Tindak TUtur Ilokusi pada Status dan Comment Facebook Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Semester VIII Tahun Akademik 2014/2015
Abstrak
terdapat pada status dan comment Facebook. Penelitian bertujuan untuk (1)
mendeskripsikan bentuk tindak tutur ilokusi pada status dan comment Facebook pada
Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Semester VIII Tahun Akademik
2014/2015; (2) mendeskripsikan fungsi tuturan ilokusi pada status dan comment
Facebook pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Semester VIII
Tahun Akademik 2014/2015. Objek penelitian ini mengambil data dari status dan
comment Facebook pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Semester VIII Tahun Akademik 2014/2015. Jenis penelitian ini menggunakan
penelitian kualitatif yang besifat deskiftif. Teknik pengumpulan data pada penelitian
ini menggunakan teknik simak dengan teknik baca dan catat. Teknik analisis data
yang digunakan menggunakan teknik alir. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa ditemukan bentuk dan fungsi tuturan ilokusi pada status dan
comment Facebook yang terdiri atas: 1) Tindak tutur ilokusi yang ditemukan atas
lima bentuk tindak tutur ilokusi yaitu, tindak tutur representatif meliputi melaporkan,
menunjukkan, penegasan, menyatakan, pernyataan suatu fakta, danmengusulkan.
Tindak tutur deklarasi meliputi menyuruh, mendesak, menyarankan, meminta tolong,
danpemberian saran. Tindak tutur ekspresif meliputi kesenangan, kesulitan,
mengeluh, dankesedihan. Tindak tutur komisif meliputi penawaran, berjanji,
danbersumpah. Tindak tutur deklarasi meliputi memutuskan, melarang, membatalkan.
2) Fungsi tindak tutur ilokusi yang ditemukan terdiri atas empat fungsi yaitu fungsi
bekerja sama meliputi mengajarkan, menyatakan, danmelapokan. Fungsi
menyenangkan meliputi menawarkan danmengundang. Fungsi bertentangan meliputi
memarahi danmengancam. Fungsi kompetitif meliputi meminta dan memerintah.
Artikel teks lengkap
Referensi
Chaer, Abdul dkk. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Gunawan, I., Gayatri, Y., Yarno, D., Ainy, C., & Ratnadewi, D. (2015). PENINGKATAN BUDAYA KOLABORASI DAN KOLEGIALITAS MELALUI LESSON STUDY. Didaktis: Jurnal Pendidikan, 15(2), 1-35.
Hermoyo, P. (2015). Membentuk komunikasi yang efektif pada masa perkembangan anak usia dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).
Hermoyo, R. P., Pudyastuti, M. E., Kartika, P. C., & Mubarok, I. W. (2014). PEMBENTUKAN KARAKTER PERSONAL MAHASISWA PBSI FKIP UMSURABAYA MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 14(1).
Maulana, Dika. 2011. Sejarah dan Pengetian Facebook. Diakses pada 04 April 2015 pukul 15.23 WIB.
Ngatma'in, N. I. (2015). konflik politik dalam langit merah jakarta karya anggie d. widowati. Didaktis Jurnal Pendidikan, 15(1), 1-16.
Saputra, Hendra Bayu. 2013. “Tindak Tutur Ilokusi dalam Komunikasi pada Status dan Comment Facebookâ€. (Skripsi tidak dipublikasikan). Surakata: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sujinah, S., Hermoyo, R. P., Pudyastuti, M. E., Kartika, P. C., Mubarok, I. W., & Ngatma'in, N. I. (2014). Pembentukan Karakter Personal Mahasiswa PBSI FKIP UMSurabaya melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw. Didaktis Jurnal Pendidikan, 14(1), 1-16.
Wijana, I Dewa Putu dkk. 2009. Analisis Wacana Pragmatik Kajian Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.
Penulis
Hak Cipta (c) 2019 Siti Nurjanah, Yarno Yarno, R. Panji Hermoyo
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta
- Hak cipta terhadap artikel yang diterbitkan di Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra adalah penerbit atau Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra.
- Penulis harus menyerahkan hak cipta pada jurnal dengan menandatangai dan mengirimkan form penyerahan hak cipta (template) melalui email stilistika@um.surabaya.ac.id.
- Penulis dapat menyebarluaskan artikelnya melalui media manapun.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.