresmi, D., & Ginting, D. (2022). "Peningkatan Kemampuan Menyimak Melalui Metode Top-Down Bottom-Up Mahasiswa Universitas Ma Chung". Jurnal Pendidikan, 10(2), 176–186.

Supartini, D., Soliha, S., & Isnaini, H. (2023). "Problematika Kesalahan Bahasa Indonesia dalam Tataran Sintaksis". Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 1(2), 40–54.

Tarigan, H., & Tarigan, D. (2011). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa (Edisi Revisi). Angkasa.

Yasa, I. P. W. P., & Adiyanti, N. M. (2023). "Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Melalui Contextual Learning (CTL) Siswa SD Negeri 3 Siangan". Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin, 3(4), 561–573. https://doi.org/10.37329/metta.v3i4.2737

Yusuf, F., & Rahman, R. (2024). "Perancangan Aplikasi Monitoring Proses Bimbingan Skripsi Berbasis Web Pada Program Studi Sistem". Jurnal INSYPRO (Information System and Processing), 9(11), 1–14.

Penulis

Nabila Dian Carissa
211330000863@unisnu.ac.id (Kontak utama)
Erna Zumrotun
Syailin Nichla Choirin Attalina
Carissa, N. D., Zumrotun, E., & Attalina, S. N. C. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Keterampilan Membaca Kritis Siswa di SD Negeri 5 Kalipucang Kulon. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 18(2), 497–510. https://doi.org/10.30651/st.v18i2.26442

Rincian Artikel

No Related Submission Found