Representasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerpen “Gus Jakfar” Karya KH A. Mustofa Bisri: Kajian Sosiologi Sastra

Rizky Mutiara Sani (1), Hespi Septiana (2)
(1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia,
(2) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Abstrak

ABSTRAK


Penelitian ini berfokus menemukan nilai-nilai pendidikan karakter dalam cerita pendek berjudul “Gus Jakfar” karya KH A. Mustofa Bisri melalui kajian sosiologi sastra. Penggunaan kajian sosiologi sastra dimaksudkan untuk menganalisis interaksi sosial di dalam cerpen yang membuahkan nilai-nilai keteladanan berupa pendidikan karakter. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif (QD) dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, yang mana data diperoleh dari literatur berupa cerpen, artikel, dan buku. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan teknik Miles dan Huberman melalui tiga tahapan, yakni reduksi, penyajian data, dan simpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini terdapat empat nilai pendidikan karakter yang ditemukan antara lain: religius, rasa ingin tahu, bersahabat dan komunikatif serta peduli sosial. Perinciannya terdapat 3 data nilai pendidikan karakter religius dalam cerpen, 2 data nilai pendidikan karakter rasa ingin tahu, 1 data untuk nilai pendidikan karakter bersahabat dan komunikatif, dan 1 data untuk nilai pendidikan karakter berupa peduli sosial.


Kata kunci: Nilai-nilai pendidikan karakter, cerpen, sosiologi sastra


 


ABSTRACT


This research focuses on finding the values of character education in the short story entitled “Gus Jakfar” by KH A. Mustofa Bisri through a sociological study of literature. The use of sociological literary studies is intended to analyze social interactions in short stories which produce exemplary values in the form of character education. The method used is descriptive qualitative (QD) with data collection techniques using library research, where data is obtained from literature in the form of short stories, articles and books. Next, the data was analyzed using the Miles and Huberman technique through three stages, namely "reduction, data presentation, and conclusions." The results obtained from this research found four values of character education, including: religious, curious, friendly/communicative, and social care. In detail, there are three data on the value of religious character education in short stories, two data on the value of character education on curiosity, one data on the value of friendly/communicative character education, and one data on the value of character education in the form of social care.


Keyword: Character education values, short story, and literary sociology

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Ahmadi, M., Ardianti, S. D., Pratiwi, I. A., Artikel, I., Ahmadi, M., Kudus, U. M., Kulon, K., Kudus, K., & Tengah, J. (2021). Rakyat Sendang Widodari Kabupaten Kudus. Jurnal Progres Pendidikan (PROSPEK), 2(1), 1–6.

Akbar, S. (2012). Kajian Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan dalam Novel Tuan Guru Karya Salman Faris (Tesis). Universitas Sebelas Maret.

Anasrullah, A. (2017). Nilai-Nilai Religius Pada Novel Ajari Aku Menuju Arsy Karya Wahyu Sujani. Jurnal Stilistika, 10(1), 27–42.

Busyaeri, A., & Muharom, M. (2016). Pengaruh Sikap Guru Terhadap Pengembangan Karakter (Peduli Sosial) Siswa Di Mi Madinatunnajah Kota Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1), 1–17.

Cahyono, H. (2016). Pendidikan Karakter: Strategi Pendidikan dalam Membentuk Karakter Religius. Ri’ayah, 1(2), 230–240.

Citra Ningrum, C. H., Fajriyah, K., & Budiman, M. A. (2019). Pembentukan Karakter Rasa Ingin Tahu Melalui Kegiatan Literasi. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 69.

Dewi, R. R., Suresman, E., & Suabuana, C. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Karakter di Persekolahan. Journal of Social Science and Education, 1(2), 71–84.

Djamaluddin, A. (2014). Filsafat Pendidikan (Educational Phylosophy). Istiqra’, 1(2), 129–135.

Elihami, E., & Firawati, F. (2017). Transformasi Sosial dalam Nilai-Nilai Pendidikan Islam di Kabupaten Sidenreng Rappang. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 1(2), 51–60.

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54.

Jamaludin, M. (2022). Kajian Sosiologi Sastra Terhadap Nilai Pendidikan Karakter dalam Konteks Budaya Tokoh dan Penokohan dalam Kumpulan Cerpen si Kabayan Manusia Lucu Karya Achdiat K. Mihardja Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia pada Tingkat Smp. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 3(2), 178–185.

Kartikasari, C. A. (2022). Analisis Sosiologi Sastra Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye Dan Relevansinya Dalam Pembelajaran Sastra Di Sma. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(2), 7–17.

Mayasari, A., & Arifudin, O. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Nilai Melalui Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Siswa. Antologi Kajian Multididiplin Ilmu[Al-Kamil], 1(1), 47–59.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nuristifah, H. (2021). Aspek sosiologi sastra dan nilai pendidikan karakter pada novel orang-orang biasa karya Andrea Hirata dan implikasinya dalam pembelajaran analisis novel. Konferensi Ilmiah Pendidikan, 1(1), 519–534.

Omeri, N. (2023). Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, 3(5), 464–468.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.

Putri, H., Kurniawan, D. A., & Simanjuntak, E. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Karakter Bersahabat/Komunikatif Siswa pada Pelajaran Fisika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 363–370.

Rahmayanti, R.D., Yarno, & Hermoyo, R.P. (2021). Pendidikan karakter dalam film animasi Riko The Series produksi garis sepuluh. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 7(1), 157-172.

Rijali, Ahmad. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81-95.

Rini, Y. S. (2013). Pendidikan: Hakekat, Tujuan, dan Proses. Universitas Negeri Yogyakarta.

Tarsinih, E. (2018). Kajian Terhadap Nilai-nilai Sosial dalam Kumpulan Cerpen “Rumah Malam di Mata Ibu” Karya Alex R. Nainggolan sebagai Alternatif Bahan Ajar. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 17(1), 70–81.

Wahyudi, T. (2013). Sosiologi Sastra Alan Swingewood Sebuah Teori. Poetika, 1(1), 55–61. https://doi.org/10.22146/poetika.v1i1.10384

Yuliani, W. (2020). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Quanta, 4(1), 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Zubaedi, M. A. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Penulis

Rizky Mutiara Sani
rizky.22082@mhs.unesa.ac.id (Kontak utama)
Hespi Septiana
Sani, R. M., & Septiana, H. (2025). Representasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerpen “Gus Jakfar” Karya KH A. Mustofa Bisri: Kajian Sosiologi Sastra. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 18(2), 407–418. https://doi.org/10.30651/st.v18i2.26032

Rincian Artikel

No Related Submission Found