Pengembangan Buku Ajar Apresiasi Sastra Berbasis Pendekatan Kontekstual Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UMSurabaya

M. Ridlwan (1), Waode Hamsia (2)
(1) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(2) UMSurabaya

Abstrak

Mutu pembelajaran sastra selama ini masih rendah. Rendahnya mutu
pembelajaran sastra itu terlihat dari rendahnya kemampuan mahasiswa dalam
mengapresiasi sastra, termasuk mengapresiasi cerpen. Menurut penelitian para ahli
hal ini disebabkan antara lain pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran sastra
kurang sesuai dengan hakikat pembelajaran sastra dan tujuan pembelajaran sastra.
Dengan latar belakang seperti di atas, dibutuhkan usaha untuk mengatasi
permasalahan tersebut. Salah satu upaya adalah membuat suatu buku ajar yang
disesuaikan dengan latar belakang dan kemampuan mahasiswa. Diharapkan dengan
adanya buku ajar Apresiasi Sastra yang disusun oleh tim pengampu dosen mata
kuliah Apresiasi Sastra yang lebih aplikatif, representatif, serta sesuai dengan latar
belakang dan kemampuan mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,
akan meningkatkan mutu pembelajaran apresiasi sastra.
Berdasarkan kajian literatur yang digunakan peneliti, dapatlah ditarik
kesimpulan bagaimana menyusun suatu buku ajar yang aplikatif dan representatif
bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UM Surabaya.
Pengembangan buku ajar apresiasi sastra ini melalui 4 tahapan, yaitu tahap (1) adalah
pendefinisian (define) berupa kegiatan identifikasi masalah dengan mendasarkan pada
tujuan dan kebutuhan pengajaran; meliputi analisis ujung depan (front-end analysis),
analisis kebutuhan/masalah, perumusan tujuan, penentuan topik, penyusunan materi;
tahap (2) adalah desain (design), peneliti merancang naskah/skenario dan prototipe
buku ajar; tahap (3) adalah pengembangan (develope), peneliti
memproduksi/menghasilkan prototipe untuk keseluruhan tatap muka sesuai
rancangan pada tahap sebelumnya, pada tahap ini juga akan dilakukan expert
judgment pada prototipe yang telah disusun.

Referensi

Read More

Penulis

M. Ridlwan
iezhaqlagi@gmail.com (Kontak utama)
Waode Hamsia
Ridlwan, M., & Hamsia, W. (2019). Pengembangan Buku Ajar Apresiasi Sastra Berbasis Pendekatan Kontekstual Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UMSurabaya. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 9(1). https://doi.org/10.30651/st.v9i1.2535

Rincian Artikel

No Related Submission Found