Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dengan Metode Field Trip Siswa Kelas IV MI Misbahul Adhim Pandean
Abstrak
beberapa faktor, yaitu: 1) siswa kurang memahami hakikat karangan deskripsi; 2)
siswa belum menggambarkan objek yang sejelasnya dengan melibatkan kesan indera;
3) siswa belum mampu menggunakan struktur bahasa yang baik dan benar; 4) siswa
belum menggunakan huruf kapital dengan benar; 5) siswa kesulitan menuangkan ide.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Peningkatan Kemampuan Menulis
Karangan Deskripsi dengan Metode Field Trip Siswa Kelas IV MI Misbahul Adhim
Pandean Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Misbahul Adhim Pandean, Karanganyar,
Ngawi, sedangkan objeknya menulis karangan deskripsi dengan metode field trip.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes kemampuan
siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan metode field trip dapat meningkatkan
kemampuan menulis karangan deskripsi siswa pada siklus I setelah menerapkan
metode field trip siswa yang mendapat nilai >70 sebanyak 6 siswa dengan nilai ratarata kelas 65,93. Setelah diberi tindakan siklus II siswa yang mendapat nilai >70
sebanyak 14 siswa dengan nilai rata-rata sebanyak 77,26.
Artikel teks lengkap
Referensi
Arikunto, Suharsimi dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Gunawan, I., Gayatri, Y., Yarno, D., Ainy, C., & Ratnadewi, D. (2015). PENINGKATAN BUDAYA KOLABORASI DAN KOLEGIALITAS MELALUI LESSON STUDY. Didaktis: Jurnal Pendidikan, 15(2), 1-35.
Hermoyo, P. (2015). Membentuk komunikasi yang efektif pada masa perkembangan anak usia dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).
Hermoyo, R. P., Pudyastuti, M. E., Kartika, P. C., & Mubarok, I. W. (2014). PEMBENTUKAN KARAKTER PERSONAL MAHASISWA PBSI FKIP UMSURABAYA MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 14(1).
Mulyasa, Enco. 2013. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ngatma'in, N. I. (2015). konflik politik dalam langit merah jakarta karya anggie d. widowati. Didaktis Jurnal Pendidikan, 15(1), 1-16.
Sujinah, S., Hermoyo, R. P., Pudyastuti, M. E., Kartika, P. C., Mubarok, I. W., & Ngatma'in, N. I. (2014). Pembentukan Karakter Personal Mahasiswa PBSI FKIP UMSurabaya melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw. Didaktis Jurnal Pendidikan, 14(1), 1-16.
Semi, M. Atar. 1990. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.
Zainurrahman. 2013. Menulis dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta.
Penulis
Hak Cipta (c) 2016 Siti Sholekhah, Sujinah Sujinah, Ngatma’in Ngatma’in

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta
Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra by FKIP UMSurabaya diatur lisensinya dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Penulis mempertahankan seluruh haknya atas artikel yang diterbitkan jurnal ini, seperti (namun tidak terbatas pada) hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel tersebut, seperti hak paten; hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karyanya di masa depan, termasuk ceramah dan buku; hak untuk memperbanyak artikel untuk keperluan sendiri, hak untuk mengarsipkan sendiri artikel tersebut; hak untuk mengadakan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan artikel (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional