Analisis Kebutuhan Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Multimodalitas dengan Pendekatan Permainan Bahasa Anak Usia Dini Indonesia

Caecilia Fani Sulistyaningrum (1), B. Widharyanto (2), R. Kunjana Rahardi (3)
(1) Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Sanata Dharma, Indonesia,
(2) Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Sanata Dharma, Indonesia,
(3) Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Sanata Dharma, Indonesia

Abstrak

ABSTRAK


Pendidikan anak usia dini memerlukan inovasi media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan perkembangan mereka. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kebutuhan pengembangan buku cerita bergambar berbasis multimodal dan pendekatan permainan edukatif untuk membantu anak usia dini memperoleh bahasa. Penelitian ini berjenis deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner berskala likert yang dibagikan kepada 43 pendidik dan 17 orang tua siswa. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif sederhana dan hasil analisis disajikan dalam bentuk persentase yang dilengkapi dengan ilustrasi diagram batang. Secara ringkas, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil survei berdasarkan tingkat persetujuan responden terhadap suatu pernyataan kuesioner. Sebagian kecil responden menyatakan sangat tidak setuju, 0,00% tidak setuju, 0,30% tidak setuju, 2,12% netral, 55,30% setuju, dan 42,27% sangat setuju dengan pernyataan tersebut. Sebagian besar responden cenderung setuju atau sangat setuju, dengan persentase tertinggi terdapat pada kategori setuju 55,30% dan sangat setuju 42,27%, menunjukkan bahwa mayoritas memiliki pandangan positif terhadap pernyataan tersebut.


Kata kunci: Buku cerita bergambar, multimodalitas, pembelajaran bahasa, anak usia dini, permainan edukatif


 


ABSTRACT


Early childhood education requires innovation in learning media that is interesting and by their development. This study aims to describe the need for the development of multimodal-based picture storybooks and educational game approaches to help early childhood acquire language. This study is a quantitative descriptive study. Data were collected through a Likert-scale questionnaire distributed to 43 educators and 17 parents of students. The data were then analyzed using simple descriptive statistical techniques, and the results of the analysis were presented in the form of percentages accompanied by bar chart illustrations. In summary, the results of this study indicate that the survey results are based on the level of respondent agreement with a questionnaire statement. A small number of respondents stated that they strongly disagreed, 0.00% disagreed, 0.30% disagreed, 2.12% were neutral, 55.30% agreed, and 42.27% strongly agreed with the statement. Most respondents tended to agree or strongly agree, with the highest percentage in the agreed category of 55.30% and strongly agree 42.27%, indicating that the majority had a positive view of the statement.


Keyword: Multimodality-based picture story books, Early childhood, Language learning, Educational game approach

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Al Fajri, T. A. (2018). "Pentingnya Penggunaan Pendekatan Multimodal dalam Pembelajaran". WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 2(1), 57–72. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2018.002.01.5

Dewi, A. R. T. (2020). "Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini". Jurnal Golden Age, 4(01), 181–190. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2233

Fransiska, K. A. W., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2024). "Perkembangan Kognitif Siswa pada Penggunaan Media Pembelajaran Digital Ditinjau dari Teori Jean Piaget: Kajian Literatur Sistematis". Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 466–471. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.839

Galih Widyatmojo, A. M. (2017). "Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbentuk Game untuk Menstimulasi Aspek Kognitif dan Bahasa Anak TK". Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 38–49.

Istiqomah, N., & Maemonah, M. (2021). "Konsep Dasar Teori Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini Menurut Jean Piaget". Khazanah Pendidikan, 15(2), 151. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10974

Karim, M. B., & Wifroh, S. H. (2014). "Anak Usia Dini melalui Alat Permainan Edukatif". Jurnal PG- PAUD Trunojoyo, 1(2), 103–113.

Karina, S., Wurianto, A. B., & Prihatini, A. (2023). "Penerapan Media Gambar Kartun pada Pembelajaran Keterampilan Berbicara BIPA Tingkat A1". Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(1), 75. https://doi.org/10.30651/st.v16i1.15512

Kotijah, S., Yanti, S., Khudori, M., & PIAUD IAI Al-Azhaar Lubuklinggau, P. (2022). "Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak melalui Media Buku Cerita Bergambar di PAUD Riadini Trikarya Purwodadi". Jurnal Tazkirah: Transformasi Ilmu-Ilmu Keislaman, 7(1), 70–87.

Kress & van Leeuwen. (2017). "Reading Images - the Grammar of Visual Design". VNU Journal of Foreign Studies, 33(6). https://doi.org/10.25073/2525-2445/vnufs.4217

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning.

Rahardi, R. K. (2022). "Multimodalitas sebagai Perspektif Baru Pembelajaran Pragmatik Edukasional: Persepsi Urgensi Inklusinya (Multimodality as a New Perspective of Educational Pragmatic Learning: Perception of the Urgency of Inclusion)". Indonesian Language Education and Literature, 7(2), 449. https://doi.org/10.24235/ileal.v7i2.10018

Ramadhana, R. N., Elyani, E. P., & Mu’in, F. (2022). "Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Analisis Sastra". Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 15(2), 279. https://doi.org/10.30651/st.v15i2.13379

Rian Damariswara, R. S. J. (2020). "Analisis Kebutuhan Pengembangan Buku Ajar Materi Ragam Teks untuk Mahasiswa PGSD Needs". Journal GEEJ, 7(2), 26–36.

Setyaningsih, Y. (2023). "Multimodalitas Linguistis-Visual dalam Morfologi Bahasa Indonesia: Persepsi Pemaduan dalam Pengembangan Desain Pembelajaran". Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(4), 971–990. https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i4.725

Sopelira. (2022). "Peran Guru dalam Mengembangkan Aspek Kemampuan Berbahasa dada Anak Usia Dini di PAUD Amperaceria Madya Raya". Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 21–25. https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v2i2.806

Sugiyono. (2015). Metode_Penelitian_Pendidikan_Sugiyono_20.pdf (pp. 47–281).

Sujinah, S. (2020). "Tantangan dan Solusi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Covid-19". Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(2), 256. https://doi.org/10.30651/st.v13i2.5444

Penulis

Caecilia Fani Sulistyaningrum
ceciliafani003@gmail.com (Kontak utama)
B. Widharyanto
R. Kunjana Rahardi
Sulistyaningrum, C. F., Widharyanto, B., & Rahardi, R. K. (2025). Analisis Kebutuhan Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Multimodalitas dengan Pendekatan Permainan Bahasa Anak Usia Dini: Indonesia. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 18(1), 43–54. https://doi.org/10.30651/st.v18i1.24640

Rincian Artikel

No Related Submission Found