Analisis Kritis Buku Teks Cerdas Cergas untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan buku teks Cerdas Cergas dalam mendukung pembelajaran Bahasa Indonesia berdasarkan Kurikulum Merdeka. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan analisis konten terhadap buku teks sebagai sumber data primer. Melalui analisis mendalam terhadap kesesuaian materi dengan capaian pembelajaran dan kualitas kebahasaan, penelitian ini menemukan bahwa buku teks Cerdas Cergas memiliki potensi yang baik dalam mengembangkan berbagai keterampilan berbahasa siswa. Namun, terdapat beberapa aspek yang perlu diperbaiki, seperti penggunaan bahasa yang lebih sederhana, penyediaan contoh yang lebih beragam, dan integrasi yang lebih kuat dengan konteks kehidupan siswa. Hasil penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan buku teks Bahasa Indonesia di masa mendatang, yaitu perlunya buku teks yang tidak hanya menyajikan materi secara lengkap, tetapi juga mampu merangsang minat belajar siswa dan mengembangkan kompetensi yang dibutuhkan di abad ke-21.
Kata kunci: Telaah buku, Cergas Cerdas, kurikulum Merdeka
ABSTRACT
This study aims to analyze the feasibility of the Cerdas Cergas textbook in supporting Indonesian language learning based on the Merdeka Curriculum. By employing a qualitative descriptive approach and content analysis of the textbook as the primary data source, this research conducted an in-depth analysis of the material's suitability with learning outcomes and its linguistic quality. The study found that the Cerdas Cergas textbook has good potential in developing various student language skills. However, several aspects need improvement, such as the use of simpler language, the provision of more diverse examples, and stronger integration with the context of students' lives. The findings of this study offer significant implications for the future development of Indonesian language textbooks, highlighting the need for textbooks that not only present comprehensive material but also stimulate students' interest in learning and develop the competencies required in the 21st century.
Keyword: Book review, Cergas Cerdas, Independent curriculum
Artikel teks lengkap
Referensi
Asri, S. sahrul. (2017). Telaah Buku Teks Pegangan Guru Dan Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Vii Berbasis Kurikulum 2013. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 3(1), 70–82. https://doi.org/10.22225/jr.3.1.94.70-82
Br Ginting, D. O., Argiandini, S. R., & Suwandi, S. (2023). Analisis Kualitas Buku Teks Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Belajar. Kode : Jurnal Bahasa, 12(1), 107–120. https://doi.org/10.24114/kjb.v12i1.44399
Julianto, Munaris, & Fuad, M. (2019). Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya). Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), September, 1–12.
Kemendikbud. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Keraf, G. (2007). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Lestari, S., & Puspita, V. (2020). Analisis Kelayakan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Teks Kurikulum 2013. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 5(1), 1-12.
Marwati, Heny & Waskitaningtyas, K. (2021). Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas XI. Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum dan Perbukuan
Mulyasa, E. (2021). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurhadi. (2017). Kajian Buku Teks Bahasa Indonesia: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Santi, C. F. (2019). Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia “Wahana Pengetahuan” Kelas Vii Kurikulum 2013. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 14(1). https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v14i1.2091
Siringo-ringo, A., & Pangaribuan, T. R. (2021). Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia SMA Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Terbitan Kemendikbud. KODE: Jurnal Bahasa, 11, 21–29.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriadi, D. (2018). Studi Evaluasi Kurikulum: Konsep, Desain, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Penulis
Hak Cipta (c) 2025 Arif Firmansyah, Siska Marlina

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta
Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra by FKIP UMSurabaya diatur lisensinya dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Penulis mempertahankan seluruh haknya atas artikel yang diterbitkan jurnal ini, seperti (namun tidak terbatas pada) hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel tersebut, seperti hak paten; hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karyanya di masa depan, termasuk ceramah dan buku; hak untuk memperbanyak artikel untuk keperluan sendiri, hak untuk mengarsipkan sendiri artikel tersebut; hak untuk mengadakan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan artikel (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional