Analisis Kritis Buku Teks Cerdas Cergas untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia
Abstract
This study aims to analyze the feasibility of the “Cerdas Cergas” textbook in supporting Indonesian language learning based on the Merdeka Curriculum. Through in-depth analysis of the suitability of the material with learning outcomes and linguistic quality, this study found that the “Cerdas Cergas” textbook has good potential in developing students' various language skills. However, there are several aspects that need to be improved, such as using simpler language, providing more diverse examples, and stronger integration with the context of students' lives. The results of this study provide important implications for the development of Indonesian language textbooks in the future, namely the need for textbooks that not only present complete material, but are also able to stimulate students' interest in learning and develop the competencies needed in the 21st century.
Full text article
References
Asri, S. sahrul. (2017). Telaah Buku Teks Pegangan Guru Dan Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Vii Berbasis Kurikulum 2013. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 3(1), 70–82. https://doi.org/10.22225/jr.3.1.94.70-82
Br Ginting, D. O., Argiandini, S. R., & Suwandi, S. (2023). Analisis Kualitas Buku Teks Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Belajar. Kode : Jurnal Bahasa, 12(1), 107–120. https://doi.org/10.24114/kjb.v12i1.44399
Julianto, Munaris, & Fuad, M. (2019). Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya). Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), September, 1–12.
Kemendikbud. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Keraf, G. (2007). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Lestari, S., & Puspita, V. (2020). Analisis Kelayakan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Teks Kurikulum 2013. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 5(1), 1-12.
Marwati, Heny & Waskitaningtyas, K. (2021). Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas XI. Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum dan Perbukuan
Mulyasa, E. (2021). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurhadi. (2017). Kajian Buku Teks Bahasa Indonesia: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Santi, C. F. (2019). Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia “Wahana Pengetahuan” Kelas Vii Kurikulum 2013. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 14(1). https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v14i1.2091
Siringo-ringo, A., & Pangaribuan, T. R. (2021). Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia SMA Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Terbitan Kemendikbud. KODE: Jurnal Bahasa, 11, 21–29.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriadi, D. (2018). Studi Evaluasi Kurikulum: Konsep, Desain, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Authors
Copyright (c) 2025 Arif Firmansyah, Siska Marlina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta
Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra by FKIP UMSurabaya diatur lisensinya dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Penulis mempertahankan seluruh haknya atas artikel yang diterbitkan jurnal ini, seperti (namun tidak terbatas pada) hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel tersebut, seperti hak paten; hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karyanya di masa depan, termasuk ceramah dan buku; hak untuk memperbanyak artikel untuk keperluan sendiri, hak untuk mengarsipkan sendiri artikel tersebut; hak untuk mengadakan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan artikel (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional