Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dengan Metode Field Trip Siswa Kelas IV MI Misbahul Adhim Pandean

Siti Sholekhah (1), Sujinah Sujinah (2), Ngatma’in Ngatma’in (3)
(1) UMSurabaya, Indonesia,
(2) UMSurabaya,
(3) UMSurabaya

Abstrak

Rendahnya keterampilan menulis karangan deskripsi disebabkan oleh
beberapa faktor, yaitu: 1) siswa kurang memahami hakikat karangan deskripsi; 2)
siswa belum menggambarkan objek yang sejelasnya dengan melibatkan kesan indera;
3) siswa belum mampu menggunakan struktur bahasa yang baik dan benar; 4) siswa
belum menggunakan huruf kapital dengan benar; 5) siswa kesulitan menuangkan ide.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Peningkatan Kemampuan Menulis
Karangan Deskripsi dengan Metode Field Trip Siswa Kelas IV MI Misbahul Adhim
Pandean Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Misbahul Adhim Pandean, Karanganyar,
Ngawi, sedangkan objeknya menulis karangan deskripsi dengan metode field trip.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes kemampuan
siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan metode field trip dapat meningkatkan
kemampuan menulis karangan deskripsi siswa pada siklus I setelah menerapkan
metode field trip siswa yang mendapat nilai >70 sebanyak 6 siswa dengan nilai ratarata kelas 65,93. Setelah diberi tindakan siklus II siswa yang mendapat nilai >70
sebanyak 14 siswa dengan nilai rata-rata sebanyak 77,26.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Arikunto, Suharsimi dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Gunawan, I., Gayatri, Y., Yarno, D., Ainy, C., & Ratnadewi, D. (2015). PENINGKATAN BUDAYA KOLABORASI DAN KOLEGIALITAS MELALUI LESSON STUDY. Didaktis: Jurnal Pendidikan, 15(2), 1-35.

Hermoyo, P. (2015). Membentuk komunikasi yang efektif pada masa perkembangan anak usia dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).

Hermoyo, R. P., Pudyastuti, M. E., Kartika, P. C., & Mubarok, I. W. (2014). PEMBENTUKAN KARAKTER PERSONAL MAHASISWA PBSI FKIP UMSURABAYA MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 14(1).

Mulyasa, Enco. 2013. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ngatma'in, N. I. (2015). konflik politik dalam langit merah jakarta karya anggie d. widowati. Didaktis Jurnal Pendidikan, 15(1), 1-16.

Sujinah, S., Hermoyo, R. P., Pudyastuti, M. E., Kartika, P. C., Mubarok, I. W., & Ngatma'in, N. I. (2014). Pembentukan Karakter Personal Mahasiswa PBSI FKIP UMSurabaya melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw. Didaktis Jurnal Pendidikan, 14(1), 1-16.

Semi, M. Atar. 1990. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.

Zainurrahman. 2013. Menulis dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta.

Penulis

Siti Sholekhah
sholichah8azzahra@gmail.com (Kontak utama)
Sujinah Sujinah
Ngatma’in Ngatma’in
Sholekhah, S., Sujinah, S., & Ngatma’in, N. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dengan Metode Field Trip Siswa Kelas IV MI Misbahul Adhim Pandean. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 9(1). https://doi.org/10.30651/st.v9i1.2539

Rincian Artikel

No Related Submission Found